PENGEMBANGAN MODUL CERITA BERGAMBAR BERBASIS E-LEARNING MATERI AKTIVITAS EKONOMI PADA MATA PELAJARA IPS

nopiani nopiani, Nana Hendracipta, Ahmad Syachruroji

Abstract


Penelitian ini betujuan untuk mengetahui pengembangan dan kelayakan modul cerita bergambar berbasis e-learning materi aktivitas ekonomi pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial, serta mengetahui respon peserta didik terhadap modul cerita bergambar berbasis e-learning materi aktivitas ekonomi pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial. Metode yang diguakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (RnD) dari Borg & Gall. Pengembangan ini hanya menggunakan 6 langkah dari 10 langkah, karena keterbatasan waktu dan biaya peneliti. Penilaian produk untuk uji kelayakan modul dilakukan oleh 3 ahli yaitu ahli media, ahli bahasa dan ahli materi dengan sasaran uji coba produk skala terbatar yaitu siswa kelas IV-B SD Negeri Serang 13 yang berjumlah 20 orang. Hasil dari uji kelayakan penelitian pengembangan modul cerita bergambar berbasis e-learning sebesar 88%, artinya nilai persentase tersebut termasuk kedalam kriteria “sangat layak”. Sedangkan untuk hasil angket respon peserta didik yang telah diakumulasikan mendapatkan hasil persentase sebesar 94% dengan demikian hasil persentase tersebut termasuk kedalam kriteria “sangat layak” dan melampaui kriteria keberhasilan penelitian yang telah ditetapkan.

Keywords


IPS, E-learning, Modul cerita bergambar, Aktivitas Ekonomi

References


Afnida, M. (2016). Penggunaan Buku Cerita Bergambar Dalam Pengembangan Bahasa Anak Pada Teka A Di Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini, 1(3), 53.

Aprilia, N. (2018). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Pendidikan Lingkungan Hidup Untuk Pembelajaran Membaca Di Kelas II SD. universitas Jambi.

Ariesta, F. W. dan E. N. K. (2018). Pengembangan Media Komik Berbasis Masalah untuk Peningkatan Hasil Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(1), 26.

Darmawan. (2016). Pengembangan E-Learning Teori dan Desain. PT Remaja Rosdakarya.

Harista, A. Q. Q. (2020). Efektivitas Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis E-Learning Pada Mata Kuliah Perawatan Kulit Wajah. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran., 4(1), 154.

Jamaludin, U. (2018). Pembelajaran Pendidikan IPS Teori Konsep dan Aplikasi Bagi Guru dan Mahasiswa. Penerbit Nurani.

Prastowo, A. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Kreatif. DIVA Press.

Purwono, U. (2008). Standar Penilaian Buku Pelajaran. Universitas Terbuka.

Riduwan. (2019). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. ALFABETA.

Sadiman. (2019). Media Pendidikan (Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya). Grafindo Persada.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sutoyo. (2009). IPS 4 untuk SD/MI Kelas 4. usat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v10i6.8345

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 nopiani nopiani, Nana Hendracipta, Ahmad Syachruroji

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id