ANALISIS KETERLIBATAN ORANG TUA TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS 2 SEKOLAH DASAR

Melly Admelia, Nabila Farhana, Laily Nurmalia, Koyimah Koyimah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis mengenai keterlibatan orang tua terhadap kedisiplinan belajar siswa kelas 2 sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang diperoleh dari hasil observasi dan wawacara kepada guru kelas, orang tua siswa, dan siswa maka dapat diperoleh kesimpulan bahwa terdapat siswa yang masih kurang memiliki sikap kedisiplinan dalam belajar terutama dalam aspek pengumpulan tugas. Hal tersebut disebabkan oleh kesibukan perkerjaan yang dialami orang tua dari siswa tersebut yang menyebabkan kurangnya keterlibatan orang tua dalam mendampingi anak belajar, sehingga siswa sering kali terlambat dalam mengumpulkan tugas yang sudah diberikan oleh guru. Keterlibatan orang tua dalam proses pembelajaran anak adalah melibatkan diri dalam membantu dan mendampingi anak mengerjakan tugas-tugas sekolah yang telah diberikan. Anak usia sekolah dasar masih sangat membutuhkan pendampingan dari orang lain terutama dari orang tua dalam melaksanakan proses pembelajaran untuk membantu keberhasilan proses pendidikan anak terutama dalam aspek perkembangan perilaku anak. Salah satu aspek perkembangan perilaku anak yang perlu untuk diperhatikan yaitu sikap disiplin. Aspek kedisiplinan belajar siswa salah satunya yaitu mengumpulkan tugas sesuai dengan waktu yang ditentukan oleh guru, serta bertanggung jawab mengerjakan tugas yang telah diberikan oleh guru. Kedisiplinan belajar memiliki beberapa faktor salah satunya yaitu faktor eksternal yang berasal dari lingkungan keluarga.

 

 


Keywords


keterlibatan orang tua, kedisiplinan belajar, siswa

References


Akmaluddin, & Haqiqi, B. (2019). Kedisiplinan Belajar Siswa di Sekolah Dasar (SD) Negeri Cot Keu Eung Kabupaten Aceh Besar (Studi Kasus). Jurnal of Education Science (JES), 5(2), 1–12.

Ansel, M. F., & Pawe, N. (2021). Pengaruh Bimbingan Belajar Orang Tua Terhadap Disiplin Belajar Siswa Sekolah Dasar. Ilmiah Kependidikan, 2, 301–312.

Arumingtyas, P. (2021). Peningkatan Kedisiplinan Belajar Peserta Didik Melalui Media Google Sites. Ilmiah Kependidikan, 9, 5–24.

Chandra, A., & Angin, A. (2017). Hubungan Perhatian Orang Tua Dan Iklim Sekolah Dengan Disiplin Pada Siswa Smp N 2 Padang Tualang Kabupaten Langkat. Jurnal Phsycomutiara, 1(1), 1–14.

Damsy et al. (2020). Peran Orang Tua dan Guru dalam Mengatasi Sikap dan Perilaku Menyimpang Anak. FKIP Universitas Tanjungpura, 1(1), 1–11.

Diadha, R. (2015). Keterlibatan Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak. Edusentris, 2(1), 61. https://doi.org/10.17509/edusentris.v2i1.161

Efendi, D. (2020). Peran Orang Tua Dalam Pembelajaran Model Distance Learning Di Sekolah Dasar Kota Jayapura. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 5(1), 54. https://doi.org/10.35931/am.v5i1.400

Jaya, T. P., & Suharso. (2018). Persepsi Siswa tentang Faktor yang Mempengaruhi Disiplin Belajar pada Siswa Kelas XI. Indonesian Journal of Guidance and Counseling : Theory and Application, 7(3), 30–35. Retrieved from journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jbk

Junaid, I. (2016). Analisis data kualitatif dalam penelitian pariwisata. Jurnal Kepariwisataan, 10(1), 59–74.

Kaminudin Telaumbanua. (2018). Efektivitas Layanan Konseling Kelompok Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas Xi SMA Negeri 1 Lahusa. Jurnal Education, 4(1), 25–31.

Kristiyani, T. (2016). Keterlibatan Orangtua dalam Pendidikan dan Komitmen Siswa terhadap Sekolah: Studi Meta-analisis. Buletin Psikologi, 21(1), 31. https://doi.org/10.22146/bpsi.9844

Lestari, N. E. I., Murtono, & Purbasari, I. (2021). Karakter Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas V SDIT Hidayatullah di Desa Daren Selama di Rumah. 2(4), 1221–1228.

Maulidia, S. Z., Bua, A. T., & Nanna, A. W. I. (2021). Kedisiplinan Belajar Siswa dalam Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Borneo, 02(1), 111–120.

Puspitasari, H. M., & Sutriyono. (2018). Hubungan Kemandirian Belajar dan Kedisiplinan belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Mitra Pendidikan, 2(1), 11–22.

Saftari, M., & Fajriah, N. (2019). Penilaian Ranah Afektif Dalam Bentuk Penilaian Skala Sikap Untuk Menilai Hasil Belajar. Edutainment, 7(1), 71–81. https://doi.org/10.35438/e.v7i1.164

Shidiq, U., & Choiri, M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53). Retrieved from http://repository.iainponorogo.ac.id/484/1/METODE PENELITIAN KUALITATIF DI BIDANG PENDIDIKAN.pdf

Sopiah, C. (2020). Karakter kedisiplinan. Jurnal Jendela Bunda, 7(2), 34–44.

Sugiarto, A. P., Suyati, T., & Yulianti, P. D. (2019). Faktor Kedisiplinan Belajar Pada Siswa Kelas X Smk Larenda Brebes. Mimbar Ilmu, 24(2), 232. https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21279

Sukmanasa, E. (2016). Hubungan Antara Disiplin Belajar dengan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Ilmu Pengetahuan Sosial Ekonomi, (September), 5.

Wahyuningsih, S. (2013). Metode Penelitian Studi Kasus: Konsep, Teori Pendekatan Psikologi Komunikasi, dan Contoh Penelitiannya. UTM PRESS Bangkalan - Madura, 119.

Yulianingsih, W., Suhanadji, S., Nugroho, R., & Mustakim, M. (2020). Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1138–1150. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.740




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v10i6.8555

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Melly Admelia, Nabila Farhana, Laily Nurmalia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id