PENGARUH STRATEGI DIRECTED READING THINKING ACTIVITY TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA INTENSIF SISWA SEKOLAH DASAR
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abidin, Y. (2012). Pembelajaran Membaca Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: PT Refika Aditama
Aini, N. (2013). Penerapan Strategi PQ4R untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Intensif Siswa Kelas VIII MTs Muhammadiyah 1 Malang Tahun Pelajaran 2008/2009. Jurnal Artikulasi, 8(2), 503-523.
Al Odwan, T. A. A. H. (2012). The effect of the directed reading thinking activity through cooperative learning on English secondary stage students’ reading comprehension in Jordan. International Journal of Humanities and Social Science, 2(16), 138-151.
Bariska, H. F. (2013). Penerapan Strategi Direct Reading Thinking Activity (DRTA) untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 1-8.
Bunadi, N. M. R., Sutama, I. M., Sutresna, I. B., & Si, M. (2014). Penerapan Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) Berbantuan Media Gambar untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Cerpen pada Siswa Kelas VII E SMP Negeri 4 Kubutambahan. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 2(1), 1-10.
Dewi, N. P. W. C., Sudiana, I. N., & Darmayanti, I. A. M. (2014). Penerapan Strategi Kwl (Know, Want To Know, Learned) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Intensif Siswa Di Kelas VII D SMP Negeri 1 Sawan. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 2(1), 1-11.
Efendi, T., & Suhardi, S. (2015). Peningkatan kemampuan membaca intensif melalui cooperative learning tipe STAD kelas VI SDN 8 Padang Laweh. Jurnal Prima Edukasia, 3(1), 97-107.
Eliyasni, R., Kenedi, A. K., & Sayer, I. M. (2019). Blended Learning and Project Based Learning: The Method to Improve Students’ Higher Order Thinking Skill (HOTS). Jurnal Iqra': Kajian Ilmu Pendidikan, 4(2), 231-248.
Farboy, S. (2013). Penerapan metode cooperative integrated reading and composition (circ) untuk meningkatkan kemampuan menemukan gagasan utama sebuah teks pada siswa kelas VII di SMP Negeri 3 Batu tahun ajaran 2008/2009. Jurnal Artikulasi, 7(1), 415-431.
Harsono, A. S. R., Fuady, A., & Saddhono, K. (2012). Pengaruh Strategi Know Want To Learn (KWL) Dan Minat Membaca Terhadap Kemampuan Membaca Intensif Siswa SMP Negeri Di Temanggung. Basastra, 1(1), 142-152.
Juniyarti, J., & Mulyati, Y. (2018, November). Integrasi Kearifan Lokal Sebagai Upaya Mengasah Keterampilan Berpikir Kritis Dalam Membaca Intensif. In Seminar Internasional Riksa Bahasa (pp. 1051-1060).
Kenedi, A. K., Eliyasni, R., & Fransyaigu, R. (2019, December). Jigsaw using animation media for elementary school. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1424, No. 1, p. 012027). IOP Publishing.
Khair, U. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (BASASTRA) di SD dan MI. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 81-98.
Marnius, M. (2015). Penerapan Strategi DRTA (Directed Reading Thinking Activity) untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Mencari Gagasan Pokok Karangan Narasi pada Siswa Kelas IV Sdn 003 Pagaran Tapah Darussalam. Primary, 5(3), 42-50.
Murda, N., & Purwanti, P. D. (2017). Penerapan Strategi Pembelajaran Think Pair Shareuntuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Intensif Siswa. International Journal of Elementary Education, 1(1), 11-18.
Puspidalia, Y. S. (2012). Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia di MI/SD Dan Alternatif Pemecahannya. Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 10(1), 121-134.
Resmiati, T. F. (2017). Peningkatan Kemampuan Membaca Intensif dan Kemampuan Berpikir Analitik dengan Metode GIST (Generating Interaction Schemata And Text) melalui Pendekatan Saintifik. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 2(1), 138-158.
Rodiyah, S. (2016). Penerapan strategi DRTA (directed reading thinking activity) dalam pembelajaran membaca pemahaman siswa tunarungu kelas VIII DI SLB. Jurnal Pendidikan Khusus, 8(2),1-12.
Rohaeti, R. (2017). Peningkatan Penguasaan Materi Membaca dan Membuat Kalimat melalui Media Gambar Dua Dimensitema Kegiatanku pada Siswa Kelas 1 SD Negeri Banjaran. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(1), 6-15.
Sari, I. P., St Y, S., & Rintayati, P. (2013). Pengaruh Metode Pembelajaran SQ3R terhadap Kemampuan Membaca Intensif. Didaktika Dwija Indria, 1(5), 1-7.
Satria, T. G. (2017). Meningkatkan Keterampilan Menyimak Melalui Pendekatan Saintifik Pada Anak Kelas Iv Jakarta Barat. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(2), 114-120.
Sudiarti, S. (2015). Peningkatan Keterampilan Membaca Teks Arab Gundul melalui Aktifitas Membaca Intensif Berbasis Gramatikal: Studi Kasus Mahasiswa Bahasa dan Sastra Arab IAIN STS Jambi. FENOMENA, 7(1), 29-42.
Sugiarti, U. (2012). Pentingnya Pembinaan Kegiatan Membaca Sebagai Implikasi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Basastra, 1(1), 1-11.
Winarni, R., & Daryanto, J. (2013). Peningkatan Kemampuan Membaca Intensif Dengan Menggunakan Pendekatan Somatic, Auditory, Visual, And Intellectual (SAVI). Didaktika Dwija Indria, 2(3), 1-5.
Yastuti, T. (2012). Peningkatan Keterampilan Membaca Intensif Dengan Metode PQRST Pada Siswa Kelas VIII Pada Siswa Kelas VIII SMP N 2 Semarang. Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran, 6(2), 120-135.
Yazdani, M. M., & Mohammadi, M. (2015). The explicit instruction of reading strategies: directed reading thinking activity vs. guided reading strategies. International Journal of Applied Linguistics and English Literature, 4(3), 53-60.
Yuliani, N. (2013). Penerapan Strategi SQ3R Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Intensif Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 1-10.
DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v9i2.7880
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Dolandari Misvaindra, Elfia Sukma
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
____________________________________________________________
Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id