HUBUNGAN PENGUASAAN STRUKTUR KALIMAT DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DENGAN KETERAMPILAN MENULIS EKSPOSISI SISWA KELAS V SD
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan baik secara parsial maupun simultan antara penguasaan struktur kalimat (X1) dan pola pikir kritis (X2) terhadap keterampilan menulis eksposisi (Y). Penelitian dilaksanakan di SDN Wilayah Binaan I Makasar, Jakarta Timur tahun pelajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan pendekatan kuantitatif, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey tes tulis dengan teknik korelasional (keterhubungan). Penelitian mengambil sampel dengan teknik cluster random sampling. Hasil analisis menunjukan bahwa (1) ada hubungan kuat antara penguasaan struktur kalimat dan keterampilan menulis eksposisi (2) ada hubungan kuat antara kemampuan berpikir kritis dan keterampilan menulis eksposisi (3) ada hubungan sangat kuat antara penguasaan struktur kalimat dan kemampuan berpikir kritis secara bersama-sama dengan keterampilan menulis eksposisi.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Choy, S. C., & Cheah, P. K. (2009). Teacher Perception of Critical Thinking Among Students and Its Influence on Higher Education. International Journal of Teaching and Learning in Higher Education, 20(2), 198–206.
Dalman. (2018). Keterampilan Menulis. Depok: PT Raja Grafindo Persada.
Gagne, R. (1971). Learning Hierarchies. New Jersey: Prentice Hall.
Girsang, N. A. (2016). Minat Membaca dalam Kehidupan Masyarakat Jepang. Universitas Negeri Sumatera Utara. Retrieved from https://repositori.usu.ac.id/bitstream/handle/123456789/22136/120708016.pdf?sequence=1&isAllowed=y
Kharizmi, M. (2015). Kesulitan siswa sekolah dasar dalam meningkatkan kemampuan literasi. JUPENDAS, 2(2), 11–21.
Koyan, I. W. (2012). Statistik pendidikan Teknik Analisis Data Kuantitatif. Singaraja,Bali: Universitas Pendidikan Ganesha Press.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Indonesia.
OECD. (2019). PISA 2018 Insights and Interpretations. PISA, 6. https://doi.org/https://doi.org/10.1787/5f07c754-en.
Oktaria, D. dkk. (2017). Penguasaan Kalimat Efektif sebagai Kunci Peningkatan Keterampilan Menulis Eksposisi (The Mastery of Effective Sentences as the Key to Improve Exposition Writing Skill). Metalingua, 15(2), 165--177. Retrieved from http://metalingua.kemdikbud.go.id/jurnal/index.php/metalingua/article/view/63/68
Purwinanti, N. I. (2017). Peningkatan Keterampilan Menulis Eksposisi melalui Strategi Pembelajaran Guided Note Taking (GNT). Universitas Sebelas Maret.
Rohani, S. (2020). Faktor-Faktor Rendahnya Kemampuan Siswa Dalam Membaca Dan Menulis Kelas IV Di SDN 85 Kota Lubuk Linggau. Institut Agama Islam Negeri Bengkulu. Retrieved from http://repository.iainbengkulu.ac.id/4553/1/SKRIPSI SITI ROHANI NIM. 1516240265.pdf
Wahyuni, S. E. (2016). Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis, Pemahaman Bacaan, dan Pengaturan Diri terhadap Kemampuan Menulis Ilmiah. Ranah Jurnal Kajian Bahasa, 5(2), 101–114. https://doi.org/10.26499/rnh.v5i2.146
DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i1.8421
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Annisa Arma Harningrum
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
____________________________________________________________
Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id