PENGARUH CERITA WAYANG SUKURAGA TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER SISWA DI KELAS TINGGI SEKOLAH DASAR

Nurul Amalia, Iis Nurasiah, Dyah Lyesmaya, Yoesrina Novia Vini Syafitri

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan guna mengetahui pengaruh cerita wayang sukuraga terhadap pendidikan karakter siswa di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis quasi eksperimental. Desain yang digunakan dalam penelitian adalah Nonequivalent Control Group Design. Subjek yang digunakan dalam penelitian adalah siswa kelas 4 SDN Suryakencana CBM. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dengan memakai pengukuran skala likert yang terdiri dari 20 pernyataan dengan jawaban pernyataan antara lain: Selalu (SL), Sering (SR), Kadang-kadang (KK), Jarang (J), Tidak pernah (TP) dengan dilandaskan dalam bentuk checklist (√) pada kisi-kisi instrumen skala sikap. Berdasarkan hasil pengolahan data pretest dan posttest maka dengan perhitungan uji t yang dilakukan dengan bantuan softwer IBM SPSS versi 26 dengan hasil penanaman pendidikan karakter menggunakan cerita wayang sukuraga mendapatkan sig (2-tailed) 0, 000 yaitu kurang dari  = 0, 05. Berdasarkan hasil hitung tersebut dapat disimpulkan bahwa cerita wayang sukuraga berpengaruh terhadap pendidikan karakter siswa.

Keywords


Pengaruh, Cerita Wayang Sukuraga, Pendidikan Karakter

References


Abdurrahman, Muhammad, and M Ed. 2018. Pendidikan Karakter Bangsa.

Agama, Institut, Islam Negeri, and Iain Curup. 2018. “Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar Di Era Digital.” 2(1).

Komara, Endang. 2018. “Penguatan Pendidikan Karakter Dan Pembelajaran Abad 21.” SIPATAHOENAN: South-East Asian Journal for Youth, Sports & Health Education 4(1): 17–26. www.journals.mindamas.com/index.php/sipatahoenan.

Ma`arif, Muhammad Anas. 2018. “Analisis Strategi Pendidikan Karakter Melalui Hukuman Preventif.” Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam 6(1): 31–56.

Putry, Raihan. 2018. “NILAI PENDIDIKAN KARAKTER ANAK DI SEKOLAH PERSPEKTIF KEMENDIKNAS.” 4(1): 39–54.

Rosita, Mamik. 2016. “Membentuk Karakter Siswa Melalui Metode Kisah Qurani.” FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman 2(1): 53.

Suardi, Alief et al. 2016. “Wayang Sukuraga Dari Bahasa Rupa Ke Bahasa Pertunjukan.” Pantun Jurnal Ilmiah Seni Budya (62).

Sudrajat, Ajat. 2011. “Mengapa Pendidikan Karakter?” : 47–58.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. 27th ed. Bandung: ALFABETA.

Sukabumiupdate. 2018. “Wayang Sukuraga Terkenal Di Dunia Namun Terasing Di Rumah Sendiri.”

Susanti, Rosa. 2013. “Penerapan Pendidikan Karakter Di Kalangan Mahasiswa.” Al-Ta’lim: 480–87.

Pandawangi, Nuryantiningsih. 2018. “Komik Wayang Anak Pandawa Sebagai Media Pendidikan Karakter Di Jaman Kekinian.” 5: 1–10.

Wikipedia. 2016. “Wayang Sukuraga.” https://id.wikipedia.org/wiki/Wayang_Sukuraga.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v10i6.8424

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Nurul Amalia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id