ORIENTASI AGAMA SEBAGAI KURIKULUM TERSEMBUNYI PADA PROSES PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID-19
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ali., & Aisyah, M. (2018). Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasinya. Jakarta: Prenadamedia Group Divisi Kencana.
Caswita. (2013). The Hidden Curriculum: Studi Pembelajaran PAI di Sekolah. Yogyakarta: Leutikaprio.
Creswell, J. W. (2018). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Gunawan, I., Kusumaningrum, D. E., Triwiyanto, T., Zulkarnain, W., & Nurabadi, A. (2018). Pengaruh Kurikulum Tersembunyi terhadap Motivasi Diri Mahasiswa. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Tema: Mendidik Cerdas Generasi Digital, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang, 4, 90-97. http://anzwild.com/wp-content/uploads/2018/12/sn18.pdf
Hamalik, O. (2017). Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Hamzah, A, (2020). Metode Penelitian Studi Kasus Single Case, Instrumental Case, Multicase & Multisite. Malang: Literasi Nusantara.
Mahali, A. (2020). Kurikulum Tersembunyi dalam Pembelajaran PAI. Prosiding Nasional, 3, 181-188. https://prosiding.iainkediri.ac.id/index.php/pascasarjana/article/view/50/40
Moleong, L. J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyadi, S., Basuki, H., & Prabowo, H. (2019). Metode Penelitian Kualitatif dan Mixed Method Perspektif yang Terbaru untuk Ilmu-ilmu Sosial, Kemanusiaan, dan Budaya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Mustaqim, M. (2018). Konsep Pendidikan Good Netizen Melalui Kurikulum Tersembunyi. Jurnal Perspektif, 2(1), 80-92. http://dx.doi.org/10.15575/jp.v2i1.15
Nisa, K. (2009). Hidden Curriculum: Upaya Peningkatan Kecerdasan Spiritual Siswa. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 12(1), 72-86. https://doi.org/10.24252/lp.2009v12n1a6
Noor, R. M. (2012). The Hidden Curriculum Membangun Karakter Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler. Yogyakarta: Insan Madani.
Nurhasanah, N. (2020). Pelaksanaan Hidden Curriculum (Kurikulum Tersembunyi) Dalam Membentuk Karakter Siswa Di Smp Slwashliyah 5 Hamparan Perak. ANSIRU PAI: Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 4(2), 80-92. http://dx.doi.org/10.30821/ansiru.v4i2.8127
Prasetya, R., Febriyanto, B., & Ryanto, A. (2020). Implementasi Hidden Curicculum Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik. PROCEEDING UMSURABAYA. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Pro/article/download/4868/2809
Rahmawati, F., Afifulloh, M., & Sulistiono, M. (2020). Budaya Religius: Implikasinya Dalam Meningkatkan Karakter Keagamaan Siswa Di MIN Kota Malang. Elementeris: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam, 2(2), 22-35. http://dx.doi.org/10.33474/elementeris.v2i2.8685
Sabriadi, H. R. (2020). Manifestasi Hidden Curriculum Dalam Pendidikan Agama Islam. Ekspose: Jurnal Penelitian Hukum dan Pendidikan, 19(1), 947-954. http://dx.doi.org/10.30863/ekspose.v1i1.769
Setiawan, R. (2017). Pembangunan Nilai Demokrasi dan Nasionalisme sebagai Kurikulum Tersembunyi di SMAN CMBBS. Hermeneutika: Jurnal Hermeneutika, 3(1), 10-20. http://dx.doi.org/10.30870/hermeneutika.v3i1.3010
Sukmadinata, N. S. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Transinata, T. (2018). Integrasi Pendidikan Cinta Tanah Air dalam Kurikulum Tersembunyi Berbasis Karakter Kebangsaan. PHILANTHROPY: Journal of Psychology, 1(1), 47-64. http://dx.doi.org/10.26623/philanthropy.v1i1.679
Yolanda, P. (2019). Implementasi Program Pendidikan Karakter Berbasis Hidden Curriculum di MI Muhammadiyah 1 Pare Kediri. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 7(1), 1-35. https://jurnal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/27809/25445
DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v10i3.8293
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Mirza Basyiruddin, Rukayah Rukayah, Roemintoyo Roemintoyo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
____________________________________________________________
Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id