ANALISIS KEMAMPUAN MENGGAMBAR IMAJINATIF SISWA KELAS II SD NEGERI 018 UJUNGBATU
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa kelas II SD Negeri 018 Ujungbatu dalam menggambar imajinatif. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Waktu penelitian dimulai dari bulan Agustus Tahun 2020 – bulan Februari 2021. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri 018 Ujungbatu dengan jumlah 12 siswa, yaitu terdiri dari 7 siswa laki-laki, dan 5 siswa perempuan. Instrumen penelitian ini menggunakan rubrik penilaian kemampuan menggambar imajinatif. Data penelitian dikumpulkan dengan teknik tes, yaitu tes kemampuan menggambar imajinatif. Adapun indikator menggambar imajinatif dalam penelitian ini adalah: (1) mempersiapkan perlengkapan menggambar; (2) siswa mengingat dan mendeskripsikan suasana dan objek-objek yang terdapat di pasar buah; (3) siswa membuat sketsa gambar dengan menata / menyusun minimal dua objek yang ada di pasar; dan (4) siswa mewarnai objek gambar secara konsisten dan rapi. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa kemampuan siswa kelas II SD Negeri 018 Ujungbatu dalam menggambar imajinatif adalah cukup mampu, karena diperoleh rata-rata nilai sebesar 73.96 atau dengan kategori Cukup Mampu. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa siswa kelas II SD Negeri 018 Ujungbatu cukup mampu dalam menggambar imajinatif.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Kristanto. (2013). Pendidikan Seni Budaya dan Keterampilan sebagai Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Karakter dalam Implementasi Kurikulum 2013. Tidak Diterbitkan.
Kusnandar. (2011). Langkah-langkah Penelitian Tindakan Kelas seabgai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Mulyono. (2012). Strategi Pembelajaran. Malang: UIN-Maliki Press.
Permendiknas Nomor 41 Tahun 2017 tentang Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 19 Tahun 2005 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Purnomo, d. (2017). Seni Budaya Kelas VIII Edisi Revisi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Salam, S. (2001). Pendekatan Ekspresi Diri, Disiplin, dan Multikultural dalam Pendidikan Seni Rupa. Jakarta: Makalah dalam Seminar & Lokakarya Nasional Pendidikan Seni.
Semi, M. A. (2012). Metode Penelitian Sastra. Bandung: Angkasa.
Sudijono, A. (2001). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sudijono, A. (2009). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sudjana, N. (2013). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosda.
Supriyantiningtyas, A. S. (2012). Seni Budaya dan Keterampilan Kelas II. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan.
Syafii. (2006). Materi dan Pembelajaran Kertakes SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v10i6.8562
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Cici Cahyani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
____________________________________________________________
Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id