ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP OPERASI BILANGAN BULAT PADA SISWA KELAS IV MELALUI PEMBELAJARAN DARING

Shafira Yaumil Alin, Heni Puji Astuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep siswa pada materi operasi bilangan bulat dalam pembelajaran daring. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap 2020/2021. Lokasi dalam penelitian ini ialah salah satu Sekolah Dasar yang berada di Kecamatan Kragilan, Kabupaten Serang, Banten. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas IV dengan jumlah sampel sebanyak 15 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik obsevasi dan tes kemampuan pemahaman konsep matematis. Metode penelitian yang digunakan adalah desain penelitian kualitatif. Data dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan yang mengacu pada indikator pencapaian pemahaman konsep sebagai berikut: (1) 73% siswa mampu menyatakan ulang suatu konsep. (2) 53% siswa dapat mengklasifikasi objek menurut sifat sesuai konsepnya. (3) 47% siswa mampu memberikan mana yang termasuk contoh dan bukan contoh dari konsep. (4) 87% siswa mampu menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematis. (5) 40% siswa dapat mengembangkan syarat perlu dan syarat cukup dari konsep. (6) 13% siswa dapat menggunakan, memanfaatkan dan memilih prosedur atau operasi tertentu. (7) 20% siswa dapat mengaplikasikan konsep atau alogoritma ke pemecahan masalah. Pembelajaran matematika kontekstual dapat diterapkan oleh guru saat pemberian materi, karena pembelajaran kontekstual diharapkan dapat membantu siswa mudah memahami konsep operasi bilangan yang diawali dari kehidupan sehari-hari siswa.

 

Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Pemahaman Konsep, Operasi Bilangan Bulat


Keywords


Pembelajaran Daring, Pemahaman Konsep, Operasi Bilangan Bulat

References


Dewi, W. A. F. (2020). DAMPAK COVID-19 TERHADAP IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1).

Febriyanto, B., Haryanti, Y. D., & Komalasari, O. (2018). Peningkatan pemahaman konsep matematis melalui penggunaan media kantong bergambar pada materi perkalian bilangan di Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2).

Firyal, R. A. (2020). Pembelajaran Daring dan Kebijakan New Normal Pemerintah.

Kesumawati, N. (2008). Pemahaman konsep matematik dalam pembelajaran matematika. Semnas Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2, 231–234.

Mawaddah, S., Maryanti, R., Matematika, P., Universitas, F., Mangkurat, L., Brigjen, J., Hasan, H., Kayu, B., & Banjarmasin, T. (2016). KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP DALAM PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL PENEMUAN TERBIMBING (DISCOVERY LEARNING). Edu-Mat: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 76–85.

Najichun, M., & Winarso, W. (2017). Hubungan persepsi siswa tentang guru matematika dengan hasil belajar matematika siswa. Munich Personal RePEc Archive, 15(2), 139–146.

Novitasari, D. (2016). PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(2), 8–18.

Radiusman, R. (2020). Studi Literasi Pemahaman Konsep Anak Pada Pembelajaran Matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(1), 1–8.

Siregar, N. R. (2017). Persepsi siswa pada pelajaran matematika: studi pendahuluan pada siswa yang menyenangi game. Prosiding Temu Ilmiah Nasional X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, 1.

Soehardi, F., Putri, L. D., & Dinata, M. (2021). NVivo Software Training for Young Researchers. Mattawang: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 8–13.

Soinbala, H., & Mulyatna, F. (2019). PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN METAKOGNITIF DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA. De Fermat: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 46–56.

Suraji, Maimunah, & Saragih, S. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Suska Journal of Mathematics Education, 4(1), 9–16.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i4.8583

Refbacks



Copyright (c) 2022 Shafira Yaumil Alin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id