PENGARUH STRATEGI POW + C- SPACE TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS NARASI SISWA KELAS V DI SDN 102 PEKANBARU

Otang Kurniaman, Adian Syahputra Nasution, Zariul Antosa, Munjiatun Munjiatun

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan menulis siswa pada pembelajaran keterampilan menulis narasi pada kelas tinggi. Hal ini disebabkan karena beberapa masalah yang dialami siswa, diantaranya siswa tidak mengetahui unsur-unsur dalam menulis karangan narasi, penggunaan kata dan tanda baca yang benar, cara menyusun kalimat serta mengungkapkan ide yang dimiliki ke dalam karangan narasi. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan dan peningkatan pretest dan post test dengan menggunakan strategi POW + C-SPACE terhadap keterampilan menulis narasi siswa kelas V SDN 102 Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan metode pre-experimental design. Adapun sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data dengan tes. Instrumen penelitian berupa tes keterampilan menulis narasi dalam pelajaran bahasa Indonesia. Berdasarkan hasil dari penelitian diperoleh peningkatan yang signifikan antara nilai rata-rata kelas pada tes awal (pretest) yaitu 60,36 dan nilai rata-rata kelas pada tes akhir (posttest) yaitu 79,9. Pada indeks gain terdapat perbedaan dengan rata-rata peningkatan 0,51 yaitu kategori sedang.



 


Keywords


Strategi POW + C- Space, Keterampilan Menulis Narasi

References


Arvianta, D. P. (2013). Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Melalui Model Pembelajaran Kontekstual Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Ngawonggo 1 Kabupaten Magelang. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.

Asmara, T. A. (2016). POW+C-SPACE (Pick Idea, Organize, And Write+Characters, Setting, Purpose, Action, Conclusion, Emotions): A Strategy To Teach Writing Viewed From Students Creativity. An Experimental Study of the Eight Grade Students of SMP Negeri 5 Surakarta. English Education Department Graduate School. Teacher Training and Education Faculty. Sebelas Maret University. Surakarta.

Emilsa, L., & Guslinda. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Flash Card terhadap Keterampilan menulis karangan narasi Siswa Kelas III SDN 188 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 8 (2), 101-114.

Harris, Karen, dkk. (2018). Powerfull Strategies For All Students. Baltimore: Paul J. Brookes Publishing Co.

Keraf, Gorys. (2010). Argumentasi dan Narasi. Jakarta: Gramedia.

Kristantari, Rini. (2010). Pembelajaran Menulis di Sekolah Dasar: Menulis Narasi dan Deskripsi. Surabaya: Media Ilmu.

Nurgiyantoro. Burhan. (2014). Penilaian Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Kompetensi. Bandung: BPFE-YOGYAKARTA.

Rofi’uddin, Ahmad dan Zuchdi, Darmiyati. (1999). Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi . Jakarta :Depdikbud Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.

Rosdiana, dkk. (2009). Materi Pokok Bahasa dan Sastra Indonesia di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sadhono, Kundharu dan Slamet, Y. (2012). Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Bandung: Karya Putra Darwanti.

Sari, D.P. (2019). Perbedaan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Dengan Menggunakan Teknik Outline (Kerangka Karangan) Siswa Kelas V SD negeri 161 Pekanbaru. Jurnal PAJAR (Pendidikan Pengajaran), 3 (4), 954-965.

Solchan, T.W., dkk. (2010). Pendidikan Bahasa Indonesia di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sudjana. (2005). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sundayana, Rostina. (2014). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Supardi. (2013). Aplikasi Statistika dalam Penelitian Edisi Revisi. Jakarta: Change Publication.

Tarigan, H.G. (2008). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v10i6.8176

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Adian Syahputra Nasution

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id