KETERLIBATAN IBU DALAM LITERASI KELUARGA PADA PEMEBELAJARAN MENULIS PERMULAAN DI MASA PANDEMI COVID 19

Wasi Widiastika, Prana Dwija Iswara, Rahman Rahman, Vismaia S. Damaianti

Abstract


Keluarga merupakan tempat belajar yang pertama dan utama bagi seorang anak dan memegang peranan yang penting dalam Pendidikan anak. Dengan lingkungan keluarga yang baik dan didukung oleh kegiatan literasi yang baik tentulah akan menghasilkan seorang anak yang literat dan mempunyai kompetensi kognitif, afektif dan psikomotor dengan baik. Dalam pasa pandemic covid 19 saat ini keluarga terutama peran Ibu sebagai pengelola rumah yang utama menjadi sangat krusial dalam kegiatan pembelajaran dari rumah yang saat ini sedang berlangsung. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis keterlibatan Ibu dalam literasi keluarga pada pembelajaran menulis permulaan di masa pandemic covid 19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan melibatkan 6 orang Ibu yang berpendidikan tinggi yang memutuskan untuk menjadi full time mother yang mana mereka merupakan lulusan dari beberapa universitas ternama di Indonesia. Data dikumpulkan melalui angket dan wawancara, dan data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa keterlibatan Ibu dalam literasi keluarga dapat mendukung keterampilan menulis permulaan anak yang masih duduk di kelas rendah sehingga anak dapat mencapai indikator keterampilan menulis permulaan tersebut. Hasil penelitian ini diharapkan bisa menjadi inspirasi pihak terkait mengenai keterlibatan Ibu secara langsung dalam proses pembelajaran anak di rumah.

 

 


Keywords


literasi keluarga, menulis permulaan, keterlibatan ibu

References


Ahmadi, A., & Supriyono, W. (2008). Psikologi Belajar. Rineka Cipta.

Desforges, C., & Alberto, A. (2003). The Impact of Parental Involvement, Parental Suppor and Family Education on Pupil Achievements and Adjustmen: A Literature Review. Queen’s Printer.

Hess, R. D., Holloway, S., Price, G. G., & Dickson, W. P. (1982). Family environments and the acquisition of reading skills: Toward a more precise analysis, In: L.M. Laosa and I.E. Sigel, (Eds.), Families as Learning Environments for Children. Plenum: New York. Plenum.

Morgan, A., Nutbrown, C., & Hannon, P. (2009). Fathers’ involvement in young children’s literacy development: Implications for family literacy programmes. British Educational Research Journal, 35(2), 167–185. https://doi.org/10.1080/01411920802041996

Nuraini, C., & Damaianti, V. S. (n.d.). TINGKAT PUSH PARENTING PADA POLA ASUH KELUARGA DI KARAWANG DALAM PENERAPAN FAMILY LITERACY GUNA MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS ANAK. 4.

Padmadewi, N. N., Artini, L. P., Nitiasih, P. K., & Suandana, I. W. (2018). MEMBERDAYAKAN KETERLIBATAN ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN LITERASI DI SEKOLAH DASAR. 7, 13.

Rahman, R., Sakti, A. W., Widya, R. N., & Yugafiati, R. (2019). Elementary Education Literacy in the Era of Industrial Revolution 4.0. Proceedings of the Second Conference on Language, Literature, Education, and Culture (ICOLLITE 2018). Proceedings of the Second Conference on Language, Literature, Education, and Culture (ICOLLITE 2018), Bandung, Indonesia. https://doi.org/10.2991/icollite-18.2019.41

Rahman, Tristiantari, N., Zakaria, & Yugafiati, R. (2020). Learning from Home: Revitalization of Masatua to Improve Students’ Literacy in Elementary School. Proceedings of the 4th International Conference on Language, Literature, Culture, and Education (ICOLLITE 2020). 4th International Conference on Language, Literature, Culture, and Education (ICOLLITE 2020), Bandung, Indonesia. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201215.094

Rahman, Widya, R. N., & Yugafiati, R. (2020). Membaca & Menulis (TEORI DAN PRAKTIK DI SEKOLAH DASAR). ALQAPRINT.

Resmini, N. (2006). Pembinaan pengembangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia. UPI Press.

Suwarni, A. Z. J., Rahman, & Iswara, P. D. (2019). Improving second grade elementary students’ writing and storytelling skills through digital literacy. Journal of Physics: Conference Series, 1402, 066072. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1402/6/066072

Syafitri, Y. N. V., & Pertiwi, N. (2020). Student Literacy through Picture Book Media: Nurturing a Culture in Elementary Schools. 3, 6.

Thaha, K. H. (1992). Konsep Ibu Teladan. Risalah Gusti.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i2.8347

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Wasi Widiastika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id