ANALISIS PERAN GURU DALAM PEMBELAJARAN DARING SBDP DI KELAS RENDAH SEKOLAH DASAR

Rosiana Agustina, Irna Khaleda, Luthfi Hamdani Maula

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam pembelajarean SBdP dengan sistem daring di kelas III-B SDN 1 Nagrak Kabupaten Sukabumi. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif dengan jenis studi kasus. Subjek penelitian yang digunakan adalah guru kelas III-B di SDN 1 Nagrak. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan adalah menururt Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan Conclusion /Verification. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa terdapat 7 peran guru dari 9 peran guru yang di terapkan dalam proses pembelajarannya. Diantaranya yaitu ada peran guru sebagai informator, peran guru sebagai pengarah, peran guru sebagai motivator, peran guru sebagai fasilitator, peran guru sebagai mediator, peran guru sebagai organisator dan peran guru sebagai evaluator. Adapun faktor pendukung dan penghambat peran guru dalam pembelajaran daring SBdP ini yang terdapat pada faktor internal dan faktor eksternal.

 


Keywords


peran guru, pembelajaran daring, sbdp

References


Nengrum, T. A., Solong, N. P., & Iman, M. N. (2021). Kelebihan dan Kekurangan Pembelajaran Luring dan Daring dalam Pencapaian Kompetensi Dasar Kurikulum Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah 2 Kabupaten Gorontalo. Jurnal Pendidikan, 8.

Nita, C. I., & Werdiningtiyas, R. K. (2020). Pengembangan Media Paspop Pada Materi SBdP di Sekolah Dasar Kecamatan Jabung. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 164.

Regi, B. (2020). Peran Guru Dalam Pembelajaran Seni Budaya Kelas IV di SDI Manunai Maumere. Gema Wiralodra, 11(2), 193.

Primayanti, T. (2017). Peran Guru Dalam Pembelajaran Seni Budaya di SDN 4 Tugusari Sumberjaya Lampung Barat.

Sandi, N. V. (2020). Proses Belajar Siswa Dalam Pelajaran Seni Budaya dan Prakarya di Sekolah Dasar . Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 44.

Sardiyanah. (2018). Faktor Yang Mempengaruhi Belajar. Jurnal Kajian Islam & Pendidikan, 71-79.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: ALFABETA, CV.

Sundari, F. (2017). Peran Guru Sebagai Pembelajar Dalam Memotivasi Peserta Didik Usia SD. Prosiding Diskusi Panel Pendidikan, 63.

Suhery, Putra, T. J., & Jasmalinda. (2020). Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Zoom Meeting Dan Google Classroom Pada Guru Di Sdn 17 Mata Air Padang Selatan. Jurnal Inovasi Penelitian, 130-131.

Yulianto, D., & Nugraheni, A. S. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 37-38.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v10i6.8440

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Rosiana Agustina

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id