PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MID (MEANINGFUL INSTRUCTIONAL DESIGN) BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERPEN DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD INPRES GALANGAN KAPAL 2

Chaeriani Ramli, Andi Sukri Syamsuri, Tharman A. Arief

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan Model Pembelajaran MID (Meaningful Instructional Design) Berbantuan Media Gambar Terhadap Keterampilan Menulis Cerpen dan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SD Inpres Galangan Kapal 2. Desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent Control Group Design. Teknik analisis data yaitu analisis deskriptif dan teknik analisis inferensial melalui uji independent sample T-test, dan uji Manova.  Hasil penelitian yang ditemukan adalah keterampilan menulis cerpen siswa dengan menggunakan model MID mendapatkan nilai rata-rata pretest 55,16 dan nilai rata-rata postest 82,20. Hasil uji Independent sample T-test yaitu Thitung  = 3,118 > Ttabel = 2,021 dan nilai sig.  yaitu 0,003 < 0,05. Hasil motivasi belajar siswa menggunakan model MID berbantuan media gambar memperoleh nilai Thitung 8,085 > Ttabel 2,021. Nilai sig. 0,000 < 0,05. Hasil uji manova = 0,000 < 0,05 artinya Ha diterima dan Ho ditolak artinya terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model MID (Meaningful Instructional Design) berbantuan media gambar secara simultan terhadap keterampilan menulis cerpen dan motivasi belajar pada pembelajaran Daring mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas V SD Inpres Galangan Kapal 2.

 

 


Keywords


Model MID, Media Gambar, Cerita Pendek, Motivasi Belajar.

References


Badan Litbang dan Diklat Kementrian Agama RI. (2014).Tafsir Al-Quran Tematik. Jakarta: Pustaka Kamil.

Dayu, D. P. K. (2016). Keefektifan Penggunaan Model MID (Meaningful instruksional Design) Terhadap Keterampilan Menulis Cerita Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 6(02), 200–209.

Depdiknas. (2006). Permendikdas no. 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta : Depdiknas

Hidayah, N., & Hermansyah, F.(2016). Hubungan Antara Motivasi Belajar dan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Bandar Lampung Tahun 2016/2017. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 3(2),1–21.

Kementrian Agama RI.(2012). Al-Qur'an dan Terjemahannya: Juz 29 Surah 68 ayat 1-4. Jakarta : Wali

Mulyati, Y. (2008). Hakikat Keterampilan Berbahasa. Jakarta Universitas terbuka.

Nasutin, S. (2010). Proses Belajar Mengajar, Jakarta : Bumi Aksara

Nelson, R. F. H. Z. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Meaningful Instructional Design dan Self Regulated terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep. 2(3), 211–218.

Shoimin, Aris (2013). 68 model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta.

Subakti, H., Handayani, E. S., Gama, W., & Samarinda, M. (2020). Analisis keterampilan mengajar guru dalam pembelajaran bahasa indonesia daring pada siswa sekolah dasar. 202–210.

Sugiarti, Ln. L. P. Y., Putra, I. K. A., & Abadi, I. . G. S. (2014). Pengaruh model pembelajaran ttw ( think talk write ) berbantuan media gambar berseri terhadap keterampilan menulis Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Gugus 1 Kecamatan Kediri tahun ajaran 2013 / 2014. E-Journal MIMBAR PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 1–10.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Syamsiah, Nur. (2016). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Circuit Learning dan Model Pembelajaran MID (Meaningful Instructional Design) Terhadap Keterampilan Menulis Cerita Ditinjau Dari Kreatifitas Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas 5 SD Negeri Sekecamatan Balerejo: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, Volume 8, Nomor 1.

Uno, Hamzah B. (2012). Teori Motivasi & Pengukurannya. Bumi Aksara. Jakarta.

Zaidan, dkk. (1991). Kamus aIstilah Sastra. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i1.8541

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Chaeriani Ramli

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id