PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI BERSASIS MODEL SEQUENCED DI KELAS IV SEKOLAH DASAR

Cicilia Ovavia, Marlina Marlina, Desyandri Desyandri

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran tematik terpadu di kelas IV Sekolah Dasar terutama pada dua mata pelajaran yaitu Ips dan Pkn yang memangaitkan satu dan lainya. Tempat pelaksaanan penelitian di UPT.SDN 08 Mandeh kelas IV sebanyak 28 siswa. Penelitian ini bertujuan menghasilkan dan mengungkapkan keberhasilan penggunaan media animasi dengan menggunakan model Squenced pada pembelajaran terpadu di kelas IV Sekolah Dasar. Media animasi untuk materi IPS dan PKn. Penelitian ini menggunakan model penelitian Squenced dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN 08 Mandeh. Penelitian model ini menggunakan model penelitian ini meliputi beberapa tahap, yaitu: (1) urutan, (2) rangkaian, atau (3) rentetan, sehingga model sequenced dapat diartikan sebagai model urutan/rangkaian. Dengan artikulasi yang terbatas lintas/antar disiplin ilmu, guru dapat mengatur ulang urutan topik sehingga unit-unit yang mirip dapat bersinggungan satu sama lain. Dua disiplin ilmu yang berhubungan dapat diurutkan sehingga isi materi pelajaran dari keduanya dapat diajarkan secara paralel. Dengan mengurutkan topik yang akan diajarkan, kegiatan masing-masing displin ilmu ini dapat saling meningkatkan satu sama lain. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and devlopment). Setelah melalui tahap produksi dihasilkan produk awal kemudian dilakukan validasi oleh seorang ahli isi mata pelajaran, ahli desain pembelajaran, dan ahli media pembelajaran. Selanjutnya produk diujicobakan kepada siswa melalui tiga tahap, yaitu uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, dan uji coba lapangan. Kesimpulan penelitian ini bahwa media pembelajaran video animasi tervalidasi ahli dan menarik.

 


Keywords


Pengembangan, Media Video animasi,Tematik Terpadu, Model Sequenced

References


Amini, R. (2017). The Development of Integrated Learning Based Students’ Book to Improve Elementary School Students’ Competence. Unnes Science Edication Journal, 6(2), 1586–1592.

Amini, R., & Lena, M. S. (2019). The Effectiveness of Integrated Learning Model to Improve Elementary School. Unnes Science Education Journal, 8(1), 64–68.

Aulia, C. R., & Marlina, M. (2019). Efektivitas Video Tutorial Untuk Meningkatkan Keterampilan Membuat Snack Bouquet Pada Anak Tunarungu. Ranah Research: Journal of Multidisciplinary Research and Development, 1(4), 1045–1051.

Desyandri, D., Muhammadi, M., Mansurdin, M., & Fahmi, R. (2019). Development of integrated thematic teaching material used discovery learning model in grade V elementary school. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 7(1), 16. https://doi.org/10.29210/129400

Devialita, A. (2018). Efektivitas Penggunaan Buku Siswa Pelajaran IPA Terpadu Model Sequenced dengan Tema Sistem Adapatasi Tubuh Manusia Pada Suhu Terhadap Aspek Keterampilan Peserta didik SMPN 8 Padang Universitas Negeri Padang Keterangan Pembimbing. 11(2), 81–88.

Günthardt, B. F., Hollender, J., Hungerbühler, K., Scheringer, M., Bucheli, T. D., Monjelat, N., Carretero, M., عباس, • التميميّ، عبد الفتاح شراد خضير, Implicada, P., La, E. N., Fairstein, G. A., Monjelat, N., Monjelat, A., Daniela, U. De, Sociales, C., Virtual, C., Motivación, C., Sociales, C., Bello Garcés, S., … Motivaci, L. (2018). No Titleدراسة بيئية وبكتيرية لمياه نهري دجلة وديالى جنوبي بغداد. Director, 15(29), 7577–7588. https://www.uam.es/gruposinv/meva/publicaciones jesus/capitulos_espanyol_jesus/2005_motivacion para el aprendizaje Perspectiva alumnos.pdf%0Ahttps://www.researchgate.net/profile/Juan_Aparicio7/publication/253571379_Los_estudios_sobre_el_cambio_conceptual_

Hamalik, Oemar. 2013. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Marlina. (2019). Panduan Pelaksanaan Model Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif. 1–58.

Ponza, P. J. R., Jampel, I. N., & Sudarma, I. K. (2018). Pengembangan Media Video Animasi pada Pembelajaran Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 6(1), 9–19.

Putra, I. G. L. A. K., Tastra, I. D. K., & Suwatra, I. I. W. (2014). Pengembangan Media Video Pembelajaran Dengan Model Addie Pada Pembelajaran Bahasa Inggris Di SDN 1 Selat. Jurnal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 1–10.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian

Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Tema, P. P., Nurman, V., Ramadhani, R., Wahyugi, R., & Fitria, Y. (2020). SEJ (School Education Journal) Vol. 10 No. 2 Juni 2020. 10(2), 174–184.

Zulfa, E., Nuroso, H., & Reffiane, F. (2020). Keefektifan Model Pembelajaran Terpadu Tipe Sequenced Berbantu Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(1), 18. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i1.24938




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i1.8303

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Cicilia Ovavia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id