POLA ASUH DEMOKRATIS ORANG TUA DALAM MEMBERIKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SELAMA MASA PANDEMI COVID-19

Ainur Rohmania, Deka Setiawan, Khamdun Khamdun

Abstract


 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pola asuh demokratis yang diterapkan oleh orang tua dalam memberikan motivasi belajar siswa SD Negeri 2 Rajekwesi Mayong Jepara selama masa pandemi covid-19. Penelitian ini membahas bagaimana pola asuh demokratis orang tua dalam memberikan motivasi belajar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, subjek dalam penelitian ini yaitu siswa dan beserta orang tua. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada masa pandemi covid-19 pola asuh demokratis yang diterapkan orang tua dalam memberikan motivasi belajar anak dengan memberikan dorongan dan dukungan kepada anak, mendampingi anak saat belajar, memberi penghargaan kepada anak serta orang tua kerap memberikan nasihat-nasihat yang positif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pola asuh demokratis orang tua sangat berpengaruh dalam memberikan motivasi belajar siswa SD Negeri 2 Rajekwesi selama masa pandemi covid-19. 

 


Keywords


motivasi belajar, pandemi covid-19, pola asuh demokratis

References


Fadhilah, N. T., Handayani, D. E., & Rofian. (2019). Analisis Pola Asuh Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 2 (2), 249-255.

Gunawan, I. (2013). Metode Penelitian Kualitatif Teori & Praktik. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Handayani, R. (2019). Pengaruh Lingkungan Tempat Tinggal dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Bangsa, 6 (1), 20-30.

Jamil, H., & Fefri, I. A. (2014). Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Solok Selatan. Journal of Economic and Economic Education, 2 (2), 85-98.

Joni. (2015). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembagan Bahasa Anak Prasekolah (3-5 Tahun) Di PAUD Al-Hasanah Tahun 2014. Jurnal Paud Tambasui, 1(1), 42-48.

Kompri. (2016). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Ilyas, S. H. (2019). Pola Asuh Orang Tua Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak (Studi Di Desa Gondoriyo, Kec. Bergas, Kab. Semarang). Jurnal pendidikan, 4(1), 50-60.

Maliki. (2017). Hubungan Pola Auh Orang Tua Terhadap Disiplin Belajar Siswa di SMPN Kubang. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 5(1), 52-61.

Muhadi, A. I. (2015). Hubungan Pola Asuh Demokratis Terhadap Kemandirian Anak Di Taman Kanak-Kanak El-Hija Tambak Sari Surabaya. Jurnal Pendidikan Islam, 4 (1), 30-40.

Restiani, S., Saparahayuningsih, S., & Mona, A. (2017). Hubungan Antara Pola Asuh Demokratis Dengan Kemandirian Anak Di Kelompok A Paud IT Bina Iman Kabupaten Bengkulu Utara. Jurnal Potensia, 2(1), 45-55.

Sadirman, A. M. (2016). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta:PT Raja Grafindo Persada.

Suarman, J., & Gimin. (2018). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS SMA Negeri 1 Pangean. Jom FKIP, 5(2), 1-10.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v10i6.8237

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Ainur Rohmania Ainur Rohmania, Deka Setiawan Deka Setiawan, Khamdun Khamdun Khamdun

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id