PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BILLINGUAL DALAM MEMPERSIAPKAN PESERTA DIDIK MENGHADAPI TANTANGAN REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Andi Hermawan, Rina Yuliana, Damanhuri Damanhuri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai pelaksanaan pembelajaran yang menggunakan dua bahasa (billingual)  yakni bahasa Indonesia dan bahasa Inggris sebagai upaya menghadapi tantangan revolusi industri 4.0 yang dilaksanakan di SDIT Widya Cendekia Kota Serang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriftif, untuk memperoleh data peneliti menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Yang menjadi subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, wali kelas serta peserta didik SDIT  Widya Cendekia kota Serang. Perencanaan pelaksanaan pembelajaran pada kelas billingual mengacu kepada kurikulum nasional dan kurikulum sekolah sedangkan pelaksanaan pembelajaran billingual menggunakan model pembelajaran project based learning dan pendekatan saintifik, hal ini bertujuan agar peserta didik mempunyai keterampilan 4C (Critikal Thingking, Communication, Colaboration dan Creativity and Inovation) sebagai upaya mengahadapi tantangan revolusi industri 4.0.

 

 

 


Keywords


Pembelajaran, Bilingual, Revolusi Industri 4.0

References


Hidayat. S (2017) Pengembangan Guru Profesional. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Jamludin, U., dkk. (2018). Pelajaran Pendidikan IPS : Teori Konsep dan Aplikasi Bagi Guru dan Mahapeserta didik. Bekasi: CV.Nurani

Maleong., dkk. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Mujib, A.,dkk. (2017). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta :Kencana

Mulyasa. (2017). Guru Dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung:PT Remaja Rosdakarya

Nurjanah, S.A (2019) Analisis Kompetensi Abad-21 Dalam Bidang Komunikasi Pendidikan Jurnal Kehumasan ISSN – 2655 – 1551 Vol 2 Nomor 2, 395 diakses pada 25 April 2021

Pane, A., dkk. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman. vol 03 No2,340. Diakses pada tanggal 2 Desember 2020

Pemerintah Indonesia. (2003). UU. RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Bab IV Pasal 29 ayat 1. Lembaran Negara RI Tahun 2003, No. 20. Sekretariat Negara. Jakarta.

Pemerintah Indonesia. 2013. Permendikbud No.65 tahun 2013 tentang standar proses pendidikan dasar dan menengah. Sekretariat Negara. Jakarta

Ridwan, dkk. (2015) Penjaminan Mutu Sekolah,: Jakarta: Bumi Aksara

Savitri, A.(2019). Revolusi Industri 4.0 Mengubah Tantangan Menjadi Peluangdi Era Disrupsi 4.0. Yoyakarta: Genesis

Sugianto, B. (2014). Optimalisasi Penerapan Kelas Bilingual menuju Pembelajaran Efektif Di SMP Negeri 1 Dukun Gresik. Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan. Vol 2 Nomor 1:36. Diakses pada tanggal 15 November 2020

Sugiarti. L dkk Pembelajaran Abad 21 Di SD. Prosiding Seminar dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar. ISSN: 2528-5564. di akses pada 29 Agustus 2021

Sutrisno, T 2017. Keterampilan Dasar Mengajar. Jawa Timur:Duta Media Publishing

Taufik, M. 2013. Pengantar Pendidikan. Bandung: CV. Mujahid Press

Zubaidah, S (2018). Keterampilan Abad Ke-21:Keterampilan yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. diakses tanggal 15 juli 2021 pukul 08.00 WIB.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i1.8546

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Andi Hermawan, Rina Yuliana, Damanhuri Damanhuri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id