PENGARUH MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP LITERASI SISWA SEKOLAH DASAR
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abidin, Y. (2015). Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama.
Agoestiowati, R. (2017). Branding Sosial KKPK: Tinjauan pada Minat Literasi Anak-anak Majalah Ilmiah Institut STIAMI.
Apriliana, A.C. (2016). Picture Word Inductive Model (PWIM) dalam Pembelajaran Membaca dan Menulis Permulaan Di Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogik Vol. IV, No. 1
Balitbangbud. (2003). Literasi Anak Indonesia. Jakarta: Kemendikbud.
Baswedan, A. R. (2014). Gawat Darurat Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Kemdikbud.
Borg & Gall. (2010). Applying Educational Research. Boston: Pearson Education, Inc.
Delviani, D. (2016). Penerapan Model Kooperatif Tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) Berbantuan Media Puzzle Kalimat untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak dalam Menentukan Pikiran Pokok. Jurnal Pena Ilmiah. [Online], Vol. 1, No. 1, Tersedia: https://ejournal.upi.edu/index.php/penailmiah/article/view/2935
Halimah, A. (2014). Metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Dalam Pembelajaran Membaca dan Menulis di SD/MI. Jurnal Pendidikan Dasar. [Online], Vol. 1. No. 1, 27-35. Tersedia: http://journal. uin-alauddin.ac.id/index.php/auladuna/article/view/539
Hartati, T. (2010). Penulisan Kreatif di Sekolah Dasar. Penang: USM.
Hartati, T. (2011). Pengembangan Literasi di Daerah Pinggiran Jawa Barat: Pedagogik Praktis yang Berkualitas. Bandung: Rizki Press.
Hartati, T. (2016). Multimedia dalam Pengembangan Literasi di Sekolah Terpencil. Jurnal Sekolah Dasar. 25 (1), hlm. 47-54.
Hartati, T. (2018). Pedagogi Bahasa Berperspektif Multiliterasi di Sekolah Dasar. Makalah pada FGD Pengajuan Guru Besar, Fakultas Ilmu Pendidikan.
Huda, M. (2011). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
INAP. (2016). Hasil Indonesian National Assessment Programme. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kurniasih, I dan Berlin, S. (2015). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalisme Guru. Cetakan Ke1. Yogyakarta: Kata Pena.
Mayuni, I. (2017). Pengantar Diskusi Penyusunan Pedoman dan Materi Gerakan Literasi Nasional untuk Guru. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Pusat Penilaian Pendidikan. (2003). PISA (Programme for International Student Assessment). Jakarta: Depdiknas.
Riadi, M. (2017). Model Pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition). [Online]. Tersedia: https://www.kajian pustaka.com/2017/10/model-pembelajaran-circ.html
Rianti, H. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated and Composition) Berbantuan Metode Garis Pada Soal Matematika. [Online]. Tersedia: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/951
Sulistiantini. (2014). Pengaruh CIRC terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V Gugus XI Kec. Buleleng Tahun 2013. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. 2(1), 1-10. Tersedia: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/
Teguh, M. (2017). Gerakan Literasi sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional “Aktualisasi Kurikulum 2013 melalui Gerakan Literasi Sekolah untuk Menyiapkan Generasi Unggul dan Berbudi Pekerti”.
Toharudin, et.al. (2011). Membangun Literasi Sains Peserta Didik. Bandung: Humaniora.
USAID Prioritas. (2014). Pembelajaran Literasi Kelas Awal di LPTK. Jakarta: USAID.
Yudasmini, M. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran CIRC terhadap Minat Baca dan Kemampuan Memahami Bacaan pada Siswa Kelas VI di Sekolah Dasar Gugus Buruan. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. [Online], 5(1), 1-9. Tersedia: https://www.neliti.com/publications/207279/pengaruhmodelpembelajaran-circ-terhadap-minat-baca-dan-kemampuan-memahami-baca.
DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v10i1.8091
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Tatat Hartati, Anggi Citra Apriliana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
____________________________________________________________
Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id