PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN TEKA-TEKI SILANG ILMU PENGETAHUAN ALAM BERBASIS WEB UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR

Tisrin Maulina Dewi, Dirneti Dirneti, Fitria Meilina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah media permainan Teka Teki Silang (TTS) IPA berbasis web untuk siswa Sekolah Dasar (SD). Media permainan TTS IPA yang dikembangkan ini berisi soal-soal latihan IPA siswa SD yang dilengkapi dengan akses web agar bisa digunakan oleh siswa selama proses pembelajaran daring di rumah. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menghasilkan sebuah produk berupa media permainan. Penelitian  ini menggunakan desain deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan subjek penelitian meliputi: a) 2 orang ahli materi; b) 2 orang ahli desain; c) 6 orang guru SD dan d) 30 orang siswa SD. Data kualitatif diperoleh dari observasi, wawancara, serta masukan dari validator, untuk data kuantitatif diperoleh dari kuisioner yang diberikan kepada validator dan subjek pengguna. Kuisioner penelitian yang diberikan berisi beberapa pernyataan sesuai dengan produk yang dikembangkan yang terdiri dari kelayakan materi dan kelayakan desain tampilan media. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) hasil validasi dari tim ahli materi dan tim ahli desain secara berturut memperoleh skor 84% dan 86% dengan kategori sangat layak dan (2) hasil respon guru dan respon ujicoba siswa memperoleh skor 84% dengan kategori sangat baik. Hal ini menunjukkan bahwa media permainan TTS IPA berbasis web yang dikembangkan telah layak dan dapat digunakan sebagai alternatif tambahan media ajar dalam proses pembelajaran.

 

 


Keywords


media permainan, TTS, berbasis web

References


Amelia, T dan Nurul, A. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Web pada Mata Kuliah Biologi Sel : Kajian dari Aspek Validitas. Jurnal Pedagogi Hayati 2(1), 22-27.

Arsyad, A. (2016). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Borg, W. R & Gall, M.D. (2005). Educational Research: an Introduction, Fourth Edition. New York: Longman Inc.

Dewi, T.M. (2016). Pengembangan Modul Pencemaran Lingkungan Berbasis Islam Sains untuk Siswa Madrasah Aliyah/MA. Jurnal Pendidikan Biologi, 6(2), 274-278.

Dewi, T.M. (2019). Pengembangan Buku Penuntun Praktikum IPA SD Berbasis Keterampilan Proses Sains pada Mata Kuliah Praktikum IPA SD untuk Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Jurnal Simbiosa 8(1), 28-36.

Dewi, T. M., Nurlaila, Edi. K. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Tema 5 Subtema Ekosistem 1 Komponen Ekosistem Bagi Siswa Kelas V SDN 007 Tebing Karimun. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 9(4), 421-431.

Januarisman, E & Ghufron, A. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam untuk Siswa Kelas VII. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 3(2), 166-182.

Khalilullah, M. (2012). Permainan Teka-Teki Silang sebagai Media dalam Pembelajaran Bahasa Arab (Mufradat). Jurnal Pemikiran Islam 37(1), 15-26.

Kibtiah, M., Nana, H., & Encep, A. (2021). Developing Fun Thinkers Book Learning Media on The Topic of Peristiwa Alam yang Terjadi di Indonesia at Grade V of Elementary School. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(4), 829-835.

Kinanti, L, P & Sudirman. (2017). Analisis Kelayakan Isi Materi dari Komponen Materi Pendukung Pembelajaran dalam Buku Teks Mata Pelajaran Sosiologi Kelas XI SMA Negeri di Kota Bandung. Jurnal Sosietas, 7(1), 341-345.

Kumala, F. N. (2016).Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Malang: Ediide Infografika.

Mahnun, N. (2012). Media Pembelajaran: Pemilihan dan Implementasinya dalam Pembelajaran. An-Nida Jurnal Pemikiran Islam 37(1), 27-34.

Makky, M dan Chatib, O.C. (2016). Pengembangan Metode Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Internet dan Media Sosial. Seminar Nasional Pengembangan Pendidikan Tinggi, 105-111. Padang.

Meiningsih, D., Siti, A., &Yustinus, U.A. (2019). Majalah IT-FLY VA: Alternatif Pilihan Sumber Belajar Biologi. Jurnal Phenomenon, 9(1), 10-20.

Musfiqon. (2012). Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: PT. Prestasi Pustakarya.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Misykat, 3(1), 171-187.

Oktavia, A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Teka-Teki Silang untuk Materi Struktur Bunga dan Fungsinya untuk Siswa Kelas IV SDN Ngrombot Kabupaten Nganjuk. Jurnal Simki Pedagogia 2(8), 1-10.

Satrianingrum, A.P dan Iis.P. (2020). Persepsi Guru Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring di PAUD. Jurnal Obsesi :Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5(1), 633-640.

Sholihah, H.N. (2016). Penggunaan Media Teka-Teki Silang untuk Meningkatkan Kosakata Bahasa Arab Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Nahdatul Ulama’ (Minu) Maudlu’ul Ulum Pandean Malang. Skripsi. http://etheses.uin-malang.ac.id/5423/1/11140038.pdf. Diakses Tanggal 19 Oktober 2020.

Sohrabi, C., Alsafi, Z., O’Neil, N., Khan, M., Kerwan, A., Al-Jabir, A., Aghad,R. (2020). World Health Organization Declares Global Emergency: A Review of the 2019 Novel Coronavirus (Covid-19). International Journal of Surgery.

Sriyanto. (2014). Seri Penyuluhan Bahasa Indonesia: Ejaan. Diakses melalui badanbahasa.kemendikbud.go.id

Sugiyanto. (2011). Karakteristik Anak Usia SD. http://staffnew.uny.ac.id/upload/132319838/pengabdian/Karakteristik+Siswa+SD.pdf. Diakses Tanggal 20 Agustus 2021.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta.

Verawardina, U dan Jama, J. (2018). Philosophy TEVET di Era Derupsi Revolusi Industri 4.0 di Indonesia. Jurnal Filsafat Indonesia 1(3), 104-111.

Wahyudi. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Model Problem Based Learning pada Pokok Bahasan Pencemaran Lingkungan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri Grujugan Bondowoso. Jurnal Pancaran 3(3), 83-92.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v10i6.8537

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 tisrin maulina dewi, dirneti dirneti, fitria meilina

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id