PERAN ORANG TUA DALAM PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN SOSIAL ANAK: STUDI KASUS DI DESA SITIREJO KECAMATAN TAMBAKROMO KABUPATEN PATI

Putri Mulyani, Imaniar Purbasari, Santoso santoso

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua dalam pembentukan kepribadian sosial anak, dengan rumusan masalah peran orang tua dapat berpengaruh terhadap pembentuan kepribadian sosial anak dan faktor – faktor pembentuk kepribadian sosial anak di Desa Sitirejo Kecamatan Tambakromo kabupaten Pati.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif sebagai tahapan dalam melakukan penelitian. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yang meliputi tahap observasi, wawancara mendalam, dokumentasi, dan pencatatan. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran orang tua, memberikan pengaruh keberagaman kepribadian anak di Desa Sitirejo Kecamatan Tambakromo. Keberagaman kpribadaian yang dimiliki anak di pengaruhi oleh peran orang tua. Meskipun peran yang dilakukan orang tua sama, akan tetapi sikap dalam melakukan perannya tiap orang tua berbeda-beda. Hal tersebutlah yang memberikan pengaruh berbeda-beda dalam kepribadian anak. Faktor- faktor pembentuk kepribadian anak menunjukan bahwa kepribadian anak di pengaruhi dua faktor. faktor internal dan Faktor ekternal. Menurut analisis peneliti terdapat dua dari sepuluh anak yang kepribadiannya dipengaruhi oleh faktor internal  dan delapan dari sepuluh anak kepribadiannya dipengaruhi oleh faktor eksternal.

 

Keywords


Interaksi Sosial, Kepribadian, Peran Orang Tua.

References


Achmad, Munib. (2011). Pengantar Ilmu Pendidikan: UPT MKU UNNES.

Akmal Hawi, Kompeensi Guru PAI, (Palembang: IAIN Raden Fress, 2010), hlm. 126.

Alwisol. (2007). Psikologi Kepribadian. Malang: UMM Press

Anisah, A.S. (2011). Pola Asuh Orang Tua Dan Implikasinya Terhadap Pembentukan Karakter Anak. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 5(1), 70-84.

Atmaja, A. T., & Margunani, M. (2016). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Aktivitas Wirausaha terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Universitas Negeri Semarang. Economic Education Analysis Journal, 5(3), 774-774.

Cristiany, C. (2014). Konsep Diri, Pola Asuh Orang Tua Demokratis dan Kompetensi Sosial Siswa. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 3(01), 9-21.

Djamarah, Syaiful Bahri. (2014). Pola Asuh Orang Tua dan komunikasi dalam Keluarga: Upaya Membangun citra Membentuk Pribadi Anak. Jakarta: Rineka Cipta. Jurnal Kreatif Februari 2017.

Hidjanto, D., & Andi, F. (2011). Dasar-dasar penyiaran, Jakarta: Prenada Media Group.

Epstein, J. (2001). School, Family, and Community Partnerships: Preparing Educators and Improving Schools. Boulder, CO: West view Press.

Framanta, M. G. (2020). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Kepribadian Anak. Jurnal Pendidikan Dan Konseling. 2(1). 126-129.

Gunarsa, Singgih. D. (2009). Psikologi Perkembangan. Gunung Mulia. Jakarta.

Harjanto, B. (2011). Merangsang & Melejitkan Minat Baca Anak Anda. Yogyakarta: Manika Books.

Levine, M.P. & Smolak, L. (2002). Body Image Development in Adolescence. Dalam T.F. Cash & T. Pruzinsky (Penyunting), Body Image : A Handbook.

Mardiyah. (2017). Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Agama Terhadap Pembentukan Kepribadian Anak. Jurnal Kependiddikan. 3 (2) halaman: 109-122.

Martinah, Witri. (2018). Peran Orang Tua Dalam Membentuk Kepribadian Anak Di Rumah Pada Murid Sdn 06 Pal 100 Bermani Ulu Raya Kab. Rejang Lebong. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 5(1), 58-79.

Masni, Harbeng. (2017). Peran Pola Asuh Demokratis Orangtua Terhadap Pengembangan Potensi Diri Dan Kreativitas Siswa. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi. 17 (1).

Megawangi, Ratna. (2003). Pendidikan Karakter Untuk Membangun Masyarakat Madani. IPPK Indonesia Herritage Foundation.

Mowen, J.C., dan Minor, M.S. (1998). Consumer Behavior and Marketing Strategy. New York : Mc Graw-Hill Companies.

Suarsini, Desy. (2013). Pola Asuh Orang Tua, Artikel (online)(http;//desysuar.blogspot .com, diakses 10 Desember 2013)

Purwa Atmaja, Psikologi Kepribadian Dengan Perspektif Baru, (Jokjakarta: Ar-Ruzz Media, 2014), h. 81-83.

Qurrotu, Ayun. (2017). Pola Asuh Orang Tua Dan Metode Pengasuhan Dalam Membentuk Kepribadian Anak. Iain Salatiga. Vol 05.

Rosidi, Hamim. Hand out Psikologi Kepribadian II. Surabaya: IAIN Sunan Ampel.

Samsudin. (2019). Pentingnya Peran Orang Tua Dalam Membentuk Kepribadian Anak. Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme, 1(2), 50-61.

Schiffman, L.G., & Kanuk, L.L. (2010). Consumer Behaviour (10th ed). New Jersey, Pearson Prentice Hall.

Sjarkawi. (2006). Pembentukan Kepribadian Anak. PT Bumi Aksara.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuntitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumadi Suryabrata. (2001). Psikologi Kepribadian. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Uyoh Sadullah. (2010). Pedagogik (Ilmu Mendidik). Bandung: Alfabeta.

Usman, Rianse & Abdi. (2009). Metodologi Penelitian Sosial dan Ekonomi. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i3.8461

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 putri Mulyani, Imaniar Purbasari, Santoso santoso

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id