Pengaruh Media Wayang Sukuraga Terhadap Keterampilan Menulis Deskripsi Pada Siswa Kelas Tinggi Sekolah Dasar

Nawaliyatul Hilwa, Iis Nurasiah, Dyah Lyesmaya

Abstract


 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media wayang sukuraga terhadap keterampilan menulis deskripsi pada siswa kelas tinggi sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Quasi Experimental designs dan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Rambay tahun ajaran 2020/2021. Sampel ditentukan dengan sampling jenuh. Sampel penelitian ini yaitu kelas V B sebagai kelompok eksperimen berjumlah 20 siswa dan kelas V A sebagai kelompok kontrol berjumlah 20 siswa. Data hasil penelitian keterampilan menulis deskripsi dihasilkan dari instrumen berupa tes uraian yang berjumlah satu soal yang telah divalidasi. Data keterampilan menulis deskripsi dianalisis dengan menggunakan  uji T dua sampel independen. Hasil uji tersebut menghasilkan nilai sig. 0,025 nilai tersebut lebih kecil dari 0,05 artinya H₀ ditolak H₁ diterima. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Media wayang sukuraga berpengaruh terhadap keterampilan menulis deskripsi siswa.

 


Keywords


Wayang Sukuraga, Keterampilan Menulis Deskripsi

References


Andani, R., & Hendratno. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Wayang Tokoh Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Sekolah Dasar. Jpgsd, 03, 1342–1353.

Dalman. (2016). Keterampilan Menulis. Depok: PT Raja Grafindo.

Dewi, N. N. K., Kristiantari, M. . R., & Ganing, N. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Picture And Picture Berbantuan Media Visual Terhadap Keterampilan Indonesia. Journal Of Education Technology, 3, 278–285.

Dhavita, L., & Damayanti, M. I. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Papan Magnet Terhadap Keterampilan Menulis Deskripsi Siswa Kelas III SD Hang Tuah 3 Surabaya. Jpgsd, 04(02), 161–172.

Halimatussakdiah. (2017). Pembelajaran Keterampilan Bahasa Indonesia (Bahan Ajar, Kritik Puisi, Kritik Novel, Kumpulan Puisi, Kumpulan Cerpen, Dan Naskah Drama). Medan: Unimed.

Ilina, S. L., Sutisnawati, A., & Nurasiah, I. (2020). Pengembangan Media Wayang Sukuraga Terhadap Kreativitas Siswa Dalam Membuat Karya Imajinatif Di Kelas Rendah. Jurnal Ilmiah Pgsd Stkip Subang, Vi.

Juliana, A. D., Nurasiah, I., & Wardana, A. E. (2019). Peningkatan Keterampilan Bercerita Melalui Media Wayang Sukuraga Berbasis 5 Karakter Di Kelas Tinggi. Journal Of Elementary Education, 3(2), 1–12.

Lailah, R., Fanani, A., & Juniarso, T. (2020). Pengaruh Teknik Direct Object Terhadap Keterampilan Menulis Deskripsi Kelas IV Tema 4 Subtema 1 Pembelajaran 1 Sdn Menanggal 601 Surabaya. Jurnal Mitra Pendidikan, 4(4), 196–205.

Ludvi, & Rukmi, A. S. (2013). Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 1–12.

Marsaid. (2016). Islam Dan Kebudayaan : Wayang Sebagai Media Pendidikan Islam Di Nusantara. 04.

Mila, M., & Anafiah, S. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Wayang Terhadap Keterampilan Menyimak Cerita Siswa Kelas V Di Sd 1 Petir Piyungan Bantul. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-Sd-An, 7(2), 1145–1150.

Nahar, N. I. (2016). Penerapan Teori Belajar Behavioristik Dalam Proses Pembelajaran. Nusantara, 1.

Nashruddin, M. D., & Damayanti, M. I. (2013). Penerapan Metode Karya Wisata Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi Pada Siswa Sekolah Dasar. Jpgsd, 01(02), 1–8.

Oktafiana Kiranida. (2019). Memaksimalkan Perkembangan Motorik Siswa Sekolah Dasar Melalui Pelajaran Penjaskes. Jurnal Tunas Bangsa, 6(2), 318–328.

Oktavianti, R., & Wiyanto, A. (2014). Pengembangan Media Gayanghetum (Gambar Wayang Hewan Dan Tumbuhan) Dalam Pembelajaran Tematik Terintegrasi Kelas IV SD. Mimbar Sekolah Dasar, 1(1), 65–70.

Rohmatin, T., & Wulan, B. R. S. (2019). Kemampuan Motorik Kasar Anak Sekolah Dasar Berdasarkan Perbedaan Status Ekonomi Keluarga. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(2), 172–180.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v10i6.8428

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Nawaliyatul Hilwa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id