PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING DALAM PROSES PENCAPAIAN PENDIDIKAN BERKUALITAS PADA ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 DI SD CENDEKIA ISLAMIC SCHOOL SERANG-BANTEN

Diki Akmal Wildan, Indhira Asih Vivi Yandari, Istinganatul Ngulwiyah

Abstract


Penelitian ini membahas menngenai potret gambaran pelaksanaan pembelajaran daring dalam pencapaian pendidikan berkualitas pada era revolusi industri 4.0 di SD Cendekia Islamic School. Meliputi proses gambaran pelaksanaan pembelajaran daring yang dilakukan oleh guru serta gambaran hasil yang diperoleh siswa selama pembelajaran daring dilaksanakan. Pembelajaran daring sendiri dilaksanakan sesuai dengan Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2O2O tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan yang salah satu poin nya menyebutkan Belajar dari Rumah selama darurat penyebaran Corona Virus Disease (COVID- 19) dilaksanakan dengan tetap memperhatikan protokol penanganan COVID-19 (KEMENDIKBUD, 2020). Yang mengharuskan pembelajaran dilaksanakan di rumah sehingga guru dan siswa harus melaksanakan pembelajaran daring. Pembelajaran daring sendiri adalah pembelajaran yang dilakukan menggunakan teknologi sebagai wadah dan media nya. Namun terdapat hikmah dari pelaksanaan pembelajaran daring ini, yaitu orientasi mengenai pembelajaran berkualitas pada era digital atau era revolusi  industri 4.0. Di era ini, perkembangan teknologi yang begitu pesat terjadi sehingga membuat pergeseran paradigma mengenai cara belajar dari manusia yang lebih kompleks dan beragam. Tentu hal ini lah yang mendasari bahwa sudah seharusnya siswa mengerti dan bisa mengembangkan penggunaan teknologi dalam kehidupan sehari-hari, seperti dalam pembelajaran daring. Dan tentunya hal tersebut juga berafiliasi dalam pencapaian pendidikan berkualitas di era ini dengan kemampuan serta keterampilan yang harus dimiliki siswa pada era digital atau era revolusi industri 4.0. Yaitu, pendidikan karakter, literasi, dan 4C (critical thinking, creativity, communication and collaboration). Penelitian yang dilakukan ialah penelitian dengan pendekatan kualitatif, metode deskriptif. Dalam kegiatan penelitian ini peneliti mencoba untuk menggambarkan seluruh peristiwa maupun fenomena yang terjadi selama proses penelitian, terutama peristiwa yang berhubungan dengan tujuan dan fokus penelitian.


Keywords


Pembelajaran daring, pendidikan berkualitas, era revolusi industi 4.0

References


Anderson, O. W., dan Krathwohl, D. R. (2001). Taxonomy of learning, teaching and assessing. New York, NY: Longman.

Darmawan, (2014). Pengembangan E-Learning: Teori dan Desain. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Depdiknas (2004) Ciri-ciri Pendidikan Berkualitas. Depdiknas.go.id. (Diakses pada 15-12-2020 pukul 20:36 WIB)

Hamalik, O. (2015) Evaluasi Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya,

Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Joenaidy, M. (2019). Konsep dan Strategi Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0: Yogyakarta, Laksana

Piirto, J. (2011). Creativity for the 21st Century Skills. Rotherdam: Sense Publishers.

Phatnership For 21st Century Skills (P21). (2015). 21 Century Student Outcomes. Framework, 1-9. Retrieved. (Diakses pada 17 Desember 2020 pukul 21:50 WIB) http://www.p21.org/documents/P21_Framework Definitions.pdf.

Redhana, W, (2019). Jurnal Studi Pendidikan Kimia Jurusan Kimia FMIPA, Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia. Universitas Pendidikan Ganesha, 2293.

Rusman. (2012). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer Mengembangkan Profesionalisme Guru Abad 21.Bandung: Alfabeta.

Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2O2O. Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19. kemdikbud.go.id (Diakses pada 17 Desember 2020 pukul 21:00 WIB) https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/se-mendikbud-pelaksanaan-kebijakan-pendidikan-dalam-masa-darurat-penyebaran-covid19

Suyadi, (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Trilling, B. dan Fadel, C. (2009). 21st Century Skills, Learning for Life in Our Time. San Francisco: Josey-Bass.

UNESCO, (2021), Collaborative Learning, ibe.unesco.org (Diakses pada 17 Desember 2020 pukul 20:45 WIB) http://www.ibe.unesco.org/en/glossary-curriculum-terminology/c/collaborative-learning

World Innovation Summit for Education, (2014). 21st century curriculum education (diakses pada 17 Maret 2020 pukul 20:01 WIB) https://www.wise-qatar.org/21st-century-curriculum-education-charles-fadel/




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i6.8570

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Diki Akmal Wildan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id