POLA ASUH ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19

Mariska Nadya Putri, Irfai Fathurohman, Deka Setiawan

Abstract


 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pola asuh orang tua selama pemelajaran daring dimasa pandemic di desa Plangitan Pati. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pola asuh orang tua selama ini menggunakan pola asuh demokratis pada anak untuk mendidik, memberikan perhatian, memberikan kasih sayang keluarga dan memberikan semangat untuk belajar. Orang tua sangat memberikan hal-hal yang positif untuk anak selama pembelajaran daring tersebut, agar anak tidak merasa bosan, merasa tugasnya banyak, tugasnya sulit, orang tua selalu memberikan cara yang baik untuk anak tidak  mudah bosan dalam belajar. Dalam pembelajaran daring ini membuat anak merasa tugas setiap hari dan banyak tanggung jawab atas tugas-tugasya, maka dari itu anak merasa lebih bosan dari pada semanagat untuk belajarnya. Penelitian saya yang saya ketahui hanya satu anak yang begitu senang dan tanpa kesulitan dalam pembelajaran daring, pembelajaran daring tersebut menggunakan aplikasi whatsapp, classroom dan zoom.

 


Keywords


Pola Asuh Orang tua, Pembelajaran Daring

References


Ahmadi, Abu. 2007. Sosiologi Pendidikan. Jakarta: PT. rineka Cipta.

Baumrind, Silalahi. 2010. Keluarga Indonesia Aspek Dan Dinamika Zaman. Jakarta. Rajawali Pres.

Dasopa Muhammad Darwis, Dasopang. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman. Vil. 03. No. 2 Desember 2017.

Daeng Ayub Natuna. 2006. Teknik Penulisan Karya Ilmiah dan Buku Pecan Baru Departemen Pendidikan Nasional FKIP Universitas Riau.

Desmita. 2012. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung. Remaja Roda Karya.

Ericha Windhiyana Pratiwi. 2020. Dampak COVID-19 Terhadap Kegiatan Pembelajarn Online Di Sebuah Perguruan Tinggi Kristen Di Indonesia. Salatiga. Jurnal Perpektif Ilmu Pendidikan. Vol 34. No 1 April 2020.

Fathi. 2011. Mendidik Anak Dengan Alqur’an. Bandung. Pustaka Oasis.

Hasanah, dkk. 2020. Analisis Aktivitas Belajar Daring Mahasiswa Pada Pandemi COVID-19. Jurnal Psikologi. Vol 1. No 1.

Indah, Pratiwi. 2010. Perilaku Prososial Ditinjau dari Empiris dan Kematangan Emosi. Jurnal Psikologi. Vol 1. No 1. Kudus : Universitas Muria Kudus.

Latsuba, Sofyana, Abdul Rozaq. 2019. Pembelajaran Daring Kombinasi Berbasis Whatsapp Pada Kelas Karyawan Prodi Teknik Informatika. Universitas PGRI Madiun. Madiun. Jurnal Nasional Pendidikan. Vol 8. No 1 Maret 2019.

Mahmud, Heri Gunawan, dkk. 2013. Pendidikan Agama Islam Dalam Keluarga. Jakarta : akademia Permata.

Menteri Pendidikan. 2020. Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Pendidikan Dalam Masa Darurat Corona Virus (COVID-19).

Muhammad Darwis Dasopang. 2014. Perspektif Strategi Pembelajaran Akhlak Mulia Membangun Transformasi Sosial Siswa SMP. Studi Multidispliner. Jurnal pendidikan. Vol 1. No 1. 2014.

Qurrota, Ayun. 2017. Pola Asuh Orang Tua Dan Metode Pengasuhan Dalam Bentuk Kepribadian Anak.

Rahmawati, Fitria. 2014. Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa SD Kelas IV Semester Genap Di Kecamatan Melayu-Jembrana. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesa. Vol 2. No 1. 2014.

Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta. PT Rajagrafindo Peserda.

Ristia, Fitriyani. 2015. Peran Pola Asuh Orang Tua Dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosi Anak. Samarinda. Jurnal Peran Pola Asuh Orang Tua. Vol XVIII. No 1. Juli 2015.

Rousseau, J.J. 2003. Ilmu Pendidikan. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada.

Santrock, jhon. 2002. Perkembangan Masa Hidup Edisi Ke-5 Jilid 1. Jakarta. Erlangga.

Shochib, moh. 2010. Pola Asuh Orang Tua Dalam Membantu Anak Mengembangkan Disiplin Diri. Jakarta. Rineka Cipta.

Sjarkawi, 2011. Pembentukan Kepribadian Anak Peran Moral, Intelektual, Emosional Dan Social Sebagai Wujud Integrasi Membangun Jatidiri. Jakarta. Bumi aksara.

Sobron A, Bayu, Rani dan Meidawati. 2019. Persepsi Siswa Dalam Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Minat Belajar IPA. Sukoharjo. Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme. Vol. no 2. Desember 2019.

Susanto A, 2013. Teori Belajar Dan Pembelajaran Disekolah Dasar. Jakarta. Kencana Prenada Media Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i1.8165

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Mariska Nadya Mariska Nadya Putri, Irfai Fathurohman IrfaiFathurohman, Deka Setiawan Deka Setiawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id