PERAN GURU DALAM MENANAMKAN KARAKTER DISIPLIN PADA SISWA KELAS IV MELALUI KEGIATAN PEMBELAJARAN DI SDN KARAWACI BARU 6

Rita Novia Elviana, M. Hosnan, Suparno Suparno

Abstract


Disiplin adalah salah satu kunci sukses. Disiplin tidak hanya dimiliki oleh siswa, tetapi semua pekerjaan harus disiplin untuk menunjukkan bahwa nilai-nilai ketaatan dan ketertiban sesuai dengan norma dan aturan yang berlaku. Guru juga berperan penting dalam memecahkan masalah kurangnya disiplin di kalangan siswa. Karena siswa banyak mengabiskan waktunya di sekolah dengan guru, terutama guru kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana guru menanamkan kedisiplinan pada siswa kelas IV melalui kegiatan pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, obeservasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru SDN Karawaci Baru 6 dapat melakukan proses penanaman karakter disiplin pada siswa kelas IV dan mengetahui bagaimana cara mencapai karakteristik mata pelajaran melalui kegiatan pembelajaran.

 

 


Keywords


pendidikan, peran guru, karakter disiplin, kegiatan pembelajaran

References


Darmiatun, Daryanto Suryatri. 2013. Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Gava Media

Hosnan, M. 2016. Etika Profesi Pendidik. Bogor: Ghalia Indonesia

Hosnan, M. 2016. Etika Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bogor: Ghalia Indonesia

Iman, Gunawan. 2013. Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara

Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset

Muhammad Uzer Usman. 2013. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Prijodarminto, Soegeng. 1994. Disiplin Kiat Menuju Sukses. Jakarta: Abadi

Samani, Muchlas dan Hariyanto. 2013. Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitaif, Kualilatif, dan RnD. Bandung: Alfabeta

Taufik, M. 2013. Pengantar Pendidikan. Bandung: CV Mujahid Press

Tu’u, Tulus. 2017. Peran Disiplin pada Prilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i1.8141

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Rita Novia Elviana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id