MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SIKLUS AIR MENGGUNAKAN MODEL INVESTIGATION, INTELLECTUALLY, TOURNAMENT

Radiansyah Radiansyah, Raihanah Sari, Fathul Jannah, Masdiyar Masdiyar

Abstract


Kegiatan pembelajaran peserta didik di sekolah kurang aktif, mereka kesulitan memahami materi, sehingga hasilnya rendah. Pendidik belum menggunakan model pembelajaran yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki aktivitas pendidik, meningkatkan aktivitas serta hasil belajar peserta didik. Salah satu upaya adalah menggunakan kombinasi Model GI, SAVI dan TGT. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN Madang Kabupaten Tabalong Kalimantan Selatan. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 4 pertemuan. Data diperoleh melalui lembar observasi serta tes evaluasi hasil belajar terhadap peserta didik. Analisis data dihitung berdasarkan skala persentase dan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas Pendidik memperoleh skor 40 dengan kriteria sangat baik, aktivitas peserta didik 90% sangat aktif, dan Hasil belajar peserta didik 100% tuntas. Kesimpulannya pembelajaran efektif. Aktivitas pendidik sangat baik, aktivitas peserta didik meningkat, dan hasil belajar materi siklus air tuntas.

 

 


Keywords


Aktivitas Belajar, Hasil Belajar Peserta didik, GI, SAVI dan TGT

References


Asih, J. (2017). Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Siswa Kelas VI SD Negeri 002 Teluk Nilap Kubu Babussalam. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 1(2), 174–180. https://doi.org/10.33578/pjr.v1i2.4585

Candra, & Retnawati, H. (2020). A Meta-Analysis of Constructivism Learning Implementation towards the Learning Outcomes on Civic Education Lesson. International Journal of Instruction, 13(2), 835–846. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13256a

Daryanto. (2013). Inovasi Pembelajaran Efektif. Bandung: Yrama Widya.

Hamalik. (2014). Manajemen Pengembagan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosda.

Hariati. (2020). Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Tema Daerah Tempat Tinggalku Muatan IPA Melalui Kombinasi Model Group Investigation (GI), Numbered Head Together (NHT), Dan Talking Stick Pada Siswa Kelas IV SDN Banyu Hirang. Universitas Lambung Mangkurat.

Hidayat, A., Jannah, F., & Udzma, N. (2021). Implementasi Model Bahimat Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Muatan PKN. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 11(2), 31–38.

Jannah, F. (2015a). Implementasi Model Pembelajaran Kontekstual Dalam Meningkatkan Kualitas Proses Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional PS2DM UNLAM, 1(2), 19–24.

Jannah, F. (2015b). Inovasi Pendidikan Dalam Rangka Peningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Penelitian Tindakan Kelas. Prosiding Seminar Nasional PS2DMP UNLAM, 1(1), 27–32.

Jannah, F., Fahlevi, R., & Herdawati, L. (2019). Pemahaman Guru Sekolah Dasar Negeri Hujan Amas 2 Terhadap Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Inovasi Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional PS2DMP ULM, 5(2), 63–68.

Jannah, F., Karnalim, O., Permadi, A., Murad, D. F., Aditya, B. R., & Nurhas, I. (2022). Pelatihan Desain Kuis HOTS Interaktif Dengan Aplikasi KAHOOT dan QUIZIZZ di Masa Pandemi: Studi Kasus Guru Sekolah Dasar Gugus Pangeran Antasari Kota Banjarbaru. JCES (Journal of Character Education Society), 5(1), 243–251.

Miaz, Y. (2015). Improvement Of Social Studies Learning Result By Group Investigation Type (Gi) Of The Cooperative Learning Model On Elementary School In Padang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar: Inovasi Pembelajaran Berbasis Riset Di Sekolah Dasar, 329–338.

Munirah, H. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Pembentukan Tanah dan Jenis-Jenis Tanah Menggunakan Kombinasi Model Group Investigation (GI), Number Head Together (NHT), dan Teams Games Tournament (TGT) Pada Siswa Kelas V SDN Berangas Barat 2 Barito Kuala. Universitas Lambung Mangkurat.

Prastitasari, H., Sa’dijah, C., & Aji, S. M. W. (2021). Diagnosis Kesulitan Berhitung Pada Anak Kelas Rendah. E-CHIEF Journal, 1(2), 9–17.

Purwanti, R., Talia, Y. N., Aslamiah, & Meliha. (2019). Implementasi Model Problem Solving, Somatic, Auditory, Visualization And Intellectually (SAVI) Dan Course Review Horay (CRH) Untuk Meningkatkan Aktivitas Siswa Kelas VA Di SDN Pasar Lama 1 Banjarmasin. Prosiding Seminar Nasional PS2DMP ULM, 5(1), 127–138.

Radiansyah, Sari, R., Jannah, F., Kurniawan, W., Aisyah, S., & Wardini, S. (2022). Implementation Of HOTS Learning Based On Environmental Approach In Elementary School in Banjar District. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 9(1), 1–6.

Rahmi, N. H. (2020). Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Muatan IPA Materi Pengaruh Kalor Terhadap Perubahan Suhu Dan Wujud Benda Menggunakan Kombinasi Model Inkuiri Terbimbing, Team Assisted Individually (TAI) Dan Teams Games Tournament (TGT) Pada Peserta didik Ke [Universitas Lambung Mangkurat]. http://repositorio.unan.edu.ni/2986/1/5624.pdf

Sanjaya, W. (2014). Media Komunikasi, Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Sarnoko, Ruminiati, & Setyosari, P. (2016). Penerapan Pendekatan SAVI Berbantuan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN I Sanan Girimarto Wonogiri. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(7), 1235–1241. https://doi.org/10.17977/jp.v1i7.6524

Shoimin, A. (2014). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Suriansyah, A. (2014). Strategi Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Suriansyah, A., Aslamiah, & Sulistiyana. (2015). Perspektif Pendidik Profesional. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Susanto, A. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media Group.

Trianto. (2007). Model Pembelajaran Terpadu Dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi P.

Whardani, I. G. A. ., & Kuswaya, W. (2008). Penelitian Tindakan Kelas (U. Jakarta: Terbuka (ed.)).

Yazida, A. N. (2022). Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas V Materi IPA Cahaya dan Sifat-Sifatnya Menggunakan Kombinasi Model Group Investigation (GI), Number Head Together (NHT), Dan Scrambel Di SDN Awang Bangkal Barat. Universitas Lambung Mangkurat.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i1.8518

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Radiansyah Radiansyah, Masdiyarti Masdiyarti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id