PENGARUH MODEL CTL (PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCE TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS V SDN SEPATHI PURWOREJO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching And Learning) Berbasis Mi (Multiple Intelligence) Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas V SD Negeri Sepathi Purworejo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif pre eksperimental one group pretest posttest desain dengan populasi dan sampel 21 siswa kelas V SD yang terdiri dari 7 siswa laki-laki, dan 14 siswa perempuan. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan Instrumen test pilihan ganda yang terdiri dari 14 butir soal dan lembar observasi kemudian diolah menggunakan program SPSS 22 dengan analisis uji statistic non parametrik dengan menggunakan uji wilcoxon yang menunjukan nilai Asymp. Sig 2- tailed sebesar 0,001, yang berarti Ha diterima sehingga disimpulkan bahwa penerapan Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching And Learning) Berbasis MI (Multiple Intelligence) memiliki pengaruh terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas V SD Negeri Sepathi Purworejo.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ansori, Lalu Irwan ; Jaelani, Abdul Kadir ; Affandi, L. H. (2020). Pengaruh Model Contextual Teaching And Learning. 1, 33–41.
Amstrong, Michael. 2010. Armstrong’s handbook of Human Resorce Management Practice 11th edition. United Kingdom: Kogan Page Limited.
Cholid, N. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran. Cv Presisi Cipta Media.
Desstya, A. (2015). Keterampilan Proses Sains Dan Pembelajaran Ipa Di Sekolah Dasar. 2(2), 95–102.
Hanafi. (2016). Pemilihan Profesi Berdasarkan Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligence). Saintifika Islamica: Jurnal Kajian Keislaman, 3(1), 1–21.
Haryanto, P. C., & Arty, I. S. (2019). The Application Of Contextual Teaching And Learning In Natural Science To Improve Student’s Hots And Self-Efficacy. Journal Of Physics: Conference Series, 1233(1). Https://Doi.Org/10.1088/1742-6596/1233/1/012106
Hikmah, J. (2017). Proses Penelitian, Masalah, Variabel Dan Paradigma Penelitian Nikmatur Ridha. 14(1), 62–70.
Kurniawan, D. A. (2020). Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Materi Datar. 2015, 1013–1019.
Lotulung, C. F., Ibrahim, N., & Tumurang, H. (2018). Effectiveness Of Learning Method Contextual Teaching Learning (Ctl) For Increasing Learning Outcomes Of Entrepreneurship Education. Turkish Online Journal Of Educational Technology - Tojet, 17(3), 37–46.
Muali, C. (2016). Konstruksi Strategi Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences Sebagai Upaya Pemecahan Masalah Belajar. Jurnal Pedagogik, 3(2), 1–12.
Putri, U. S. (2019). Pendidikan Sains Untuk Anak Usia Dini. Upi Sumedang Press.
Rasidi, Istiningsih, G., & Pinilih, S. S. (2020). Mitigasi Sampah Plastik Sebagai Peningkatan Kesadaran Lingkungan Pada Sekolah Dasar Di Kecamatan Mertoyudan. The 12th University Research Colloqium 2020, 1–13.
Sanchez-Franco, M. J. (2009). The Moderating Effects of Involvement on the Relationships Between Satisfaction, Trust and Commitment in ebanking. Journal of Interactive Marketing 23, 247-258.
Watts, Ross L. dan Jerold L. Zimmerman (1986). Positive Accounting Theory. USA: Prentice-Hall.
DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i1.8505
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 elvina zulaikhah elvina zulaikhah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
____________________________________________________________
Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id