KONTRIBUSI SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DAN KOMITMEN GURU TERHADAP KINERJA GURU SDN DI KECAMATAN BANGKO KABUPATEN ROKAN HILIR

Kartini Kartini, Isjoni Isjoni, Azhar Azhar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh supervisi kepala sekolah dan Komitmen Guru baik secara parsial maupun secara bersama-sama terhadap kinerja guru SDN di kecamatan Bangko Kabupaten Rokan Hilir. Fenomena yang terjadi adalah Kemampuan guru mengembangkan silabus dan rencana pelaksanaan  pembelajaran (RPP) tidak maksimal, sehingga menciptakan suasana pembelajaran yang kurang menarik. Kemampuan dalam pengelolaan kelas masih kurang, sehingga belum tercipta suasana kondusif dikelas dan proses pembelajaran yang  menyenangkan. Guru belum  maksimal dalam memanfaatkan media sehingga hasil dalam menyalurkan pesan (materi pelajaran) kepada siswa tidak maksimal, Selain itu guru tidak memvariasikan metode  pembelajaran, sehingga terjadi kejenuhan dalam diri siswa saat kegiatan belajar mengajar berlangsung. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner yang diberikan kepada 112 orang guru yang dipilih secara acak sebagai sampel menggunakan metode sensus sampling. Penelitian dilakukan yaitu responden memberikan tanggapan terhadap kuesioner dalam bentuk skala likert. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda dan pengolahan data menggunakan program Statistical Package for Social Science (SPSS). Berdasarkan hasil penelitian secara parsial Supervisi Kepala Sekolah berpengaruh terhadap Kinerja Guru. Ini berarti bahwa supervisi kepala sekolah merupakan variabel penting untuk diperhatikan agar kinerja guru bisa meningkat. Begitu juga dengan komitmen guru secara sendiri (parsial) berpengaruh terhadap kinerja guru. semakin tinggi komitmen guru akan menunjang kinerja guru yang lebih baik. Supervisi kepala sekolah dan pengembangan karier secara bersama-sama berpengaruh terhadap kinerja guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Bangko Kabupaten Rokan Hilir.

 


Keywords


kepala sekolah, komitmen guru dan kinerja guru

References


Abdullah, Ma’aruf. 2013. Manajemen dan Evaluasi Kinerja Karyawan.

Yogyakarta: Aswanda Pressindo.

Andari, 2011. Kontribusi Manajemen Supervisi Kepala Sekolah, Motivasi Kerja Guru, dan Iklim Organisasi Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, Volume 8, Nomor 2, September 2015.

Ariana, I Wayan. 2015. Kontribusi Supervisi Kepala Sekolah, Motivasi Berprestasi Dan Komitmen Kerja Terhadap Kinerja Guru Di Gugus Sekolah Viii Kecamatan Abang. e- Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Dasar (Volume 5 Tahun 2015).

Ariani, Ni Wayan 2015. Kontribusi Penerapan Supervisi Akademik, Pengembangan Sumber Daya Sekolah Dan Komitmen Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri Segugus Sukawati Vi Kabupaten Gianyar. Program Studi Administrasi Pendidikan, Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia.

Bangun, Wilson. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Erlangga

Brotosedjati, Soebagyo. 2012. Pengaruh Supervisi Kunjungan Kelas Oleh Kepala Sekolah Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Guru Sd Negeri Di Kecamatan Sukoharjo. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 18, Nomor 3, September 2012.

Darmawan. Didit,2013. Prinsip-Prinsip Perilaku Organisasi. PT. Temprina. Media Grafika.

Djamarah. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Edison, Emron, Anwar Yohny, dan Komariyah Imas. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Alfabeta.

Gaffar, A. 2015. Dasar-dasar Administrasi dan Supervisi Pengajaran, Pn. Angkasa Raya Padang.

Gaol, Nasib Tua Lumban. 2018. Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Kelola Jurnal Manajemen Magister Manajemen Pendidikan. Volume: 5, No. 1, Januari-Juni 2018 Halaman: 66-73.

Ghozali, Imam. 2015. Aplikasi Analisis Variat Multivariate dengan Program SPSS Edisi ke 3. Semarang : UNDIP.

Ivancevich, John M. Robert Konopaske, Michael T. Matteson. 2006. Perilaku Dan Manajemen Organisasi, Jakarta : Penerbit Erlangga.

Kasmir. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori dan Praktik). Depok : PT. Rajagrafindo Persada.

Khaerul. Umam. 2010. Perilaku Organisasi. Bandung: Pustaka Setia.

Kurniati, P. S., & Fidowaty, T. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Penelitian Dosen Universitas Komputer Indonesia. Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi, 7(2).

Lestari, Dewi Iis. 2018. Sikap Kepemimpinan Transformasional Dan Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di Sdn Gugus 7. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol. 5 No. 3 November 2018, hal 243-252.

Lumban Gaol, 2018. Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Kelola Jurnal Manajemen Pendidikan. Volume: 5, No. 1, Januari-Juni 2018 Halaman: 66-73.

Lumban Gaol, N. T. 2017. Teori dan implementasi gaya kepemimpinan kepala sekolah. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(2), 213-219.

Mahmudi. 2015. Manajemen Kinerja Sektor Publik Edisi Kedua.Yogyakarta: UPP. STIM YKPN.

Mangkunegara.2014. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, PT. Remaja Rosdakarya Offset, Bandung.

Mas’ud, Fuad. 2010. “Survai Diagnosis Organisasional Konsep dan Aplikasi “. Universitas Diponegoro Semarang.

Moeheriono. 2012. “Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi”. Jakarta: Raja. Grafindo Persada.

Mulyana. 2010. Rahasia Menjadi Guru Hebat, Jakarta: Grasindo.

Mulyasa, E. 2017. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Oliva, P.F. 2015. Supervision for Today’s School. New York: Longman, Inc.

Orlosky, D.E. 2014. Educational Administration Today. London: Charles E Merill Publishing, co.

Pendidikan diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No.19 tahun 2007.

Permendiknas Nomor 13 Tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah.

Pidarta, Made. 2018. Pemikiran Tentang Supervisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Priyono. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia. Sidoarjo: Zifatama Publisher.

Pujianto. 2020.Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri Air Salek. Journal of Education Research, 1(2), 2020, Pages 106-113.

Purwanto, Ngalim. 2017. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: remaja Rosdakarya.

Rauh, I Nyoman. 2013. Kontribusi Gaya Kepemimpinan, Supervisi Akademik Kepala Sekolah, Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru Sd Di Gugus Iii Kecamatan Sukasada. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Sudi Administrasi Pendidikan (Volume 4 Tahun 2013).

Ridwan Engkos dan Kuncoro, Achmad. 2013. Cara Menggunakan dan MemaknaiPathAnalysis, Alfabeta: Bandung.

Rismawan, Edi. 2015. Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah Dan Motivasi Berprestasi Guru Terhadap Kinerja Mengajar Guru. Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XXII No.1 April 2015.

Rivai, Veithzal dan Ella Jauvani Sagala, 2011, Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahan, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Robbins, Stephen P. 2012. Organizational Behaviour, Tenth Edition (Perilaku Organisasi. Edisi ke Sepuluh), Alih Bahasa Drs. Benyamin Molan. Jakarta : Salemba Empat.Sahertian (2015:19).

Simamora, Henry. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia, Gramedia,. Jakarta.

Soekidjan. 2009. Manjaemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: BumiAksara.

Soewadji, L. 2016. Kepala Sekolah dan Tanggung Jawabnya. Yogyakarta: Kanisius.

Soewono. 2011. Pedoman Pembinaan Profesional Guru. Jakarta: Dikdasmen. Depdikbud.

Sumarmi, Wiwik. 2019. Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru Sd Di Uptd Dikbud Kecamatan Wonosalam Kabupaten Demak. Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP) Volume 8 Nomor 1 April 2019.

Sutrisno, Edy. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana.

Umam. Khaerul. 2012. Perilaku Organisasi. Bandung: Pustaka Setia.

Wijaya, C. & Tabrani, R. 2017. Kemampuan Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wiles, Kimball. 2013. Democratic Supervision. New York: Ms Graw Hill Book. Co.

Wiyono, 2011. Mengukur Kompetensi Lulusan Lembaga Pendidikan Guru, Jakarta, LPTK.

Zurnali. Cut, 2010. Knowledge Worker: Kerangka Riset Manajemen Sumber Daya Manusia Masa Depan. Penerbit UNPAD Press, Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i1.8578

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Kartini Kartini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id