IMPLEMENTASI KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DALAM PENGUATAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK MELALUI PEMBIASAAN DI KELAS IV MIN 2 SERANG
Abstract
Guru memiliki peran yang sangat penting dalam mencapai tujuan pendidikan, khususnya dalam rangka memperkuat karakter religius peserta didik. Dalam kehidupan sehari-hari sering kali seorang anak menirukan apa yang dilakukan oleh orang yang sering ditemui nya, karena salah satu karakteristik peserta didik pada usia sekolah dasar adalah senang meniru. Oleh karenanya Seorang guru dengan kepribadian yang baik akan lebih banyak dan lebih mudah memberikan dampak positif terhadap penguatan karakter religius peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kompetensi kepribadian guru dalam penguatan karakter religius peserta didik melalui pembiasaan di kelas IV MIN 2 Serang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini bahwa guru kelas IV MIN 2 Serang telah memiliki kemampuan personal yang dimiliki oleh guru dalam mencerminkan kepribadiannya, mampu mengimplementasi kompetensi kepribadian untuk memperkuat karakter religious peserta didik serta memberikan hasil yang baik terhadap penguatan karakter religius peserta didik.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arikunto, S. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.
Asmani, J. M. (2011). Pendidikan Karakter di Sekolah. Jogjakarta: DIVA Press.
Gunawan, H. (2017). Pendidikan Karakter Konsep Dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.
Hidayat, S. (2017). Pengembangan Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Hosnan, M. (2016). Etika Profesi Pendidik. Bogor: Ghalia Indonesia.
Hosnan, M. (2016). Psikologi Perkebangan Peserta Didik. Bogor: Ghalia Indonesia.
Suprapto, I. (2019). Upaya Mewujudkan Kode Etik Guru. tersedia pada https://disdik.purwakartakab.go.id/ diakses pada tanggal (4 juni 2021)
Kerangka acuan pendidikan karakter 2010. Tersedia pada http://www.newindonesia.org/beranda/images/upload/dok/kurikulum/kerangka-acuan-pendidikan-karakter-2010.pdf diakses pada tanggal (2 desember 2020).
Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Tersedia pada https://jendela.kemdikbud.go.id/v2/fokus/detail/penguatan-pendidikan-karakter-ppk diakses pada tanggal (31 Mei 2021)
Ritongga, A. A., dan Hasanh, L. (2019). Penanaman Nilai Karakter Menurut Imam Al-Ghazali Dalam Kitab Minhajul Abidin, 8:6-7.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suyadi. (2015). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Taufik, M. (2013). Pengantar Pendidikan. Bandung: CV. Mujahid Press.
DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v10i6.8351
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Lulu Rauhah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
____________________________________________________________
Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id