PENGARUH MEDIA GAMBAR DAN LAGU BUDDHIS TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA BUDDHA
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Alwi, H. (2002). Kamus besar bahasa indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Arif, Z. (1994). Andragogi. Bandung: Angkasa.
Amir, A. (2016). Penggunaan Media Gambar dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Eksakta, 2 (1), 34-55.
Anglin, G.J. (1995). Instructional technology, past, present and future. Colorado: Libraries Unlimited Inc.
Anggraeni, S.W. (2016). Penggunaan Media Lagu Anak Dalam Meningkatkan
Hasil Pembelajaran Menulis Puisi. Jurnal Sekolah Dasar, 1 (1), 49-60.
Arsyad, A. (2007). Media pengajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Dimyati & Mudjiono. (1999). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Fitriani. U, Karyadi. B, & Ansori, I. (2017). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Biologi Siswa SMP. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi 1(1), 83-92.
Good, C.V. (1945). Dictionary of education. New York: McGraw-Hill Book Company.
Hadjar, I. (1996). Dasar-dasar metodologi penelitian kuantitaif dalam pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Hamalik, O. (1995). Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamalik, O. (2006). Proses belajar mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamju, A. (1980). Pengetahuan seni musik. Jilid ketiga. Jakarta: Mutiara Sumber Widya.
Hammond, L.D. (2006). Powerful teacher education. Francisco: Jossey-Bass Publisher.
Heinich, R. et al. (1996). Instructional media and the new technologies of instruction. New York: John Wiley & Sons.
Hoy, A.W. (2007). Educational psychology (10th ed). New York: Pearson.
Jamalus. (1988). Pengajaran musik melalui pengalaman musik. Jakarta: Depdikbud.
Kosadi Hidayat & Iim Rahmina,. (1995). Perencanaan pengajaran. Bandung: Binacipta.
Muijs, D & Reynolds, D. (2008). Effektive teaching evidence and practice. London: SAGE Publications Ltd.
Munadi. Y. (2008). Media pembelajaran; sebuah pendekatan baru. Jakarta: Gaung Persada Pers.
Ortiz, J.M. (2002). Menumbuhkan anak-anak yang bahagia, cerdas, dan percaya diri dengan musik (Terjemahan Juni Prakoso). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Parkins, E.G. (2019). Arab students’ perceptions of university music education in the United Arab Emirates: A discussion of music education and cultural relevance. International Journal of Music Education, 37(4) 524 –535. https://DOI: 10.1177/0255761419853627
Pitts. S. E. (2016). Music, Language and Learning: Investigating the Impact of a Music Workshop Project in Four English Early Years Settings. International Journal of Education & the Arts, 17 (20), 1-25
Porter, D.B. & Hernacki, M. (2003). Quantum learning membiasakan belajar nyaman dan menyenangkan. (Terjemahan Alwiyah Abdurrahman). Bandung: Kaifa.
Rahmawati, S. (Ed). (2001). Mencetak anak cerdas dan kreatif. Jakarta: Penerbit Buku Kompas.
Rohman, M & Hairudin. (2018). Konsep Tujuan Pendidikan Islam Perspektif Nilai-Nilai Sosial Kultural. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 9 (1), 21-35.
Sadiman, A.S, dkk. (2009). Media pendidikan: Pengertian, pengembangan dan pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sanjaya, W. (2008). Perencanaan dan desain sistem pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Schewe, P.F. (6 November 2009). Music improves brain function. Article. Diambil pada tanggal 2 Januari 2011, dari http://www.livescience.com/7950-music-improves-brain-function.html
Setiani. A.C, Setyowani. N, & Kurniawan. K. (2014). Meningkatkan Konsentrasi Belajar Melalui Layanan Bimbingan Kelompok. Indonesia Journal of Guidance and Counseling Theory And Application, 3 (1), 37-52.
Siregar, R. (2017). Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, sains, dan Humaniora, 3 (4), 715-722.
Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Soemanto, W. (1984). Psikologi pendidikan. Jakarta: Bina Aksara
Suciati, Kartowagiran, B., Munadi, S., & Sugiman. (2019). The Single-Case Research of Coastal Contextual Learning Media on the Understanding of Numbers Counting Operation Concept. International Journal of Instruction, 12(3), 681-698. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12341a
Sudjana, N & Rivai, A. (2009). Media pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sudjana, N. (2005). Dasar-dasar proses belajar mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Sutawi, T.K. (2018). Three Characters Moulded in Music Education. Harmonia: Journal of Arts Research and Education 18 (2), 200-207. http://dx.doi.org/10.15294/harmonia.v18i2.9976.
Winarno, S. (1989). Pengantar interaksi belajar mengajar. Bandung: Tarsito.
Winkel, W.S. (1989). Psikologi pengajaran. Jakarta: Gramedia.
Vidyawati. S, & Hasanah. M. (2019). Efektivitas Musik Klasik Untuk Menciptakan Suasana Hati Positif Pada Siswa Smp Semen Gresik. Psikosains, 14 (1), 71-81
DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v9i4.7868
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Hariyanto Hariyanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
____________________________________________________________
Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id