PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA MELALUI GAME INTERAKTIF BERBASIS PALIBER (PAPAN LINGKAR BERPUTAR) PADA MATERI EKOSISTEM

Tri Novita Sari, Abdul Ghoni

Abstract


Pengembangan media pembelajaran papan lingkar berputar atau paliber bertujuan membantu guru dalam meningkatkan penyampaian mata pelajaran IPA materi Ekosistem serta menarik minat siswa dalam mempelajari dan mempermudah siswa untuk memahami materi. Media Paliber ini berisi tentang materi ekosistem disertai dengan materi video dan kuis game interaktif sehingga minat siswa dan tertarik. Melalui game interaktif berbasis paliber diharap mampu dimanfaatkan oleh guru sebagai media pembelajaran yang mempermudah proses belajar dan menarik dengan mudah memahami materi yang di berikan. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Reseach and Development (R&D). Hasil dari Penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran game interaktif berbasis paliber layak digunakan dan dioperasikan sendiri oleh siswa   hanya di sekolah. Uji  efektivitas menggunakan SPSS, menunjukkan nilai sig. (2 tailed) p=0,000 < 0,05  yang berarti bahwasanya media game interaktif berbasis paliber  efektif dalam meningkatkan hasil pembelajaran IPA materi Ekosistem.

 


Keywords


media pembelajaran, game interaktif, paliber

References


Ainaini, I. (2018). Pengembangan Hewan Berputar. Tesis Universitas Muhammadiyah, 7.

Andika Puspita Sari, A. S. (2018). The Development of Internet-Based Economic Learning Media using Moodle Approach . International Journal of Active Learning , 100.

Annisa, N. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif IPA berbasis model Guided Inquiri . School Education Journal, 2.

Arsyad, A. (2012). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Bukhori, A. (2015). Development Lerning Model Of Charater Education Throught E-COMIC In Elementary School. Internasional Journal Of Education and Research, 369.

Cheung, L. (2016). Using The ADDIE Model Of Instrucftional Design To Teach Chest Radiograph Interpretation. Journal Of Biomedical Education, 4.

Didi Suriyadi, D. D. (2012). Komunikasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ekawarna, A. N. (2018). The Effectiveness of Android-Based Learning Media with APPY Pie toward Indonesian Economics Subject. International Journal of Engineering & Technology, 287.

Nana Sudjana, A. R. (2013). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v10i6.8566

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Tri Novita Sari, Abdul Ghoni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id