HUBUNGAN ANTARA KETERAMPILAN MENYIMAK INFORMASI DENGAN BERBICARA MENYAMPAIKAN KESIMPULAN INFORMASI PADA SISWA KELAS III SDN 20 BANYUASIN III

Youhana Lorenza, Hetilaniar Hetilaniar, Adrianus Dedy

Abstract


Keterampilan Berbahasa terdiri 2 (dua) yaitu keterampilan berbahasa tulis dan lisan. Siswa memiliki keterampilan menyimak yang baik, menandakan daya pikirnya meningkat dan membuat keterampilan berbicara yang ia miliki baik sehingga proses pada kegiatan belajar mengajar menjadi aktif dan tujuan pembelajaran dapat tercapai. Namun kenyataannya proses pembelajaran yang terjadi pada situasi dalam masa pandemi ini membuat keterampilan siswa kurang baik karena siswa dituntut secara mandiri untuk memahami materi ataupun tugas yang diberikan untuk dikerjakan secara mandiri di rumah. Artinya adalah keterampilan menyimak dan berbicara siswa kurang dilatih. Berdasarkan hal tersebut maka permasalahan yang terdapat dalam penelitian ini yaitu adakah hubungan antara keterampilan menyimak informasi dengan berbicara menyampaikan kesimpulan informasi pada siswa kelas III SDN 20 Banyuasin III. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara keterampilan menyimak informasi dengan berbicara menyampaikan kesimpulan informasi pada siswa kelas III SDN 20 Banyuasin III. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode jenis korelasional dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Keterampilan menyimak informasi dengan berbicara menyampaikan kesimpulan informasi pada siswa kelas III SDN 20 Banyuasin III memiliki hubungan yang kuat. Hal ini terlihat dari data yang diperoleh peneliti dengan menganalisis data melalui rumus korelasi product moment dari Pearson secara manual rhitung= 0,894.

 


Keywords


Keterampilan Menyimak, Berbicara Menyampaikan Informasi

References


Akmal, F. (2020, Juli 14). Hubungan Antara Keterampilan Menyimak Dengan Keterampilan Berbicara Terhadap Peserta Didik Kelas I Di MIN 9 Bandar Lampung. Diambil kembali dari repository: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11170

Darmadi, H. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Alfabeta.

Gilbert, L. B. (2019). Seni Berbicara Kepada Siapa Saja, Kapan Saja, Dimana Saja. Jakarta: PT Gramedia.

Hetilaniar. (2018). Membentuk Karakter Peserta Didik Dengan Mendongeng. Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang, 2.

Hidayatullah, F., Erief, E., & Rasyid, Y. (2018). Korelasi Keterampilan Menyimak Berita Dengan Keterampilan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP NEGERI 2 BATUSANGKAR. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Ismawati, E. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: Ombak.

Mulyati, Y., & Cahyati, I. (2018). Keterampilan Berbahasa Indonesia SD. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.

Nindriani. (2019, September 25). Hubungan Kemampuan Membaca Nyaring Dengan Kemampuan Berbicara Peserta Didik Kelas III SD Negeri 3 Kalirejo Kab. Lampung Tengah. Diambil kembali dari Repository UIN Raden Intan: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/7892

Nurjamal, D., Warta sumirat, & Riadi Darwis. (2019). Terampil Berbahasa. Bandung: Alafabeta.

Santosa, P. (2008). Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukma, A., Bukhari, & Said Darnius. (2017). Hubungan Kemampuan Menyimak Dengan Kemampuan Berbicara Pada Siswa Kelas III SD Negeri 26 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2.

Sukmadinata, N. S. (2017). Metodo Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tantawi, I. (2020). Bahasa Indonesia Akademik (Strategi Meneliti dan Menulis). Jakarta: Pramedia Group.

Tarigan, G. H. (2015). Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tohardi, A. (2019). Buku Ajar Pengantar Metodologi Penelitian Sosial + Plus. Tanjungpura: Tanjungpura University Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i1.8454

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Youhana Lorenza

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id