UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SDN 17 RUPAT MELALUI SUPERVISI AKADEMIK

Nurmala Nurmala

Abstract


Peneltian ini merupakan penelitian tindakan sekolah yang dilakukan oleh kepala sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja guru yang mengajar di SDN 17 X melalui supervise akademik dari kepala sekolah. Tempat penelitian yaitu di SDN 17 X dengan subjek yaitu guru-guru yang mengajar di sekolah tersebut. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif yang mana metode ini menjelaskan dan menggambarkan tentang fakta yang terjadi dan ditemukan dilapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan supervisi akademik terhadap kinerja guru dapat meningkatkan kinerja guru dalam pembelajaran sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan dan mendukukng tujuan utama pembelajaran. Terbukti dari data hasil analisis peningkatan kinerja guru juga meningkat, hasil analisis observasi kinerja guru pada saat pembelajaran setelah dilakukan supervise oleh kepala sekolah berdampak baik, dapat dilihat pada indikator menyiapkan perangkat pembelajaran dan menyusun bahan ajar mendapatkan skor 3 pada kategori tinggi, pada indikator kemampuan membuka dan menutup pembelajaran didapat skor 4 pada kategori sangat tinggi, pada indicator kemampuan melaksanakan evaluasi didapat skor 3 pada kategori tinggi, kemudian pada indicator kemampuan menggunakan strategi pembelajaran yang baru didapat skor 3 pada kategori tinggi, dan pada indikator kemampuan berkomunikasi dan membangun suasana komunikatif didalam kelas didapat skor 4 pada kategori sangat tinggi.  Terbukti bahwa supervisi yang dilakukan kepala sekolah dapat meningkatkan kinerja guru pada proses pembelajaran.

 

 


Keywords


supervisi akademik, kinerja guru

References


Aniqiyah. (2018) Analisis Kinerja Kepala Sekolah TK dalam Bidang Supervisi se Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru." Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan, volume 1.hal 1-12.

Anas Sudijono, (2004).Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo.

Barnawi & Arifin, M. (2012). Kinerja Guru Profesional. Yogyakarta: ArRuzz Media.

Kurniawan. D.(2018). Evaluasi Program Supervisi Akademik di PAUD Swasta, Magister Manajemen Pendidikan Universitas Kristen Satwa Wacana, Volume 5, No 2.

Fathurrohman. (2011). Supervisi Pendidikan, Dalam Pengembangan Proses Pengajaran. Bandung: PT. Refika Aditama.

Hadis dan Nurhayati. (2012). Manajemen Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Irawadi. (2013). Pengaruh Supervisi Kunjungan Kelas Dan Motivasi TerhadapKinerja Guru Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Lintau Buo Utara, Batusangkar Tesis Program Pasca Sarjana Sekolah Tinggi Agam Islam Negeri Batusangkar.

Mangkunegara. (2007). Evaluasi Kinerja MSDM. Bandung: PT. Refika Aditama.

Mulyasa, H.E. (2011). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya

Karwati dan Priansa. (2013). Kinerja dan Profesionalisme Kepala Sekolah. Bandung: Alfabeta.

Purbasari, M. (2015). Pengaruh Supervisi Akademik terhadap Kinerja Mengajar Guru di Sekolah Dasar, (Online), Jee 4 (1).

Purwanto, N. (2012). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya

Sugiyanti. (2016). Pengelolaan Supervisi Akademik Oleh Kepala Sekolah di SD Negeri 6 Putatsari Grobogan. Jurnal Managemen Pendidikan - Vol. 11, No. 2

Supardi. (2014). Kinerja guru. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Suharjo. (2006). Mengenal Pendidikan Sekolah Dasar teori dan praktek. Jakarta:Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Sudjana, N.(2012). Supervisi Pendidikan. Bekasi: Binamitra Publishing

Uno, H.B. (2014). Teori motivasi & pengukurannya: analisis di bidang pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v10i6.8582

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Nurmala Nurmala

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id