PERKEMBANGAN TEORI VYGOTSKY DAN IMPLIKASI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MIS RAJADESA CIAMIS

Fitri Fitriani, Maemonah Maemonah

Abstract


Salah satu fase dalam perkembangan yang akan dialami oleh anak adalah perkembangan kognitif. Perkembangan kognitif ini didasarkan kepada pendapat bahwa kemampuan kognitif merupakan suatu fundamental yang membimbing tingkah laku anak. Perkembangan kognitif pada manusia mulai dipelajari pada abad pertengahan di mana kemajuan ilmu pengetahuan mulai bangkit.Teori kognitif menurut Vygotsky yaitu pengetahuan anak yang diperoleh melalui kegiatan interaksi sosial antara individu dengan individu atau individu dengan kelompok dan dalam suatu lingkungan, ada beberapa teori vygotsky yang di terpakan dalam pembelajaran dikelas yaitu: Nilai ZPD anak, bukan Intelligence Quotient (IQ), Gunakan zona perkembangan proksimal anak dalam pembelajaran, Gunakan teman sebaya yang lebih terampil sebagai guru, Pantau dan bantu anak-anak untuk menggunakan private speech, Tempatkan pengajaran dalam konteks yang berarti, dan sangat bermanfaat sekali jika anak dilatih menggunakan alat berpikir diantaranya yaitu: anak mampu menyelesaikan masalahnya, memudahkan mereka untuk bertindak, memperluas cara berpikir mereka, dan mampu melakukan sesuatu yang sesuai dengan kapasitas alaminya. Metode yang digunakan ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pengumpuan  data  observasi, wawancara, dan dokumentasi.

 


Keywords


Perkembangan Kognitif, Implikasi Pembelajaran Menurut Vygotsky

References


Bujuri, D. A., & Ilmu, F. (2018). Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dasar dan Implikasinya dalam Kegiatan Belajar Mengajar, IX(1), 37–50.

Development, Z. P., & Proksimal, Z. P. (2005). Teori Belajar Sosiokultur ( Lev Vygotsky ) Sisca Rahmadonna *).

Hyun, C. C., Tukiran, M., Wijayanti, L. M., Asbari, M., Purwanto, A., Santoso, P. B., & Harapan, U. P. (2020). PIAGET VERSUS VYGOTSKY :, 1(2), 286–293.

Kognitif, P., & Dalam, D. A. N. I. (2020). Perkembangan kognitif, bahasa, perkembangan sosio-emosional, dan implikasinya dalam pembelajaran, 7(2), 1–13.

Madaniyah, J., Khoiruzzadi, M., & Prasetya, T. (2021). PERKEMBANGAN KOGNITIF DAN IMPLIKASINYA DALAM DUNIA PENDIDIKAN (Ditinjau dari Pemikiran Jean Piaget dan Vygotsky) Muhammad Khoiruzzadi, 1 & Tiyas Prasetya 2, 11, 1–14.

Pentury, H. J., Studi, P., & Bahasa, P. (2017). PENGEMBANGAN KREATIVITAS GURU, 4(3), 265–272.

Saputra, A., & Suryandi, L. (n.d.). Perkembangan kognitif anak usia dini dalam perspektif vygotsky dan implikasinya dalam pembelajaran, 3(2).

Sultan, I., & Gorontalo, A. (2019). AL-Lisan : Jurnal Bahasa ( e-Journal ), 4, 180–198.

Yohanes, R. S. (n.d.). TEORI VYGOTSKY DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN MATEMATIKA, 14.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i1.8398

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Fitri Fitriani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id