ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP IPA PADA MASA COVID-19 DI SDN KALANGANYAR

Rifdah Ayu Fajri, Fitria Wulandari

Abstract


P

Pembelajaran IPA di sekolah dasar pada hakekatnya pembelajaran yang mengajarkan kepada siswa berupa fakta, konsep, dan teori berkenaan dengan semesta alam. Adanya pandemi Covid-19 menyebabkan penerapan proses pembelajaran IPA harus dilakukan secara daring. kesulitan belajar siswa ini yang merupakan permasalahan penting untuk memahami konsep pembelajaran IPA, hal tersebut guru diharapakan mampu mengetahui dan mengidentifikasi pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman konsep dan faktor-faktor dalam pembelajaran IPA pada materi suhu dan kalor. Penelitian ini dilakukan di SDN Kalanganyar Sedati. Jenis penelitian yaitu penelitian kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah tes, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian analisis pemahaman konsep IPA menunjukkan bahwa 37,5% siswa kurang paham konsep, 50% siswa yang paham konsep, dan 12,5% siswa yang sangat paham konsep dalam pembelajaran IPA. Simpulan penelitian ini banyak siswa yang masih kurang paham konsep IPA dikarenakan proses pembelajaran yang dilakukan secara daring. Sehingga siswa tidak banyak memahami materi yang disampaikan oleh guru.

 

 


Keywords


pemahaman konsep Ipa

References


Aen, R. (2020). Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Siswa SD Menggunakana Media Visual Berupa Media Gambar dalam Pembelajaran IPA. Journal of Elementary Education, 03(3), 3. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/4273

Andriana, E. E. N. (2020). PEMBELAJARAN IPA DI SD PADA MASA COVID 19. Journal of Chemical Information and Modeling, 3(1), 409–413. https://online210.psych.wisc.edu/wp-content/uploads/PSY-210_Unit_Materials/PSY-210_Unit01_Materials/Frost_Blog_2020.pdf%0Ahttps://www.economist.com/special-report/2020/02/06/china-is-making-substantial-investment-in-ports-and-pipelines-worldwide%0Ahttp://

Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289

Ekantini, A., Sunan, U., Yogyakarta, K., & Hayati, N. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran IPA di Masa Pandemi Covid-19: Studi Komparasi Pembelajaran Luring dan Daring pada Mata Pelajaran IPA SMP. E-Learning Yang Efektif. Bali: Jurusan Ilmu Pendidikan …, 5(2), 187–194.

Kumala, F. N. (2016). Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 8, Issue 9).

Kurniati, E., Nur Alfaeni, D. K., & Andriani, F. (2020). Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 241. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.541

Muliani, N. ; W. I. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar. Science and Physics Education Journal (SPEJ), 3(1), 107–144. https://doi.org/10.31539/spej.v2i1.333

Nastuti, R., Lelfita, L., & Elbasthoh, E. (2018). Hubungan Self Efficasy dan Motivasi dengan Pemahaman Konsep IPA Terpadu Siswa Kelas VIII SMP Pertiwi 2 Padang. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 18(3), 595. https://doi.org/10.33087/jiubj.v18i3.492

Prawanti, L. T., & Sumarni, W. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Selama Pandemic Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 286–291.

Rohandi, R. (2017). Teaching and Learning Science: Students’ Perspective. International Journal of Indonesian Education and Teaching, October, 16–31. https://doi.org/10.24071/ijiet.2017.010103

Sa’rla, S. (2021). PENILAIAN KETERAMPILAN PROSES SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING. Jurnal Pendidikan Dasar, 1–14.

Sugiyono. (2016). Memahami Penelitian Kualitatif. ALFABETA CVZ.

Suharsimi, A. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rhineka Cipta.

Suryani, E. (2016). Analisis Pemahaman Konsep Ipa Siswa Sd Menggunakan Two-Tier Test Melalui Pembelajaran Konflik Kognitif. Journal of Primary Education, 5(1), 56–65. https://doi.org/10.15294/jpe.v5i1.12893

Wardhani, P. A. (2015). Efikasi Diri Dan Pemahaman Konsep Ipa Dengan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Sekolah Dasar Negeri Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), 58. https://doi.org/10.21009/jpd.061.06

Widiawati, N. P., Pudjawan, K., & Margunayasa, I. G. (2015). Analisis pemahaman konsep dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas IV SD di gugus II kecamatan banjar. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1), 12–14. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/5847




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i3.8531

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Rifdah Ayu Fajri, FITRIA WULANDARI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id