MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA MELALUI IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK

Gusti Ayu Mahayukti, Sariyasa Sariyasa, Ni Luh Cipta Sari

Abstract


Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa, kepercayaan diri siswa, dan mengetahui tanggapan siswa melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe talking stick. Penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama tiga siklus di kelas V A dengan jumlah siswa  26 orang. Tes kemampuan komunikasi matematika dengan tes uraian yang dilaksanakan pada akhir tiap siklus, sedangkan angket untuk mengumpulkan data kepercayaan diri dan tanggapan siswa. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa. Bermula dari 23,46 pada refleksi awal menjadi 76,36 pada siklus III. Begitu pula dengan ketuntasan belajar siswa yang mengalami peningkatan dari 7,69% pada refleksi awal dan terus meningkat menjadi 84,63% pada siklus III. Rata-rata skor kepercayaan diri siswa pada siklus I yang berawal dari 68,15 meningkat menjadi 77,96 pada siklus terakhir, dan tanggapan siswa berada pada kategori positif.  Ini menggambarkan bahwa implementasi model pembelajaran kooperatif tipe talking stick pada siswa SD merupakan solusi alternative untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan kepercayaan diri siswa.

 


Keywords


Model pembelajaran kooperatif tipe talking stick, Kemampuan komunikasi matematis, Kepercayaan diri siswa

References


Anitah, W,S. dkk. (2014). Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Ashim, M., dkk. (2019). Perlunya Komunikasi Matematika dan Mobile Learning Setting Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan 4C di Era Disrupsi. PRISMA 2: 687 – 697. DOI: http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

Ciftci, S K & P Yildiz. (2019). The Effect of Self Confidence on Mathematics Achievement: The MetaAnalysis of Trends in International Mathematics and Science Study. Internasional Journal of Instruction, 12(2), 683 – 694. Doi: 10.29333/iji.2019.12243a.

Cord. (1999). Teaching Mathematics Contextually: The Cornerstone of Tech Prep. Texas: CORD Communication, Inc.

Crawford, M. L. (2001). Teaching contextually: Research, rationale, and techniques for improving students motivation and achievement in mathematics and Science. Texas: CCI Publishing. Tersedia pada: http://www.cord.org/uploadedfiles/Teaching%20Contextually%20(Crawford).pdf

Davtyan, R. (2014). Contextual Learning. ASEE 2014 Zone I Conference University of Bridgeport. Bridgeport.

Depdiknas. (2016). Panduan Pengembangan Silabus Mata Pelajaran Matematika. Jakarta: Dirjen Managemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Diknas.

Dolorosa, M. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick dalam Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar siswa pada Materi Jaringan Hewan. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(4), 292-303. DOI: https://doi.org/10.32585/edudikara.v4i4.172.

Fatimah, E. (2010). Psikologi Perkembangan. Bangung: Pustaka Seci.

Ghufron, MN & R Risnawati.(2016). Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Hadiyanto. (2017). Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Matematika. AdmathEdu, 7(1):9-18.

Hasrudin,F. & Asrul (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran IPA di SD Inpres 16 Kabupaten Sorong. Jurnal Papeda: 2 (2): 94-102.

Jahani, F. & Behzadi, M. H. (2014). Effect of Self-Believe of Students on Educational Progress of Mathematics. Jurnal Mathematics Education Trends and Research:1-8, DOI: http://www.ispacs.com/journals/metr/2014/metr-00057/.

Istiqlal, M., & Hijrihani, C.,P. (2020). Upaya Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Melalui Metode Student Teams Achievement Divisions. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika,4(2): 94-101.

NCTM, (2000). Principles and Standards for School Mathematics. United States: The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.

Permendikbud RI No. 58 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama.

Rangkuti, A., N. (2014). Konstruktivisme dan Pembelajaran Matematika, Jurnal Darul ‘Ilmi, 2(2):61-76.

Rochimah, N. & Suryadi, S. (2018). Pengaruh Motivasi Berprestasi dan Kepercayaan Diri Terhadap Belajar Mandiri Mahasiswa. El-Banar: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 1(1):7-12.

Sumarmo, Utari. 2012. Bahan Belajar Matakuliah Proses Berpikir Matematik.Bandung: STKIP Siliwangi.

Upton, P. (2012). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.

Wahyudin. (2012). Filsafat dan Model-Model Pembelajaran Matematika. Bandung: Mandiri.

Wilson, C. 2014. Creative Confidence Concept Action: Self-Confidence Secrets, First Edition. Lulu Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i4.8539

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Gst Ayu Mahayukti, Sariyasa - -, Ni Luh Cipta Sari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id