PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS E-BOOK PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI PENGGOLONGAN HEWAN BERDASARKAN JENIS MAKANANNYA DI SD NEGERI SERANG 20
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui kelayakan dari bahan ajar berupa buku digital sebagai alat penunjang belajar peserta didik terutama pada pembelajaran IPA serta untuk mengetahui respon peserta didik terhadap bahan ajar yang dikembangkan oleh peneliti. Metode penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang terdiri atas potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk (terbatas). Hasil penelitian menunjukkan kelayakan dari bahan ajar berdasarkan penilaian ahli desain, ahli bahasa dan ahli materi. Skor yang diperoleh masing-masing sebesar 81,30% ahli desain, ahli bahasa sebesar 81,53%, dan ahli materi sebesar 91,42%. Kemudian untuk respon peserta didik terhadap bahan ajar berupa buku digital yang digunakan dalam proses pembelajaran mencapai rata-rata skor 0,96 atau 96%. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penelitian ini menghasilkan produk bahan ajar berupa buku digital pada materi Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya di kelas V Sekolah Dasar. Hasil validasi desain mencapai kategori “Sangat Layak”, validasi ahli bahasa mencapai kategori “Sangat Layak”, serta validasi materi mencapai kategori “Sangat Layak”. Kategori respon peserta didik termasuk dalam kategori “Sangat Baik”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa produk yang dihasilkan dikatakan layak berdasarkan hasil respon siswa dan layak untuk digunakan sebagai bahan ajar dalam proses pembelajaran jarak jauh.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Andriana, Encep, dkk. (2017). Pengembangan Multimedia Pembelajaran IPA Berbasis Kearifan Lokal Di Sekolah Dasar. JPSD 3(2)
Arie, Firmansyah, dkk. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis E-Book Matematika Melalui Soal Cerita Bernuansa Islami Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Tingkat SD. Jurnal Muara Pendidikan, 4(2), 379-387.
Arsyad, A. (2019). Media Pembelajaran (Edisi Revis)). Jakarta: Rajawali Pres
Asrizal, dkk. (2017). Pengaruh Buku Ajar Bermuatan Kecerdasan Komprehensif dalam Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Kompetensi Fisika Peserta Didik Kelas X Sman 9 Padang. Jurnal Pillar Of Physics Education, 9, 73-80.
Badan Standar Nasional Pendidikan. (2006). Permendiknas RI No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP
Beny, Yustina, dkk. (2010). Ilmu Pengetahuan Alam Untuk SD/MI Kelas IV. Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
Byars, M.N. (2015). Printed Books versus Digital Books. California: The Faculty Of The Graphic Communication Departement California Polytechnic State University.
Cahyaningtyas, Firda . (2019). Pengembangan E-Book Retells dalam Literasi Numerasi di Sekolah Dasar. Malang : Skripsi-Universitas Muhamadiyah Malang.
Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas). (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Fuad, N. (2016). Mengenal Ebook dan Bagaimana Membacanya di Perangkat Android dan PC. https://books.google.co.id/books?id=fAe5DAAAQBAJ
Haidar, Ali. (2016). Pengembangan Media Buku Pintar Elektronik Sebagai Media Pembelajaran Pada Peserta didik Kelas IV Tema Indahnya Kebersamaan Kurikulum 2013. Semarang: Skripsi-Universitas Negeri Semarang
Hamalik,O. (2017). Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Hardani, dkk. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Ilmu
Hasyim, A. (2016). Metode Pengembangan dan Pengembangan di Sekolah. Yogyakarta: Media Akademi
Hidayatullah, M.S. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Flip Book Maker Pada Mata Pelajaran Elektronika Dasar di SMK Negeri 1 Sampang. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 5 (1), 83-88.
Ikhwan dan Wahyudi. (2009). Ilmu Pengetahuan Alam Untuk SD/MI Kelas IV. Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
Kominfo. (2017). Survey Penggunaan TIK (Serta Implikasinya Terhadap Aspek Sosial Budaya Masyarakat). Jakarta: Pusat Penelitian dan Pengembangan Aplikasi Informatika dan Informasi dan Komunikasi Publik Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.
Kumala, F. (2016). Pembelajaran IPA SD. Malang: Penerbit Ediide Infografika.
Karitas, Diana. (2017). Buku Guru Kelas V Tema Ekosistem. Jakarta: Kemdikbud.
Lestari, Ika. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Padang: Akademika Permata.
Magdalena, Ina, dkk. (2020). Analisis Bahan Ajar. Tangerang: Nusantara. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(2), 311-326.
Mulyasa. (2017). Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyaningsih, N.N., & Saraswati, D.L. (2017). Penerapan Media Pembelajaran Digital Book Dengan Kvisoft Flipbook Maker. Jurnal Pendidikan Fisika, 5 (1), 25-32.
Nate, Cooper. (2014). Build Your Own Website (Guide to HTML,CSS, and Wordpress). San Francisco: No Strach Press,inc.
Nurdyansyah. (2019). Media Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: UMSIDA PRESS
Nurdyansayah, Wardana. (2018). Pengembangan Komik Sebagai Media Pembelajaran Untuk Mengapresiasi Cerita Anak Pada Peserta Didik Kelas III SD/MI. Lampung: Skripsi-Universitas Lampung.
Nunik Nurlatipah, dkk. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Sains Yang Disertai Foto Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Kelas VII SMP N 2 Sumber Pada Pokok Bahasan Ekosistem. Jawa Barat: Jurnal Scientiae Educatia, 5(2), 1-5.
Prastowo, Andi. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Tinjauan Teoritis dan Praktis. Yogyakarta: Kencana
Prastowo, Andi. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Prastowo, Andi. (2015). Paduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press
Priyanto, I. & Sedyaningsih, S. (2013). Buku Digital: Kajian Literature Perkembangan Dan Pengaruhnya Pada Perpustakaan. Yogyakarta: Fihris, 8(2), 1-12.
Pribadi, B. (2019). Pengembangan Bahan Ajar (Edisi 2). Tangerang Selatan: Universitas Terbuka
Pusbuk. (2017). UU No. 3 Tahun 2017 Tentang Sistem Perbukuan. Jakarta: Kemdikbud
Pusbuk. (2017). Permendikbud No.8 Tahun 2016 Tentang Buku Yang digunakan Oleh Satuan Pendidikan. Jakarta: Kemdikbud.
Rahmantiwi dan Wahyu. (2012). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbentuk Modul Pada Materi Himpunan Dengan Pendekatan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik SMP Kelas VII Semester Genap. Yogyakarta: Skripsi-Universitas Negeri Yogyakarta.
Rahman, Suhardi dkk. (2020). Efektivitas Penerapan Interaktif E-Book Mata Pelajaran Pemograman Dasar Pada Peserta didik SMK. Jurnal Media Elektrik, 17(2), 14-18.
Riduwan. (2014). Pengantar Statistika Sosial. Bandung : Alfabeta
Riduwan. (2015). Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta
Riwu, Imelda, dkk. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Bermuatan Multimedia Pada Tema Peduli Mahkluk Hidup Untuk Peserta didik Sekolah Dasar Kelas IV Di Kabupaten Ngada. Jurnal Of Education Technology, 2(2), 56-64.
Saputro, Rahmad. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Cetak IPA Berbasis Komunikasi Visual Untuk SD Kelas V Semester 1. Yogyakarta: Skripsi-Universitas Negeri Yogyakarta
Suryani, N. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta CV
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta CV
Susanto, Ahmad. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenanmedia Group
Soeroso. (2020). Panduan Pengembangan Bahan Ajar Pembelajaran Jarak Jauh (Ba-Pjj) Sekolah Dasar. Pekalongan: Dinas Pendidikan
Suyasa, P, dkk. (2021). The Effect Of Digital Books Based On Kvisoft Flipbook On Student learning Outcomes. Journal Of Physiscs: Conference Series, 1810(1), 1-5
Tompo, Basman. (2017). Cara Cepat Membuat Buku Digital Android. Malang: Matsnuepa Publishing
Wahyudi, I Wayan, dkk. (2019). Ilmu Alamiah Dasar. Bali: UNHI Press
Wibowo, Edi, dkk. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker Materi Himpunan. Jurnal Matematika, 2(1), 147-156.
Yuliati, Yuyu. (2017). Miskonsepsi Peserta didik Pada Pembelajaran IPA Serta Remediasinya. Jurnal Bio Educatio, 2(2), 50-58.
Yusuf, Muri. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana
Wisudawati, A. (2017). Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: PT Bumi Aksara
Yaumi, M. (2013). Prinsip-prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.
DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i2.8551
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Novia - Monitha, Encep Andriana, Trian Pamungkas Alamsyah, Nana Hendracipta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
____________________________________________________________
Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id