ANALISIS PELAKSANAAN BIMBINGAN PADA KESULITAN BELAJAR SISWA

Reni Wahyuni Damanik, Antonius Remigius Abi, Darinda Sofia Tanjung

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan bimbingan belajar pada kesulitan belajar siswa kelas IV SD Negeri 091377 Purbatua Rambah dengan metode  kualitatif dan pendekatan study kasus  untuk menghasilkan data deskriktif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari subjek/aktor dan perilaku yang dapat diamatai  untuk mengetahui secara mendalam dan berusaha menemukan pelaksanaan bimbingan belajar pada kesulitan belajar siswa. Informan dalam penelitian ada 5 orang  dimana  1 orang jadi informan kunci yaitu wali kelas/ guru pembimbing, 2 siswa yang mengalami kesulitan beljar, 1 kepala sekolah, dan 1 guru kelas.Untuk mengetahui pelaksanaan bimbingan belajar pada kesulitan belajar siswa, peeneliti melakukan observasi partisipan, wawancara mendalam serta dokumentasi. Setelah peneliti melakukan wawancara peneliti mendapatkan informasi bahwa pelaksaanan bimbingan pada kesulitan belajar siswa dilakukan oleh wali kelas/ pembimbing. Bimbingan belajar dilakukan pada saat di dalam kelas dan di luar kelas. Pada saat di dalam kelas guru memberikan bimbingan kepada siswa yang mengalami kesulitan belajar dengan cara menyuruh siswa yang mengalami kesulitan belajar duduk di kursi paling depan agar dekat dengan guru sehingga guru dapat memberikan perhatian lebih. Pada saat di luar kelas atau jam istirahata guru mengajak siswa yang mengalami kesulitan belajar ikut dengan guru ke kantor dan jam istirahat digunakan guru untuk memberikan bimbingan kepada siswa mengenai materi yang belum dipahami siswa pada saat belajar di kelas. Bimbingan belajar hanya dilakukan pada saat jam sekolah dan bimbingan belajar bukan merupakan program sekolah. 

 


Keywords


bimbingan belajar

References


Abdurrahman. (2010). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar (2nd ed.). PT Rineka Cipta.

Djamarah, S. (2018). Psikologi Belajar (3rd ed.). PT Rineka Cipta.

Girsang, P. D., Tanjung, D. S., & Azelina, D. (2021). The Effect of Group Investigation Type Cooperative Learning Model on Students’ Learning Outcomes on The Themes of Daerah Tempat Tinggalku at Grade IV SDN 094117 Bangun Saribu. 5(20), 252–261.

Hamalik, O. (2019). Psikologi Belajar dan Mengajar (9th ed.). Sinar Baru Algensindo.

Kaban, M. O., Sipayung, R., & Tanjung, D. S. (2020). Pengaruh Pola Asuh Orangtua Terhadap Disiplin Belajar Siswa Di Kelas Iv Sdn 030441 Pamah. Jurnal Unimed, 4(4), 10–15.

Karo, T. B., Anzelina, D., Sembiring, N., & Tanjung, D. S. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Spider Webbed pada Pembelajaran Tematik. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(4), 2108–2117.

Maufiroh, D. L., Endang, B., & Yuline. (2015). Pengaruh Bimbingan Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X IPA di SMAN 10 Pontianak. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 1–14.

Moleong, L. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif (27th ed.). PT Remaj Rosdakarya Offest.

Nainggolan, M., Tanjung, D. S., & Simarmata, E. J. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran S AVI terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2617–2625.

Pardosi, B., Tanjung, D. S., & Anzelina, D. (2020). Pengaruh Model SAVI terhadap Hasil Belajar pada Tema Organ Gerak Hewan dan Manusia di Kelas V SD Negeri 173593 Parsoburan. ESJ (Elementary School Journal), 10(3), 175–184.

Purba, F. B., Tanjung, D. S., & Gaol, R. L. (2021). The Effect Of Paikem Approach On Students’ Learning Outcomes on The Theme of Lingkungan Sahabat Kita At Grade V SD Harapan Baru Medan Academic Year 2019/2020. Jurnal PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 5(2), 278–286.

Purba, J. M., Sinaga, R., & Tanjung, D. S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Kooperatif Tipe Scramble terhadap Hasil Belajar Siswa pada Tema Daerah Tempat Tinggalku Kelas IV. ESJ (Elementary School Journal), 10(4), 216–224.

Salahudin, A. (2016). Bimbingan dan Konseling (4th ed.). CV Pustaka Setia.

Salim, & Syahrum. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif (3rd ed.). Citapusata Media.

Satria, F. E. (2016). Hubungan Bimbingan Belajar dan Keaktifan Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV SD N Segugus Ahmad Yani Boja. 1–140.

Simorangkir, F. M. A., & Tanjung, D. S. (2019a). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Tematik dengan Pendekatan Multiple Intelligencesberbasis Budaya Batak Angkola untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Education and Development, 7(4), 302–304.

Simorangkir, F. M. A., & Tanjung, D. S. (2019b). Implementation of Multiple Intelligences Approach Based On Batak Angkola Culture in Learning Thematic For Class IV SD Negeri 100620 Pargarutan Julu South Tapanuli District. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 2(4), 547–551. https://doi.org/10.33258/birle.v2i4.538

Sinaga, R., & Tanjung, D. S. (2019). Efektifitas Penggunaan Interactive Educational Multimedia Learning Berbasis Teori Kognitif terhadap Dyslexic Student di Sekolah Dasar. Jurnal Guru Kita, 3(4), 338–341.

Sinurat, R., Tanjung, D. S., Anzelina, D., & Abi, A. R. (2021). Analisis Cara Belajar Siswa Berprestasi Kelas IV di SDN 097376 Sippan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Sekolah Dasar, 14(1), 28–37.

Slameto. (2019). Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhi. RINEKA CIPTA.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif (3rd ed.). Alvabeta, CV.

Suwarto, S., & Fajri, H. (2018). Persepsi Orang Tua Terhadap Proses Bimbingan Belajar Anak Di Rumah. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 3(1).

Tanjung, D. S. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) di Kelas V SDN 200111 Padang Sidimpuan. Juril AMIK MBP, IV(1), 68–79.

Tarigan, A. P., Tanjung, D. S., & Anzelina, D. (2020). PENGARUH METODE PEMBELAJARAN SQ3R TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN KELAS IV SDN 040549 PEBULAN. Jurnal Handayani, 11(2), 1–10.

Tarigan, E. B., Simarmata, E. J., Abi, A. R., & Tanjung, D. S. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Problem Based Learning pada Pembelajaran Tematik. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(4), 2294–2304.

Yeni, E. M., & Almuslim, U. (2015). JUPENDAS , ISSN 2355-3650 , Vol . 2 , No . 2 , September 2015. 2(2), 1–10.

Zai, K., Abi, A. R., & Tanjung, D. S. (2020). The Effect of Inquiry Model on Students’ Learning Outcomes on the Theme of “Benda-benda di sekitarku” at Grade V SDN 076713 Zuzundrao. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(6), 836–842.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i2.8553

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Reni Wahyuni Damanik, Antonius Remigius Abi, Darinda Sofia Tanjung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id