PENERAPAN MODEL ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA DAERAH TEMPAT TINGGALKU DI KELAS IV SD SWASTA ADVEN TIMBANG DELI TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021

Yentin Naibaho, Darinda Sofia Tanjung, Ester Julinda Simarmata

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada tema daerah tempat tinggalku subtema bangga terhadap daerah tempat tinggalku pembelajran 3 dan 4 di kelas IV SD Swasta Adven Timbang Deli dengan menggunakan model Role Playing. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 35 orang siswa dan objek dari penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Role Playing. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dibagi menjadi tiga tahapan yaitu gagasan umum, eksplorasi rencana tindakan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi, test yang diberikan adalah sebanyak 60 soal dalam bentuk pilihan berganda. Soal yang diberikan yaitu pretest, postest siklus I dan postest siklus II. Sedangkan observasi meliputi observasi aktivitas guru dan observasi aktivitas siswa dalam roses plaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Pada pretest diperoleh  bahwa nilai rata-rata 59,77 dan tingkat ketuntasan secara klasikal sebesar 22,8%. Pada siklus I mengalami peningkatan setelah menggunakan model Role Playing dengan nilai rata-rata 71,20 dan tingkat ketuntasan klasikal sebesar 45,71%. Dan setelah tindakan yang dilakukan dan diberikan postest siklus II nilai rata-rata meningkat sebesar 81,00 dan tingkat ketuntasan klasikal 88,57%, maka diperoleh sebanyak 31 orang siswa yang tuntas hasil belajarnya dan empat orang siswa yang tidak tuntas. Dari hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa model Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SD Swasta Adven Timbang Deli Medan Tahun Pembelajaran 2020/2021. Berdasarkan penelitian, maka guru disarankan meggunakan model Role Playing karena terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa.


Keywords


Hasil Belajar, Model Role Playing

References


Akbar, S., A’yun, I. Q., Satriyani, F. Y., Widodo, W., Paranimmita, R., & Ferisa, D. (2017). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK DI SEKOLAH DASAR (KE 2). PT REMAJA ROSDAKARYA.

Arikunto, S. (2016). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Aqib, Z., & Dkk. (2016). Penelitian Tindakan Kelas untuk guru SD, SLB, Dan TK. Bandung:YramaWidya.

Buaton, R. A., Sitepu, A., & Tanjung, D. S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(6), 4066–4074.

Girsang, P. D., Tanjung, D. S., & Azelina, D. (2021). The Effect of Group Investigation Type Cooperative Learning Model on Students’ Learning Outcomes on The Themes of Daerah Tempat Tinggalku at Grade IV SDN 094117 Bangun Saribu. 5(20), 252–261.

Istarani. (2019). 58 Model Pembelajaran Inovatif. Media persada.

Karo, T. B., Anzelina, D., Sembiring, N., & Tanjung, D. S. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Spider Webbed pada Pembelajaran Tematik. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(4), 2108–2117.

Khairani. 2017. Pengaruh Tata Ruang Kelas Terhadap Perilaku Belajar Siswa Di Pekanbaru: 21.

Naibaho, D. E., Sipayung, R., & Tanjung, D. S. (2020). Hubungan Disiplin Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V Di Sd Negeri 24 Tanjung Bunga. School Education Journal Pgsd Fip Unimed, 10(4), 342–351.

Nainggolan, M., Tanjung, D. S., & Simarmata, E. J. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran S AVI terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2617–2625.

Ningrum. 2020. Penerapan Model Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar SIswa Kelas V SD Negeri 2 kotagajah Lampung Tengah: 26.

Pardosi, B., Tanjung, D. S., & Anzelina, D. (2020). Pengaruh Model SAVI terhadap Hasil Belajar pada Tema Organ Gerak Hewan dan Manusia di Kelas V SD Negeri 173593 Parsoburan. ESJ (Elementary School Journal), 10(3), 175–184.

Pulungan, I. (2019). Ensiklopedia Pendidikan (2nd ed.). Media Persada.

Purba, F. B., Tanjung, D. S., & Gaol, R. L. (2021). The Effect Of Paikem Approach On Students’ Learning Outcomes on The Theme of Lingkungan Sahabat Kita At Grade V SD Harapan Baru Medan Academic Year 2019/2020. Jurnal PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 5(2), 278–286.

Purba, J. M., Sinaga, R., & Tanjung, D. S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Kooperatif Tipe Scramble terhadap Hasil Belajar Siswa pada Tema Daerah Tempat Tinggalku Kelas IV. ESJ (Elementary School Journal), 10(4), 216–224.

Rizkiah. 2019. Implementasi PembelajaranTematik Dengan Menggunakan Pendekatan Saintifik Kelas IV di SDN 4 Panarung Palangka Raya: 20.

Sanjaya, W. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Perdana Media.

Saragih, L. M., Tanjung, D. S., & Anzelina, D. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Open Ended t erhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tem atik. Jurnal Basicedu, 5(4), 2644–2652.

Sembiring, S. B., Tanjung, D. S., & Juliana. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Example Non Example terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(6), 4075–4082.

shoimin. (2019). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013 (R. KR (ed.)). AR.RUZZ.MEDIA.

Simorangkir, F. M. A., & Tanjung, D. S. (2019a). ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK DENGAN PENDEKATAN MULTIPLE INTELLIGENCESBERBASIS BUDAYA BATAK ANGKOLA UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Jurnal Education and Development, 7(4), 302–304.

Simorangkir, F. M. A., & Tanjung, D. S. (2019b). Implementation of Multiple Intelligences Approach Based On Batak Angkola Culture in Learning Thematic For Class IV SD Negeri 100620 Pargarutan Julu South Tapanuli District. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 2(4), 547–551. https://doi.org/10.33258/birle.v2i4.538

Sihombing, S., Sipayung, R., & Tanjung, D. S. (2020). Pengaruh Perhatian Orangtua Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas Iv Sd Negeri 097350 Parbutaran Simalungun. School Education Journal Pgsd Fip Unimed, 10(4), 314–322.

Sinaga, R., & Tanjung, D. S. (2019). Efektifitas Penggunaan Interactive Educational Multimedia Learning Berbasis Teori Kognitif terhadap Dyslexic Student di Sekolah Dasar. Jurnal Guru Kita, 3(4), 338–341.

Slameto. (2019). Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhi. RINEKA CIPTA.

Tampubolon, S. (2014). Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Pendidik Dan Keilmuan. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Tanjung. 2016. Meningkatkan Hasil Belajar Ips Siswa Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (Tgt) Di Kelas V Sdn 200111 Padangsidimpuan. Juril AMIK MBP, IV(1), 73.

Tarigan, A. P., Tanjung, D. S., & Anzelina, D. (2020). PENGARUH METODE PEMBELAJARAN SQ3R TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN KELAS IV SDN 040549 PEBULAN. Jurnal Handayani, 11(2), 1–10.

Tarigan, E. B., Simarmata, E. J., Abi, A. R., & Tanjung, D. S. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Problem Based Learning pada Pembelajaran Tematik. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(4), 2294–2304.

T.Dewi, I.Tegeh, I.Saurjana. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Role Playing Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V Gugus III Kecamatan Seririt Tahun Pembelajaran 2016/2017: 03.

Wahyuni. 2019. “No Title.” Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pembelajaran PKN Materi Kebebasan Berorganisasi Melalui Model Pembelajaran Role Playing di KelasV MIN 4 Kota Medan: 41




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v10i6.8549

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Yentin Naibaho, Darinda Sofia Tanjung, Ester Julinda Simarmata

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id