PENGEMBANGAN MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR DWIBAHASA SEBAGAI SARANA APRESIASI SASTRA KELAS IV SEKOLAH DASAR
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Adipta, H. (2016). Pemanfaatan Buku Cerita Bergambar sebagai Sumber Bacaan Siswa SD. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(5), 989-992.
Aminuddin. (2004). Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Aglesindo.
Arikunto, S. (2006). Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineke Cipta.
Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Djuanda, D. (2014). Pembelajaran Sastra dalam Gamitan Kurikulum 2013. Jurnal Mimbar Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Sumedang, 1(2):192-200.
Gustanti, R. R. (2018). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Tema 1 Subtema 1: Aku dan Diriku untuk Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Skripsi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.
Jamaludin, U., & Reza, R. (2017). Pembelajaran Pendidikan IPS Teori, Konsep,dan Aplikasi bagi Guru dan Mahasiswa. Bekasi: CV Nurani.
Mandarani, V., & Ermawati, Z. N. (2017). Kajian Minat Membaca Siswa terhadap Karya Sastra. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 6(1):26-31.
Margono. (2007). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Ngura, E. T. (2018). Pengembangan Media Buku Cerita Bergambar untuk Meningkatkan Kemampuan Bercerita dan Perkembangan Sosial Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini STKIP Citra Bakti, 5(1):6-14.
Nurgiyantoro, B. (2005). Sastra Anak Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Purwanto, N. (2013). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sadiman, A, S., dkk. (2012). Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suhita, S., & Rahmah, P. (2018). Apresiasi Sastra Indonesia dan Pembelajarannya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sukma, E., dan Johari, A. (2016). Kompetensi Kognitif Pembelajaran Apresiasi Sastra di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia, 2 (1):1-11.
Suprani. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas Rendah Sekolah Dasar. Medan: Harapan Cerdas.
Suryani, N., dkk. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Tarigan, H. G. (2011). Dasar-Dasar Psikosastra. Bandung: Angkasa.
Ulumi, H., dkk. (2017). Peta Bahasa Masyarakat Banten. Serang: Laboratorium Bantenologi.
Waluyo, H. J. (2011). Pengkajian Prosa Fiksi. Surakarta: UNS Press.
DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v10i4.8070
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Khusnul Khotimah, Rina Yuliana, Sundawati Tisnasari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
____________________________________________________________
Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id