PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS E-BOOK PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI PENGGOLONGAN HEWAN BERDASARKAN JENIS MAKANANNYA DI SD NEGERI SERANG 20

Novia Monitha, Encep Andriana, Trian Pamungkas Alamsyah, Nana Hendracipta

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui kelayakan dari bahan ajar berupa buku digital sebagai alat penunjang belajar peserta didik terutama pada pembelajaran IPA serta untuk mengetahui respon peserta didik terhadap bahan ajar yang dikembangkan oleh peneliti. Metode penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang terdiri atas potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk (terbatas). Hasil penelitian menunjukkan kelayakan dari bahan ajar berdasarkan penilaian ahli desain, ahli bahasa dan ahli materi.  Skor yang diperoleh masing-masing sebesar 81,30% ahli desain, ahli bahasa sebesar 81,53%, dan ahli materi sebesar 91,42%. Kemudian untuk respon peserta didik terhadap bahan ajar berupa buku digital yang digunakan dalam proses pembelajaran mencapai rata-rata skor 0,96 atau 96%. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penelitian ini menghasilkan produk bahan ajar berupa buku digital pada materi Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya di kelas V Sekolah Dasar. Hasil validasi desain mencapai kategori “Sangat Layak”, validasi ahli bahasa mencapai kategori “Sangat Layak”, serta validasi materi mencapai kategori “Sangat Layak”. Kategori respon peserta didik termasuk dalam kategori “Sangat Baik”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa produk yang dihasilkan dikatakan layak berdasarkan hasil respon siswa dan layak untuk digunakan sebagai bahan ajar dalam proses pembelajaran jarak jauh.

 

 


Keywords


Bahan ajar berupa buku digital, Pembelajaran IPA, Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makannya

References


Andriana, Encep, dkk. (2017). Pengembangan Multimedia Pembelajaran IPA Berbasis Kearifan Lokal Di Sekolah Dasar. JPSD 3(2)

Arie, Firmansyah, dkk. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis E-Book Matematika Melalui Soal Cerita Bernuansa Islami Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Tingkat SD. Jurnal Muara Pendidikan, 4(2), 379-387.

Arsyad, A. (2019). Media Pembelajaran (Edisi Revis)). Jakarta: Rajawali Pres

Asrizal, dkk. (2017). Pengaruh Buku Ajar Bermuatan Kecerdasan Komprehensif dalam Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Kompetensi Fisika Peserta Didik Kelas X Sman 9 Padang. Jurnal Pillar Of Physics Education, 9, 73-80.

Badan Standar Nasional Pendidikan. (2006). Permendiknas RI No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP

Beny, Yustina, dkk. (2010). Ilmu Pengetahuan Alam Untuk SD/MI Kelas IV. Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional

Byars, M.N. (2015). Printed Books versus Digital Books. California: The Faculty Of The Graphic Communication Departement California Polytechnic State University.

Cahyaningtyas, Firda . (2019). Pengembangan E-Book Retells dalam Literasi Numerasi di Sekolah Dasar. Malang : Skripsi-Universitas Muhamadiyah Malang.

Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas). (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Fuad, N. (2016). Mengenal Ebook dan Bagaimana Membacanya di Perangkat Android dan PC. https://books.google.co.id/books?id=fAe5DAAAQBAJ

Haidar, Ali. (2016). Pengembangan Media Buku Pintar Elektronik Sebagai Media Pembelajaran Pada Peserta didik Kelas IV Tema Indahnya Kebersamaan Kurikulum 2013. Semarang: Skripsi-Universitas Negeri Semarang

Hamalik,O. (2017). Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Hardani, dkk. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Ilmu

Hasyim, A. (2016). Metode Pengembangan dan Pengembangan di Sekolah. Yogyakarta: Media Akademi

Hidayatullah, M.S. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Flip Book Maker Pada Mata Pelajaran Elektronika Dasar di SMK Negeri 1 Sampang. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 5 (1), 83-88.

Ikhwan dan Wahyudi. (2009). Ilmu Pengetahuan Alam Untuk SD/MI Kelas IV. Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional

Kominfo. (2017). Survey Penggunaan TIK (Serta Implikasinya Terhadap Aspek Sosial Budaya Masyarakat). Jakarta: Pusat Penelitian dan Pengembangan Aplikasi Informatika dan Informasi dan Komunikasi Publik Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

Kumala, F. (2016). Pembelajaran IPA SD. Malang: Penerbit Ediide Infografika.

Karitas, Diana. (2017). Buku Guru Kelas V Tema Ekosistem. Jakarta: Kemdikbud.

Lestari, Ika. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Padang: Akademika Permata.

Magdalena, Ina, dkk. (2020). Analisis Bahan Ajar. Tangerang: Nusantara. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(2), 311-326.

Mulyasa. (2017). Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyaningsih, N.N., & Saraswati, D.L. (2017). Penerapan Media Pembelajaran Digital Book Dengan Kvisoft Flipbook Maker. Jurnal Pendidikan Fisika, 5 (1), 25-32.

Nate, Cooper. (2014). Build Your Own Website (Guide to HTML,CSS, and Wordpress). San Francisco: No Strach Press,inc.

Nurdyansyah. (2019). Media Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: UMSIDA PRESS

Nurdyansayah, Wardana. (2018). Pengembangan Komik Sebagai Media Pembelajaran Untuk Mengapresiasi Cerita Anak Pada Peserta Didik Kelas III SD/MI. Lampung: Skripsi-Universitas Lampung.

Nunik Nurlatipah, dkk. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Sains Yang Disertai Foto Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Kelas VII SMP N 2 Sumber Pada Pokok Bahasan Ekosistem. Jawa Barat: Jurnal Scientiae Educatia, 5(2), 1-5.

Prastowo, Andi. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Tinjauan Teoritis dan Praktis. Yogyakarta: Kencana

Prastowo, Andi. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Prastowo, Andi. (2015). Paduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press

Priyanto, I. & Sedyaningsih, S. (2013). Buku Digital: Kajian Literature Perkembangan Dan Pengaruhnya Pada Perpustakaan. Yogyakarta: Fihris, 8(2), 1-12.

Pribadi, B. (2019). Pengembangan Bahan Ajar (Edisi 2). Tangerang Selatan: Universitas Terbuka

Pusbuk. (2017). UU No. 3 Tahun 2017 Tentang Sistem Perbukuan. Jakarta: Kemdikbud

Pusbuk. (2017). Permendikbud No.8 Tahun 2016 Tentang Buku Yang digunakan Oleh Satuan Pendidikan. Jakarta: Kemdikbud.

Rahmantiwi dan Wahyu. (2012). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbentuk Modul Pada Materi Himpunan Dengan Pendekatan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik SMP Kelas VII Semester Genap. Yogyakarta: Skripsi-Universitas Negeri Yogyakarta.

Rahman, Suhardi dkk. (2020). Efektivitas Penerapan Interaktif E-Book Mata Pelajaran Pemograman Dasar Pada Peserta didik SMK. Jurnal Media Elektrik, 17(2), 14-18.

Riduwan. (2014). Pengantar Statistika Sosial. Bandung : Alfabeta

Riduwan. (2015). Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta

Riwu, Imelda, dkk. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Bermuatan Multimedia Pada Tema Peduli Mahkluk Hidup Untuk Peserta didik Sekolah Dasar Kelas IV Di Kabupaten Ngada. Jurnal Of Education Technology, 2(2), 56-64.

Saputro, Rahmad. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Cetak IPA Berbasis Komunikasi Visual Untuk SD Kelas V Semester 1. Yogyakarta: Skripsi-Universitas Negeri Yogyakarta

Suryani, N. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta CV

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta CV

Susanto, Ahmad. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenanmedia Group

Soeroso. (2020). Panduan Pengembangan Bahan Ajar Pembelajaran Jarak Jauh (Ba-Pjj) Sekolah Dasar. Pekalongan: Dinas Pendidikan

Suyasa, P, dkk. (2021). The Effect Of Digital Books Based On Kvisoft Flipbook On Student learning Outcomes. Journal Of Physiscs: Conference Series, 1810(1), 1-5

Tompo, Basman. (2017). Cara Cepat Membuat Buku Digital Android. Malang: Matsnuepa Publishing

Wahyudi, I Wayan, dkk. (2019). Ilmu Alamiah Dasar. Bali: UNHI Press

Wibowo, Edi, dkk. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker Materi Himpunan. Jurnal Matematika, 2(1), 147-156.

Yuliati, Yuyu. (2017). Miskonsepsi Peserta didik Pada Pembelajaran IPA Serta Remediasinya. Jurnal Bio Educatio, 2(2), 50-58.

Yusuf, Muri. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana

Wisudawati, A. (2017). Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: PT Bumi Aksara

Yaumi, M. (2013). Prinsip-prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i2.8551

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Novia - Monitha, Encep Andriana, Trian Pamungkas Alamsyah, Nana Hendracipta

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id