PENGGUNAAN WIKIPEDIA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DARING FIKIH MATERI PUASA RAMADHAN MI AL-IKHLASH SURABAYA

Weni Marina, W N Istiqomah, Mokhamad Syaifudin

Abstract


Pada pembelajaran semasa daring adalah persiapan pembelajaran yang dilakukan di rumah. Kebijakan pembelajaran daring telah ditetapkan oleh menteri pendidikan untuk mengurangi penyebaran Covid-19. MI Al-Ikhlash Surabaya menjalankan pembelajaran sesuai kebijakan selama pandemi melalui teknologi informasi. Pembelajaran yang diterapkan dari kelas bawah hingga atas tidak lepas dari internet berbasis web dan media mobile learning. Dengan adanya media pembelajaran berbasis internet, seluruh siswa MI Al-Ikhlash Surabaya menyesuaikan dan dapat mengikuti pembelajaran daring. Saat pembelajaran pondok ramadhan, salah satu tindakan guru agama untuk memberikan materi puasa ramadhan memberikan salah satu pembelajaran berbasis web adalah Wikipedia. Maka peneliti membahas mengenai bagaimana keberhasilan keimplementasian dari Wikipedia dalam pembelajaran pondok romadhon selama daring di MI Al-Ikhlash Surabaya. Jenis penelitian yang diterapkan untuk penelitian ini adalah jenis kualitatif. Teknik pengambilan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah Wikipedia dapat digunakan sebagai sumber belajar selama pembelajaran daring. Yaitu bisa diterapkan dengan bentuk ringkasan dari sumber Wikipedia bersifat potensi gratis. Kelebihan Wikipedia pada penelitian ini adalah menjadi bahan bacaan dan membentuk karakter literasi siswa. Sedangkan kekurangan Wikipedia pada penelitian ini adalah kurangnya minat baca kepada siswa, terkendalanya jaringan kurang menarik untuk siswa karena guru memantau dari jarak jauh.

 


Keywords


wikipedia; pondok ramadhan; pembelajaran daring; fiqh

References


Albi A, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. CV Jejak.

Ansharullah, R. A., & Wibawanto, H. (2015). Pengembangan Ensiklopedi Elektronika Berbasis Wiki. Jurnal Teknik Elektro Unnes, 7(2), 71–75. https://doi.org/10.15294/jte.v7i2.8589

Djajalaksana, Y. M., & Gantini, T. (2009). Pemanfaatan aplikasi. Seminar, 2009(Snati), A-9. http://journal.uii.ac.id/index.php/Snati/article/viewFile/944/917

Hakim, N. ‘Azimah dan R. (2020). Eksplorasi Pembelajaran M-learning Fiqh pada Masa Pandemi di UIN Sunan Ampel Surabaya. Journal.Uinsgd.Ac.Id, 5(10, 2020), 255. http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/atthulab/article/view/9349

Hendri. (2014). PEMANFAATAN ELEARNING DENGAN APLIKASI WEB 2.0 SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN PADA PERGURUAN TINGGI DI INDONESIA. Jurnal Ilmiah Media Processor, 9(2), 150–156.

Mahfud S., P. G. A. (2021). Analisis Data Penelitian. CV Andi Ofset.

Miles, M. B. dan A. H. (2007). Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. Universitas Indonesia.

Roosdiono, A. and M. (2013). Pembuatan Wiki Legenda Indonesia dengan menggunakan CMS Mediawiki. Teknik Pomits, 2(1), 132–136.

Sari, H. C. K. (2020). Analisis Terjemahan Profil Perusahaan Asing di Wikipedia Indonesia. Kredo, 4, 187.

Sarwono, S. W. (2003). Pengantar Umum Psikologi (S. Wirawan (ed.)). Bulan Bintang.

Sukmadinata, N. S. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Remajarosdakarya.

Syafrita, E. (2018). Persepsi Dosen dan Mahasiswa Program Studi Informasi Perpustakaan Dan Kearsipan Terhadap Wikipedia Sebagai Sumber Informasi Digital. September, 99–103.

Tanzeh, A. (2011). Metodologi Penelitian Praktis. Teras.

Wicaksono, S. R. (2012). Kajian Pembelajaran Online Berbasis Wiki Di Lingkup Perguruan Tinggi. Journal of Education and Learning, 6(1), 51–58.

Wikipedia: kategori, daftar dan teplat navigasi. (2021). In https://id.wikipedia.org/wiki/Wikipedia:Kategori,_daftar,_dan_templat_navigasi.

Zahiroh, N. (2018). TANTANGAN MENGAJAR PELAJARAN FIQIH MATERI KHITAN PADA JENJANG SEKOLAH DASAR MI THORIQOTUS SA’ADAH KABUPATEN MALANGNo Title. Pendidikan Agama Islam, 15, 246.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i2.8472

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 WENI MARINA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id