PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN ANIMASI BERBASIS KINEMASTER UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SDN KEDALEMAN IV

Alifa Siti Nurdiana, Syadeli Hanafi, Lukman Nulhakim

Abstract


Pembelajaran daring dimasa pandemi sangat dibutuhkan media pembelajaran video animasi dalam mata pelajaran IPA dikelas IV SD. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengembangkan video pembelajaran animasi berbasis kinemaster pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan model pengembangan ADDIE ( analyze, design, development, implementation, dan evaluation). Tahapan yang akan dilakukan yaitu meliputi analisis pengetahuan atau kompetensi sasaran, karakteristik sasaran, dan peralatan yang menunjang penggunaan media; tahap perancangan yang dilakukan meliputi pemindahan informasi dari fase analisis kedalam bentuk dokumen yang menjadi tujuan dibuatnya video pembelajaran; tahap pengembangan yang dilakukan meliputi: kegiatan produksi atau mengembangkan video pembelajaran, inti dari kegiatan ini adalah pengambilan gambar atau video gerak animasi dengan koneksi internet, dimana pengembangan video dilakukan dengan menggunakan beberapa aplikasi yaitu aplikasi kinemaster, dan aplikasi tubemate. Tahap implementasi yang dilakukan meliputi video pembelajaran yang diterapkan pada siswa kelas IV SD. Dan tahap evaluasi melipuuti kegiatan penilaian media berupa angket. Hasil penelitian pengembangan ini yaitu dihasilkannya video pembelajaran animasi pada mata pelajaran IPA yang bisa digunakan oleh guru dalam pembelajaran untuk membantu siswa dalam meningkatkan pemahaman pada konsep materi berdasarkan hasil validasi ahli materi dengan rata-rata 94,3% pada aspek materi dan pembelajaran dengan kriteria kualitatif sangat layak, serta ahli media dengan rata-rata 87% dengan kriteria kualitatif sangat layak. Sedangkan pada respon siswa diperoleh rata-rata 97% dengan kriteria sangat baik. Dengan demikian, video pembelajaran ini bisa digunakan untuk membantu proses belajarnya dari rumah sehingga siswa dapat dengan mudah memahami konsep mata pelajaran IPA pada materi gaya dan gerak benda.

Keywords


Video Pembelajaran Animasi, Kinemaster, dan Efektivitas Pembelajaran IPA

References


Adi, C. (2019). Pengembangan Media Dan Sumber Belajar: Teori dan Prosedur. Laksita Indonesia, (August), 26. Retrieved from file:///E:/Renc Skripsi/AniCahyadiPengembanganMedia.pdf

Fawziah, E., Yani, A. P., & Idrus, I. (2019). Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Materi Keanekaragaman Hayati Di Sman 08 Kota Bengkulu. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 2(2), 73–79. https://doi.org/10.33369/diklabio.2.2.73-79

Hamdayan, J. (2017). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter (pp. 201, 204–205). pp. 201, 204–205.

Hermiyanty, Wandira Ayu Bertin, D. S. (2017). Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 8).

Musdayat, I. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, Vol. 3, pp. 82–88.

Oktaviani, R. T. (2019). Pemanfaatan Video sebagai Media Pembelajaran dalam Pendidikan dan Pelatihan ( Diklat ). MADIKA: Media Informasi Dan Komunikasi Diklat Kepustakawanan, 5(1), 91–94.

Sulthon, S. (2017). Pembelajaran IPA yang Efektif dan Menyenangkan bagi Siswa MI. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 4(1). https://doi.org/10.21043/elementary.v4i1.1969

Sumarni, Halidjah, S., & Kresnadi, H. (2015). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Kerja Kelompok Dalam Pembelajaran Ipa Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(1), 1–10. Retrieved from Sumarni, Siti Halidjah, Hery Kresnadi

Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan ADDIE Model. Jurnal IKA, 11(1), 12–26.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v10i6.8395

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Alifa Siti Nurdiana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id