IMPELEMENTASI KOMPETENSI PEDAGOGIK DALAM PENGUATAN KARAKTER PERCAYA DIRI MELALUI PEMBELAJARAN DARING

Choirul Ummami, Ujang Jamaludin, Encep Andriana

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan implementasi kompetensi pedagogik guru dalam memberikan penguatan karakter percaya diri melalui pembelajaran daring kepada siswa kelas I SD Islam Khalifah Serang, Banten. Subjek penelitian ini adalah guru kelas I Umar Bin Khattab. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti ini adalah melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. observasi yang dilakukan peneliti yaitu sebanyak 4 kali pertemuan. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru kelas I Umar Bin Khattab SD Islam Khalifah Serang sudh berupaya dalam mengimplementsikan kompetensi pedagogik dalam penguatan karakter percaya diri. Penguatan yang dilakukan oleh guru yakni dengan memsukan penanaman karakter percaya diri dalam setiap RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) yang guru buat. Selain itu pernguatan karakter percaya diri pada proses pembelajaran daring dilakukan oleh guru dengan menerapkan metode Tanya jawab, kontekstual serta pemberian kuis kepada para peserta didik untuk memacu rasa percaya diri peserta didik. Dari penguatan karakter percaya diri siswa tersebut diharapkan siswa menjadi aktif, mandiri dan bertanggung jawab. 

Keywords


kompetensi pedagogik, pembelajaran daring, percaya diri

References


Gunawan, H. (2017). Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta

Hakim, T. (2002). Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Jakarta: Puspa Swara.

Iswidharmanjaya, D. (2014). Satu Hari Menjadi Lebih Percaya Diri. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Indrakusuma A.H, dan Putri, A.R. (2016). E-Learning 1 (Teori dan Desain). Tulungagung: STKIP PGRI Tulungagung.

Koswara, Deni dan Halimah. (2008). Seluk Beluk Profesi Guru. Bandung: PT Pribumi Mekar.

Masganti S. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Islam. Medan: IAIN Press

Puspitarini, H. (2013). Membangun Rasa Percaya Diri Pada Anak. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Rahayu, Septri Purwanti. 2013. “Mengatasi Masalah Kepercayaan Diri Siswa Melalui Layanan Konseling Kelompok”. Skripsi (tidak diterbitkan). FKIP UMM

Rifa’i, A. dan Catharina.T.A. (2012). Psikologi Pendidikan. Semarang: Pusat Pengembangan MKU-MKDK UNNES

Sadulloh, U, dkk. (2011). Pedagodik (Ilmu Mendidik). Bandung: Alfabeta.

Samani, M, dkk. (2017). Pendidikan Karakter. Bandung: Rosda

Suartama, I.K. (2014). E-Learning (Konsep dan Aplikasinya). Singaraja. Universtas Pendidikan Ganesha.

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

________. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

________. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Widjaja, H. (2016). Berani Tampil Beda dan Percaya Diri. Yogyakarta: Araska




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v10i6.8268

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Choirul Ummami choirul ummami

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id