PROSES PEMANFAATAN TABLET ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Nur Febyanti, Trian Pamungkan Alamsyah, M. Taufik

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan proses belajar mengajar yang memanfaatkan tablet android sebagai media pembelajaran dan mendeskripsikan dampak dari proses pemanfaatan tablet android sebagai media pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Pada pembelajaran online ini tablet android berperan sebagai media pembelajaran. Proses pembelajaran dimulai dengan melakukan sapaan, absensi, materi, tugas dan penutup. Umumnya runtutan pelaksanaan pembelajaran sama seperti biasanya, namun dilakukan secara online dengan media tablet android ini dan aplikasi penunjang lain di dalamnya seperti whatsapp dan youtube. Penyampaian materi dilakukan dengan bervariasi seperti melalui video pembelajaran, pesan suara dan pesan teks. Memanfaatkan tablet android dalam proses pelaksanaan pembelajaran ini berdampak pada peningkatakan keterampilan siswa dalam memanfaatkan tablet android untuk belajar. Walaupun belum dapat meningkatkan motivasi siswa selama belajar di rumah.

 


Keywords


Pemanfaatan, Tablet android, Media pembelajaran

References


Adlin. 2019. Analisis Kemampuan Guru Dalam Memanfaatkan Media Berbasis Komputer Pada Pelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Imanjinasi. 3 (2) : 30-35.

Ahmadi, R. 2018. Profesi keguruan : Konsep & Strategi Mengembangkan Profesi & Karir Guru. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.

Anwar, M. 2018. Menjadi Guru Profesional. Jakarta : Prenadamedia Group.

Aviyanti, I. 2020. Penerapan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Dalam Pembelajaran Ditinjau Dari Status Sertifikasi, Lama Mengajar, Dan Bidang Studi Guru. Skripsi Universitas Santa Dharma. Yogyakarta : Tidak Diterbitkan.

Dahlan, T., dkk. 2021. COVID-19 Pandemic : Online Learning Platforms For Elementary Schools. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 7 (1) : 33-44. DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpsd.v7i1.10409

Darmawan, D. 2013. Teknologi Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Ependi, U. & Sopiah, N. 2015. Pemanfaatan Teknologi Berbasis Android Sebagai Media Belajar Matematika Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah MATRIK. 17 (2) : 109-122. pp. 109-122. ISSN 1411-1624

Fahyuni, E. F. 2017. Teknologi, Informasi, dan Komunikasi : Prinsip dan Aplikasi Dalam Studi Pemikiran Islam). Sidoarjo : UMSIDA Press.

Hidayat, S. 2017. Pengembangan Guru Profesional. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Hosnan, M. 2016. Etika Profesi Pendidik Pembinaan dan Pemantapan Kinerja Guru, Kepala Sekolah, Serta Pengawas Sekolah. Bogor : Ghalia Indonesia.

Hosnan, M. 2016. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor : Ghalia Indonesia.

Hosnan, M. 2016. Psikologi Perkembangan Siswa : Kiat Sukses Pendidikan Anak Dalam Era Modern. Bogor : Ghalia Indonesia.

Jamaludin, U. & Rachmatullah, R. 2018. Pembelajaran Pendidikan IPS Teori Konsep dan Aplikasi Bagi Guru dan Mahasiswa. Bekasi : CV. Nurani.

Lumeta A. S. M. 2012. Pemanfaatan Komputer Tablet Android Sebagai Pengendali Robot Beroda Empat. E-journal Teknik Elektro dan Komputer. 1-7. https://doi.org/10.35793/jtek.1.4.2012.4263

Marisiska, T., dkk. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis TPACK Pada Materi Sifat Koligatif Larutan Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. E-Journal Universitas Jambi. 3 : 29-30. https://doi.org/10.22437/jmpmipa.v3i1.1764

Moleong, L. J. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Munir. 2009. Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung : Alfabeta.

Nawawi, H. 2011. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta : Gajah Mada University Press.

Permendikbud. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 103 Tahun 2014 Tentang Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Permendikbud. 2020. Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2020 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19). Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Permendiknas. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Jakarta : Kementrian Pendidikan Nasional.

Prakoso, B. 2019. Pemanfaatan Handphone Android Sebagai Penunjang Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa SMK Negeri 06 Bengkulu Utara. Tesis Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) IAIN Bengkulu. Bengkulu : Tidak diterbitkan.

Raharjo, M. 2017. Studi Kasus dalam Penelitian Kualitatif : Konsep dan Prosedurnya. Malang : Tidak diterbitkan.

Rahmadi, I. F. 2019. Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Kerangka Pengetahuan Guru Abad 21. E-journal Universitas Pamulang. 6 : 67-69. http://dx.doi.org/10.32493/jpkn.v6i1.y2019.p65-74

Sagala, S. 2012. Konsep dan Makna Pembelajaran Untuk Membantu Memecahkan Problematikan Belajar dan Mengajar. Bandung : Alfabeta.

Sanjaya, W. 2013. Penelitian Pendidikan, Jenis, Metode, dan Prosedur. Jakarta : Kencana Prenadamedia Group.

Sanjaya, W. 2016. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta : Kencana Prenadamedia Group.

Sanjaya, W. 2018. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenadamedia Group.

Sanusi, D. G., 2019. Hasil Survei Pustekkom 60 Persen Guru Di Indonesia Gagap Teknologi Informasi. https://jejakrekam.com/2019/03/19/hasil-survei-pustekkom-60-persen-guru-di-indonesia-gagap-teknologi-informasi/. Diakses pada 29 September 2020 pukul 06.25 WIB.

Sudjana, N. 2015. Media Pembelajaran. Bandung : Sinar Baru Algensindo.

Sugiono. 2019. Metode Penelitian Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Suliah. 2019. Strategi Kepala Sekolah Memaksimalkan Penggunaan Sarana Prasarana Dan Peran Guru Untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Tesis Manajemen Pendidikan Universitas PGRI Palembang. Palembang : Tidak diterbitkan.

Suryanto, A. 2013. Sistem Pendukung Keputusan Berbasis Tablet PC (Personal Computer) Sebagai Penentu Status GiziGizi. Sainteknol : Jurnal, Sains dan Teknologi. 11 (1) : 9-20. https://doi.org/10.15294/sainteknol.v11i1.5560.

Taufik, M. 2013. Pengantar Pendidikan. Bandung : CV. Mujahid Press.

Taufik, M. 2014. Psikologi Pendidikan & Bimpesdik. PGSD Press.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.

Utari, A. A & Hidayatullah, S. P., (2019). Manfaat ICT Sebagai Media Pembelajaran Di SD Dharmajaya Palembang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang. 52-57.

Wahyuningsih, S. 2013. Metode Penelitian Studi Kasus (Konsep, Teori, Pendekatan Psikologi Komunikasi dan Contoh Penelitiannya). Madura : UTM Press.

Warsihna, J, dkk. 2015. E-Sabak (Tablet) Untuk Pembelajaran Di Indonesia. Jurnal Teknodik. 19 (3) : 293-304. http://dx.doi.org/10.32550/teknodik.v19i3.171.

Widiasworo, E. 2019. Guru Ideal Di Era Digital. Yogyakarta : Noktah.

Wijaya, C. 2021. COVID-19 : Stres, Mudah Marah, Hingga Dugaan Bunuh Diri, Persoaalan Mental Murid Selama Sekolah Dari Rumah. https://www.bbc.com/indonesia/indonesia-55992502. Diakses pada 5 Juni 2021 Pukul 20.32 WIB

Yandari, I. A. V. & Kuswaty, M. 2017. Penggunaan Media Monopoli Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas V Sekolah Dasar. JPSD Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. 3 (2) : 10-16. http://dx.doi.org/10.30870/jpsd.v3i1.1037

Yuzaril, dkk. 2017. Kompetensi Guru Dalam Memanfaatkan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Di SD Negeri 16 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah. 2 (2) : 126-133.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i3.8581

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Nur Febyanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id