PROBLEMATIKA GURU SEKOLAH DASAR DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS NARASI SELAMA PANDEMI COVID-19
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah yang muncul dalam pembelajaran menulis teks narasi di masa pandemi covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kendala yang dihadapi guru sekolah dasar saat mengajarkan pembelajaran menulis teks narasi selama pandemi covid-19. Selanjutnya metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan memberikan kuesioner dan melakukan wawancara. Subjek penelitian ini berjumlah 10 orang guru sekolah dasar di kecamatan Bukit batu kabupaten Bengkalis Provinsi Riau. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada umumnya guru sekolah dasar belum siap melakukan pembelajaran secara online. Kendala lain yang menghambat proses pembelajaran adalah kurangnya pemahaman guru dan siswa tentang penggunaan aplikasi pembelajaran jarak jauh. Namun dukungan pemerintah yang telah membantu meringankan beban dengan memberikan subsidi kuota gratis kepada guru, siswa dan ketersediaan Wi-Fi dibeberapa daerah sepertinya belum bisa memaksimalkan digunakan untuk pembelajaran online.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55-61.
Herman, T. (2020). Problematic Elementary School Teachers in The Process of Learning Mathematics Online during covid-19 Pandemic. 3, 9.
Husna, H. (2020). PROBLEMATIKA BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI BAHASA JAWA PADA PESERTA DIDIK KELAS IV DI SD ISLAM AL-MUNAWAR TULUNGAGUNG. INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI TULUNGAGUNG.
Khairunnisa, F. (2019). PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS NARASI DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. 2(1), 7.
Priatna, Y. U & Rahman. (2020). Analysis of Online Based Learning on Teacher Professionalism in Elementary School during the COVID-19 Pandemic. 3, 9.
Putria, H. (2020). Analisis Proses Pembelajaran dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi Covid- 19 Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4.
Rahman, Widya Nurcita R, Yugiatiati R. 2019.Teori Mendengarkan dan Berbicara dan Praktek. Sumedang: AlqaprintJatinangor.
Rahman, Widya, R. N., & Yugafiati, R. (2020). Membaca & Menulis Teori dan Praktik Di Sekolah Dasar. ALQAPRINT JATINANGOR.
Rahman, Cahyani, & Nurwaeni. (2020). Improved Speaking Skills Through The Use of Models of Examples Non Examples in Students of Grade III Students Elementary School: The 2nd International Conference on Elementary Education (ICEE): Vol 2 (1)
Ramayani, F. D., N, L., & Zufriady, Z. (2020). THE IMPLEMENTATION OF PQ4R LEARNING METHOD TO IMPROVE THE STUDENTS’ READING COMPREHENSION OF THE 4th GRADE AT SD MUHAMMADIYAH 6 PEKANBARU. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(2), 138. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v9i2.7838
Sugiarti, D., Rahman, R., Sopandi, W., & Sujana, A. (2020, March). Empowerment of CIRC Model in Building Competency Writing Prosa-Based Video. In International Conference on Elementary Education (Vol. 2, No. 1, pp. 1719-1725).
Zahrah, U. A., & Sriyanto, M. I. (2021). Analisis gaya belajar di rumah selama pandemi covid-19 dalam mata pelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas V di sekolah dasar. 6.
Zulela, M. (2017). KETERAMPILAN MENULIS NARASI MELALUI PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME DI SEKOLAH DASAR. 8. https://doi.org/doi.org/10.21009/JPD.082.011
DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i3.8344
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Faraditha Dwi Ramayani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
____________________________________________________________
Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id