ANALISIS POLA ASUH ORANG TUA YANG BEKERJA TERHADAP PEMBENTUKAN MORAL KEJUJURAN ANAK

Rosiana Rosiana, Irfai Fathurohman, Muhammad Syaffruddin Kuryanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola asuh orang tua yang bekerja terhadap pembentukan moral kejujuran anak. Penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dan dengan jenis penelitian studi kasus yang dilakukan di kelas V SDN 3 Mayonglor, Kecamatan Mayong, Kabupaten Jepara. Responden yaitu siswa, orang tua siswa dari jenis beberapa pekerjaan yang berbeda, dan guru. Pengumpulan data yaitu observasi tak berstruktur, wawancara tak berstruktur, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan analisis pola asuh orang tua yang bekerja terhadap pembentukan moral kejujuran anak adalah: 1) Bentuk pola asuh pada keluarga dengan jenis pekerjaan yang berbeda yaitu demokratis dan otoriter. Sedangkan berkaitan pada moral siswa, peneliti mengambil fokus pada moral kejujuran. Pada moral kejujuran anak masih perlu ditingkatkan lagi. Saran untuk orang tua dalam penelitian ini diharapkan dapat memberikan pola asuh yang tepat pada anak dan dapat membentuk serta meningkatkan moral kejujuran pada anak dengan lebih baik.

 

 


Keywords


pola asuh, orang tua bekerja, moral kejujuran

References


Adisusilo, S. (2013). Pembelajaran Nilai-nilai Karakter. Jakarta: Rajawali Pers.

Agustina, A. E. (2012). Pengaruh Pekerjaan Orang Tua terhadap Perilaku Sosial Siswa di SMP Negeri 1 Pabedilan Kecamatan Pabedilan Kabupaten Cirebon. Skripsi. Fakultas Tarbiyah. IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Azizah, I. N. (2019). Pengaruh Pola Asuh Demokratis Orang Tua terhadap Cara Bergaul Anak: Studi di Desa Derik, Susukan, Banjarnegara. Jurnal Studi Islam, Gender dan Anak, 14 (2), 329-345.

Badria, E. R., dan Fitriana, W. (2018). Pola Asuh Orang Tua dalam Mengembangkan Potensi Anak Melalui Homeshooling di Kancil Cendikia. JURNAL COMM-EDU, 1(1), 1-8.

Daradjat, Z. (2012). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Dewayani, S. (2016). Agar Anak Jujur (Panduan Menumbuhkan Kejujuran kepada Anak Sejak Dini). Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi RI Direktorat Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat.

Djamarah, S. B. (2017). Pola Asuh Orang Tua dan Komunikasi dalam Keluarga. Jakarta: Rineka Cipta.

Fathurrohman. (2019). Implementasi Pendidikan Moral di Sekolah Dasar. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), 3(1), 79-86.

Firdaus, S. A., dan Kustanti, E. R. (2019). Hubungan Antara Pola Asuh Otoriter dengan Pengambilan Keputusan Karier Pada Siswa SMK Teuku Umar Semarang. Jurnal Empati, 8 (1), 212-220.

Hafidhoh, N. B. (2019). Pola Asuh Orang Tua dalam Membentuk Moral Anak. Tesis. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.

Hasanah, E. (2019). Perkembangan Moral Siswa Sekolah Dasar Berdasarkan Teori Kohlberg. JIPSINDO, 2 (6), 131-145.

Inten, D. N. (2017). Penanaman Kejujuran Pada Anak Dalam Keluarga. Jurnal FamilyEdu, 3(1), 36-45.

Jamaluddin, D. (2013). Paradigma Pendidikan Anak dalam Islam. Bandung: Pustaka Setia.

K. Bertens. (2016). Pendidikan Karakter Berbasis Keluarga. Depok: Arruzz Media.

Lickona, T. (2012). Mendidik untuk Membentuk Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Meleong, L. J. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya.

Mirantika, N. R. (2016). Hubungan Pola Asuh Permisif dan Otoriter dengan Kenakalan Remaja. Skripsi. FKIP. Universitas Negeri Semarang.

Rahardjo, M. (2017). Studi Kasus dalam Penelitian Kualitatif: Konsep dan Prosedurnys. http://repository.uin-malang.ac.id/1104

Reskia, S, et al. (2014). Pengaruh Pendidikan Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Siswa di SDN Inpres I Birobuli. Elementary School of Education E-Journal, 2(2), 83.

Sari, C. & Wahyuni, P. (2020). Pengaruh Pola Asuh Otoriter Orang Tua Bagi Kehidupan Sosial Anak. JURNAL PENDIDIKAN dan KONSELING, 2 (1), 76-80.

Satrianingrum, A. P., dan Andriyanti, E. (2020). Resiko Pengasuhan Permisif Orang Tua dan Nenek Pada Pencapaian Bahasa Anak. Jur. Ilm. Kel. & Kons, 13 (3), 239-249.

Sukamto, R. N., dan Fauziah, P. (2021). Identifikasi Pola Asuh Orang Tua di Kota Pontianak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5 (1), 923-930.

Shochib, M. (2014). Pola Asuh Orang Tua dalam Membantu Anak Mengembangkan Disiplin Diri. Jakarta:Rineka Cipta.

Yasbiati, et al. (2019). Profil Kejujuran Anak Usia 5-6 Tahun di RA-At-Taufiq Kota Tasikmalaya. Jurnal Pendidikan Anak, 8 (2), 99-106.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v10i6.8235

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Rosiana Rosiana Rosiana, Irfai Fathurohman Irfai Fathurohman, Muhammad Syaffruddin Syaffruddin Muhammad Syaffruddin Kuryanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id