PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEBERMAKNAAN BELAJAR PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR

Evi Nurhayati, Aris Fauzan

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk  mengetahui model project based learning dalam meningkatkan kebermaknaan belajar pada pembelajaran jarak jauh PAI sub Pelajaran “Mari Ikhlas Beramal” di SDN Pereng dan SDN 2 Cucukan, Prambanan 2021.Variabel yang menjadi sasaran perubahan adalah kebermaknaan belajar yang dilihat dari peningkatan penguasaan konsep, aktivitas belajar, respon peserta didik dan kemampuan berfikir kritis peserta didik  dengan model project based learning. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus yang terdiri dari dua siklus. Sebagai subjek penelitian adalah peserta didik kelas V SDN Pereng yang berjumlah 18 peserta didik dan peserta didik kelas V yang berjumlah 25. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi aktivitas belajar dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model analisis kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan Kebermaknaan belajar pada peserta didik kelas V Sub Pelajaran “Mari Ikhlas Beramal” setelah dilaksanakan tindakan kelas dengan penggunaan model project based learning.

 


Keywords


project based learning, meaningful learning, pembelajaran Jarak Jauh.

References


Amiruddin Amiruddin ,Nurdin Nurdin , and Moh. Ali (2021) Islamic Education Teacher Communication Strategy in Increasing Students 'Learning Interest Islamic Education Department, Postgraduate, Institut Agama Islam Negeri Palu. International Journal of Contemporary Islamic Education Vol. 3 No. 1 Tahun 2021 e-ISSN: 2715-4572 p-ISSN: 2716-1439

I Wayan Eka Santika (2020) “ Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Daring” IVCEJ, Vol 3 No 1, Indonesian Values and Character Education Journal p-ISSN: 2615-4684 e-ISSN: 2615-6938

Mawardi, Naniek Sulistya Wardani, Agustina Tyas Asri Hardini, Firosalia Kristin mawardi (2019) “ Model Desain Pembelajaran Tematik Terpadu Kontekstual Untuk Meningkatkan Kebermaknaan Belajar Siswa SD” Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 9 No. 1, 48-61 49

Mimi Hariyani, Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Menggunakan Modul Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa PGMI Pada Mata Kuliah Evaluasi Pembelajaran MI/SD, (Pekanbaru: CV Mulia Indah Kemala, 2014).

Nur Rohmah (2013) “Belajar Bermakna Ausubel” Al-Khwarizmi, Vol.I. Issues And Challenges In Teaching And Learning: An Analysis Of Islamic Education Novice Teachers’ Practices

Park, C. L., Edmondson, D., & Hale-Smith, A. (2013). Why religion? Meaning as motivation. In K. I. Pargament, J. J. Exline, & J. W. Jones (Eds.), APA handbook of psychology, religion, and spirituality (Vol. 1): Context, theory, and research (pp. 157–171). American Psychological Association

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 4 Tahun 2020, tentang Pelaksanaan Belajar di rumah

Syaiful Islam, Hasan Baharun , Chusnul Muali , Moh. Idil Ghufron, Mushfi el Iq Bali, Mualim Wijaya and Ismail Marzuki (2018) “To Boost Students' Motivation and Achievement through Blended Learning English Department, Nurul Jadid University, Probolinggo, Indonesia” Journal of Physics: Conf. Series 1114 (2018) 012046 doi :10.1088/1742-6596/1114/1/012046 2

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian: suatu pendekatan praktek. (Jakarta: Rineka Cipta, 2002)

Tabrani. ZA1 and Masbur (2015) ISLAMIC PERSPECTIVES ON THE EXISTENCE OF SOUL AND ITS INFLUENCE IN HUMAN LEARNING (A Philosophical Analysis of the Classical and Modern Learning Theories) Jurnal Edukasi Vol 1, Nomor 2

Tarmidzi (2018) Belajar Bermakna(Meaningful Learning) Ausubel Menggunakan Model Pembelajaran dan Evaluasi Peta Konsep (Concept Mapping) Untuk Meningkatkan kemampuan Pemahaman Konsep Mahasiswa Calon Guru,”Caruban, Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar1, No.2.

Tedi Priatna (2018) “ Inovasi Pembelajaran PAI di Sekolah pada masa Era Disruptive Innovation” Jurnal Al-Tatsqif P ISSN: 2503-4510 Volume 16, No.1

Tengku Sarina Aini Tengku Kasim, Fatimah Sahida Abdurajak (2018)

Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003, Sistem Pendidikan Nasional, (Jakarta: 2003)

Warsono dan Haryanto “Pembelajaran Aktif, Teori dan Assesmen” (Bandung, Remaja, Rosdakarya,2012)

Wirawan, Evaluasi teori, Model, Metodologi, Standar, Aplikasi dan Profesi, (Jakarta: Rajawali pers, 2016)

Kuen-Yi Lin, Ying-Tien Wu, Yi-Ting Hsu dan P. John Williams (2021)” Open Access Effects of infusing the engineering design process into STEM project-based learning to develop preservice technology teachers’ engineering design thinking” Jurnal Internasional Pendidikan STEM.

M. Mukunda Vani1, Yasser Mirza Baig, Caroline Wesley, Syed Rashid Iqbal (2021) Sustainable Project-Based Learning: A More Practical Approach, Journal of Engineering Education Transformations, Volume 34, issue, eISSN 2394-1707 718

Hema Mahajan, Santosh Madeva Naik, Dr.Sreeramulu M, Ch Kannaiah , Syed Majeedullah (2021) “Impact of Project-Based Learning for Improving Students Skills by Incorporating Design Thinking Process” Journal of Engineering Education Transformations, Volume 34, January 2021, Special issue, eISSN 2394-1707 243

Gustavo Zurita, Beatriz Hasbun, Nelson Baloian, Oscar Jerez (2015) “A Blended Learning Environment for enhancing Meaningful Learning using 21st Century Skills” Emerging Issues in Smart Learning, Lecture Notes in Educational Technology, DOI 10.1007 / 978-3-662-44188-6_1




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v10i6.8498

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id