PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL BERBANTUAN GOOGLE DRIVE PADA PEMBELAJARAN TEMATIK

Fadilah Azzahra, Damanhuri Damanhuri, Reksa Adya Pribadi, Muhammad Taufik

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dari media pembelajaran berupa audio visual sebagai alat penunjang belajar peserta didik terutama pada pembelajaran tematik serta tanggapan peserta didik terhadap media yang dikembangkan oleh peneliti. Metode penelitian yang digunakan yaitu  Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4D (Four-D) yang terdiri atas define, design, develop, dan disseminate. Hasil penelitian menunjukkan kelayakan dari media audio visual berdasarkan penilaian guru, ahli media, dan ahli materi. Skor yang diperoleh masing-masing sebesar 87.5% penilaian guru, ahli media memperoleh skor rata-rata skor 92.3% dan ahli materi rata-rata sebesar 79.2%. Kemudian tanggapan peserta didik terhadap media yang digunakan dalam proses pembelajaran mencapai skor rata-rata sebesar 96.9%. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penelitian ini menghasilkan produk media audio visual berupa video pembelajaran dengan bantuan Google Drive pada pembelajaran tematik kelas V Sekolah Dasar. Hasil validasi guru dan ahli media mencapai kategori “Sangat Layak”, sedangkan ahli materi termasuk dalam kategori “Layak”. Penilaian tanggapan peserta didik termasuk dalam kategori “Sangat Baik”. Sehingga produk dikatakan layak untuk digunakan sebagai media dalam proses pembelajaran.

 

 


Keywords


Media Pembelajaran Audio Visual, Pembelajaran Tematik

References


Dewi, A. H. (2020). Pemanfaatan Google Drive Sebagai Media Pembelajaran iLearning Pada Perguruan Tinggi Raharja. Jurnal Voice Of Informatics, 4, 11–22.

Hikmah N. (2017). Pengembangan Multimedia (Audiovisual) Pembelajaran Matematika Pada Materi Bangun Ruang Bagi Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pendas Mahakam, 22, 83–90.

Nunuk, D. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya.

Resnani. (2014). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas VC SDIT Generasi Rabbani Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 12, 9–14.

Riduwan. (2013). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru Karyawan dan Peneliti pemula.

Analisis Data Covid-19 Indonesia Update Per 31 Oktober 2020, (2020).

Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D.

Thiagarajan, S. (1974). Instructional Development For Training Teachers Of Exeptional Children.

Trilaksono, A.R., dkk. (2018). Penggunaan Google Drive Sebagai Media Penyimpanan di Kalangan Mahasiswa. Jurnal Digital Teknologi Informasi.1: 91-97. Jurnal Digital Teknologi Informasi, 1, 91–97.

Wahidmurni. (2017). Metodologi Pembelajaran IPS (Pengembangan Standar Proses Pembelajaran IPS Di Sekolah/Madrasah).

Yusup M, dkk. (2016). Media Audio Visual Menggunakan Videoscribe Sebagai Penyajian Informasi Pembelajaran Pada Kelas Sistem Operasi. Technomedia Journal (TMJ), 1, 126–138.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v10i6.8463

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Fadilah Azzahra, Damanhuri Damanhuri, Reksa Adya Pribadi, Muhammad Taufik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id