UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE PADA TEMA PRAJA MUDA KARANA DI KELAS III SD SWASTA ADVENT TIMBANG DELI

Mia Emlisa Sembiring, Ester Julinda Simarmata, Darinda Sofia Tanjung

Abstract


Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik. Pada pretes diperoleh bahwa nilai rata-rata 52,66% dan tingkat ketuntasan secara klasikal sebesar 23,3%. Pada siklus I mengalami peningkatan setelah menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dengan nilai rata-rata 71,16 dan tingkat ketuntasan secara klasikal sebesar 43,3%. Dan setelah tindakan yang dilakukan dan diberikan postes siklus II maka diperoleh sebanyak 22 siswa yang tuntas hasil belajarnya dan 8 orang siswa yang tidak tuntas dengan nilai rata-rata postes siklus II meningkat meningkat menjadi 81,33 dan tingkat ketuntasan klasikal mencapai 73,33%. Dari hasil yang diperoleh dan disimpulkan bahwa model Kooperatif Tipe Think Pair Shar) dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas III SD Swasta Advent Timbang Deli Tahun Pembelajaran 2020/2021. Berdasarkan hasil penelitian, maka guru disarankan untuk menggunakan model Kooperatif Tipe Think Pair Share karena terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

 

 


Keywords


Hasil Belajar, Media Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share

References


Arikunto. (2017). penelitian tindakan kelas (2017th ed.). PT bumi Aksara.

Arikunto. (2018). Prosedur Penelitian (14th ed.). PT Rineka Cipta.

Arikunto, S., & Dkk. (2017). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Badar. (2014). mendesain model pembelajaran inovatif, progresi dan kontestual (2nd ed.). Kencana.

Jihad, A., & Haris, A. (2014). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Jihad, & Haris. (2020). evaluasi pembelajaran (3rd ed.). multi pressindo.

Marta, F., Simorangkir, A., & Tanjung, D. S. (2019). Pendekatan Multiple Intelligences Berbasis Budaya. 7(4), 302–304.

Murtadio, & Aqib. (2002). Kumpulan Metode (2nd ed.). Cv yrama widya.

Purwanto. (2017). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rusman. (2015). Pembelajaran Tematik Terpadu (1st ed.). Raja Gravindo.

Sihombing, S., Sipayung, R., & Tanjung, D. S. (2020). Pengaruh Perhatian Orangtua Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas Iv Sd Negeri 097350 Parbutaran Simalungun. School Education Journal Pgsd Fip Unimed, 10(4), 314–322. https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v10i4.20936

Simarmata, E. (2016). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBELL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD KARTIKA I-1. 1–6.

Simarmata E. (2011). Dosen Universitas Katolik St. Thomas Medan. 1–6.

Simorangkir, F. M. A., & Tanjung, D. S. (2019a). ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK DENGAN PENDEKATAN MULTIPLE INTELLIGENCESBERBASIS BUDAYA BATAK ANGKOLA UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Jurnal Education and Development, 7(4), 302–304.

Simorangkir, F. M. A., & Tanjung, D. S. (2019b). Implementation of Multiple Intelligences Approach Based On Batak Angkola Culture in Learning Thematic For Class IV SD Negeri 100620 Pargarutan Julu South Tapanuli District. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 2(4), 547–551. https://doi.org/10.33258/birle.v2i4.538

Sudjana. (2016). Penelitian Hasil proses belajar mengajar. pt remaja rosdakarya.

Tampubolon. (2014a). Penelitian Tindakan Kelas.

Tampubolon, S. (2014b). Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Pendidik Dan Keilmuan. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Tanjung, D. (2016). meningkatkan hasil belajar IPS siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe time gemes tournament (TGT) di kelas V SDN 200111 Padang sidempuan. IV.

Trianto. (2016). mendesain model pembelajaran inovatif-progreid.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i1.8517

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Mia Emlisa Sembiring, Ester Julinda Simarmata, Darinda Sofia Tanjung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id