PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU SAKU BERBASIS MIND MAPPING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATERI KEADAAN GEOGRAFIS INDONESIA DI KELAS V SD
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Bineka Cipta.
Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo.
Asyari, A. dan Helda. S. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Buletin dalam Bentuk Buku Saku untuk Pembelajaran IPA Terpadu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(1), 1-13.
Buzan, T. (2007). Buku Pintar Mind Map. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Eliana, D. dan Solikhah. (2012). Pengaruh Buku Saku Gizi terhadap Tingkat Pengetahuan pada Anak Kelas 5 Muhammadiyah Dadapan Desa Wonokerto Kecamatan Turi Kabupaten Sleman Yogyakarta. Jurnal KESMAS, 6(2), 162-232.
Hartati, S. dkk. (2017). Pengaruh Kemampuan Pemahaman Konsep, Kemampuan Komunikasi dan Koneksi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 41-59.
Komariah, S. dkk. (2018). Analisis Pemahaman Konsep dalam Memecahkan Matematika ditinjau dari Minat Belajar Siswa: Sosiohumaniora. Jurnal LP3M Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakart, 4(2), 2-3.
Mehakati, F. U. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan (Mind Mapping) pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(6), 678-684.
Purwanto, M. N. (2013). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Purwono, U. (2008). Standar Penilaian Buku Pelajaran. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.
Rafianti, I. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Matematika Berbasis Multiple Intelligences untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep, Pelajaran Matematis dan Self-Confidence Peserta Didik MTS. Skripsi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Riduwan. (2009). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.
Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sugiyomo. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, N. S. (2013.) Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sulistyani, N. H. D. (2013). Perbedaan Hasil Belajar Siswa antara Menggunakan Media Pocket Book dan Tanpa Pocket Book pada Materi Kinematika Gerak Melingkar Kelas X. Jurnal Pendidikan Fisik, 1(1), 171.
Yuliani, F. dan Lina H. (2015). Pengembangan Buku Saku Materi Pemanasan Global untuk SMP. Jurnal Pendidikan Biologi, 4(1), 104-110.
DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v10i1.8068
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Desi Ayu Pratiwi, Ana Nurhasanah, Zerri Rahman Hakim
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
____________________________________________________________
Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id