PENGEMBANGAN BILLIARD MINI UNTUK MENINGKATKAN KONSENTRASI PADA ANAK AUTIS

Karunia Yulinda Khairiyah, Rahmat Sanusi

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada pada konsep penelitian borg & gall dengan tujuh langkah pengembangan yang telah dimodifikasi. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan sebuah produk yaitu billiard mini untuk meningkatkan konsentrasi pada anak dengan autis. Untuk memastikan produk layak digunakan maka melibatkan penilaian ahli yang terdiri dari Pakar Media Pembelajaran, Pakar Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus dan Pakar Permainan Kecil Olahraga Rekreasi. Uji coba produk terbagi menjadi dua tahap yaitu uji coba skala kecil yang melibatkan 13 siswa dengan asutis dan uji coba skala besar melibatkan 20 orang siswa dengan autis. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, wawancara dan kuisioner. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penilaian para ahli dan hasil uji coba, produk dinyatakan “Baik” dengan kesimpulkan produk layak digunakan untuk meningkatkan konsentrasi pada anak autis.

 

 


Keywords


Pendidikan Jasmani Adaptif, Biliar, Autis dan konsentrasi

References


Ainin, D. K. W. & I. K. (2017). Peningkatan Kemampuan Konsentrasi Melalui Permainan Bowling Pada Anak Autis. Jurnal Pendidikan Khusus, 1–8.

Au, A. H. chi, Shum, K. K. man, Cheng, Y., Tse, H. M. yan, Wong, R. M. fong, Li, J., & Au, T. K. fong. (2021). Autism spectrum disorder screening in preschools. Autism, 25(2), 516–528. https://doi.org/10.1177/1362361320967529

Guest, L., Balogh, R., Dogra, S., & Lloyd, M. (2017). Examining the Impact of a Multi-Sport Camp for Girls Ages 8–11 With Autism Spectrum Disorder. Therapeutic Recreation Journal, 51(2), 109–126. https://doi.org/10.18666/trj-2017-v51-i2-7383

Haegele, J. A., & Hodge, S. R. (2019). Teaching students with autism spectrum disorders. Case Studies in Adapted Physical Education Empowering Critical Thinking, 155–161. https://doi.org/10.4324/9780367824488-36

Heryani, E., Monalisa, & Ernawati. (2015). Hubungan dukungan keluarga dengan interaksi sosial pada anak autis di slb tahun 2015. XIII, 175–180.

Holland, S. K., Holland, K., Haegele, J. A., & Alber-Morgan, S. R. (2019). Making It Stick: Teaching Students with Autism to Generalize Physical Education Skills. Journal of Physical Education, Recreation and Dance, 90(6), 32–39. https://doi.org/10.1080/07303084.2019.1614120

Ida, N. N., & Agung, K. (2016). The Effects Of The Use Of Series Card Media On Toilet Training Skill Toward Autism Children. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Luar Biasa, 3(2), 103–108.

Imran, Aswar, K., Pratiwi, N., Aynul, N., & Syafril, A. (2017). Budaya literasi melalui program gls dalam menumbuhkembangkan minat baca siswa sd negeri melayu. Jurnal PENA, 4(1), 701–711.

Iswinarti, & Cahyasari, A. (2017). Meningkatkan Konsentrasi Anak Attention Deficit Hyperactivity Disorder Melalui Permainan Tradisional Engklek. Prosiding Temu Ilmiah X IIkatan Psikologi Perkembangan Indonesia, 126–138.

Koh, Y. H. (2018). A strategy to improve pre-service teachers’ self-efficacy towards inclusive physical education for students with intellectual disability and autism. International Journal of Inclusive Education, 22(8), 839–855. https://doi.org/10.1080/13603116.2017.1412511

López-Valverde, P., Rico-Díaz, J., Barcala-Furelos, M., Martí-González, M., Martín, J. L., & López-García, S. (2021). Instruments to assess physical activity in primary education students with autism spectrum disorder: A systematic review. International Journal of Environmental Research and Public Health, 18(9). https://doi.org/10.3390/ijerph18094913

López, J. M., Moreno-Rodríguez, R., Alcover, C.-M., Garrote, I., & Sánchez, S. (2017). Effects of a Program of Sport Schools on Development of Social and Psychomotor Skills of People with Autistic Spectrum Disorders: A Pilot Project. Journal of Education and Training Studies, 5(8), 167. https://doi.org/10.11114/jets.v5i8.2555

Masfufah, S., Damanhuri, & Rahman, N. I. (2021). Developing comic learning media on civics subject at grade iv sdn cibomo. Primary: jurnal pendidikan guru sekolah dasar, 10(4), 777–784.

Melo, R., & Sobry, C. (2017). Introducing Sport Tourism : New Challenges in a Globalized World Guest Editors : European Journal of Tourism Research, 6, 5–8.

Pratiwi, D. A., Nurhasanah, A., & Hakim, Z. R. (2021). Developing Mind Mapping Based Pocket Book Learning Media For Understanding The Concept Of Indonesian Geographic Conditions Materials At Grade V Elementary SchooL. Jurnal Prima, 10(1), 67–78.

Rokhimah, R., & Darmawanti, I. (2013). Pengaruh Permainan Lasy Terhadap Peningkatan Konsentrasi Pada Anak Autis. Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan, 4(1), 48. https://doi.org/10.26740/jptt.v4n1.p48-55

Sanusi, R., Dianasari, E. L., Khairiyah, K. Y., & Chairudin, R. (2020). Pengembangan Flashcard Berbasis Karakter Hewan Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Anak Tunagrahita Ringan. JPE (Jurnal Pendidikan Edutama), 7(2), 143–152.

Sanusi, R., Surahman, F., & Yeni, H. O. (2020). Pengembangan Buku Ajar Penanganan Dan Terapi Cedera OlahragA. Journal Sport Area, 5, 76–83.

Yolanda, I., & Bahri, S. (2019a). Penerapan Permainan Labirin Untuk Meningkatkan Konsentrasi Pada Anak Adhd (Attention Deficit Hyperactivity Disorder). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 4(3), 40–52.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i2.8543

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Karunia Yulinda Khairiyah, Rahmat Sanusi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id