ANALISIS KARAKTER TANGGUNG JAWAB SISWA KELAS V SD NEGERI 136 PEKANBARU

Nur’aini Nur’aini, Lazim N

Abstract


Penelitian deskriptif kuantitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakter tanggung jawab siswa kelas V SD Negeri 136 Pekanbaru. Penelitian ini dilakukan karena kurangnya kesadaran siswa akan tanggung jawab di sekolah dan di rumah. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas V SD Negeri 136 Pekanbaru yang berjumlah 136 siswa dan sampel berjumlah 48 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas V SDN 136 Pekanbaru bertanggung jawab baik di sekolah maupun di rumah. Ditunjukkan dari hasil analisis siswa mengerjakan PR sebanyak 74.48%, mengulangi pelajaran di rumah persentase sebanyak 58.68%, membantu orangtua di rumah persentase sebanyak 66.87%, mengerjakan tugas piket kelas sebesar 70.31%, mengerjakan tugas kelompok bersama dengan teman kelompok sebesar 68.75%, mengerjakan tugas individu sebesar 70.31%, menjaga kebersihan sekolah sebesar 69.44%, meminta maaf kepada teman jika bersalah sebesar 61.20%. Dapat disimpulkan siswa kelas V SD Negeri 136 Pekanbaru bertanggungjawab baik di rumah maupun di sekolah. Dengan demikian, pihak sekolah maupun guru hendaknya dapat lebih meningkatkan penanaman karakter tanggung jawab di sekolah.

Keywords


character, responsibility

References


Adawiyah, R. (2019). Analisis karakter disiplin dan kerja kersa pada kelas V SD Negeri 161 Pekanbaru. Universitas Riau

Haqiqi, M., Mariani, S., & Masrukan, M. (2017). Karakter Tanggung Jawab dan Keterampilan Komunikasi pada Pembelajaran Berpendekatan PMRI Berbantuan Scaffolding Materi Pecahan Abstrak. Journal of Primary Education, 6 (1) 21-26.

Kurniawan, S. (2016). Pendidikan karakter konsepsi & implementasinya secara terpadu di lingkungan keluarga, sekolah, dan perguruan tinggi. Jakarta: Ar-Ruzz Media.

Kurniawati, R. (2014). Penanaman Karakter Tanggung Jawab Siswa Pada Pelaksanaan Ulangan Harian dalam Mata Pelajaran PKN (Studi kasus: Siswa kelas VII B MTs Muhammadiyah 07 Klego Boyolali Tahun Ajaran 2013/2014). Skripsi. Dikutip dari http://eprints.ums.ac.id/29729/

Lickona, T. (2015). Character Matters. Jakarta: Bumi Aksara.

Maunah, B. (2014). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembentukan Kepribadian holistik Siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 5(1), 90–101.

Mulyasa. (2014). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Nurfati'ah. (2017). Penanaman Karakter Tanggung Jawab Pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah Darur hikmah Bantarsoka Kecamatan Purwokerto Barat Kabupaten Banyumas. Skripsi. IAIN Purwokerto. Dikutip dari http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3436/

Novriyanti, D. (2013). Keefektifan Konseling Kelompok Realita Untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Siswa dalam Mengerjakan Pekerjaan Rumah (PR). Jurnal BK UNESA, 1 (1). Dikutip dari https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/issue/view/214

Rahayu, R. (2016). Implementasi Pembelajaran Nilai Tanggung Jawab Pada Siswa Kelas III SD 1 Pedes Sedayu Bantul Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(5)

Shoimin, A. (2014). Guru berkarakter untuk implementasi pendidikan karakter. Yogyakarta: Gava Media.

Sudijono, A. (2019). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Sugiyono. (2012). Statistik untuk penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suyadi. (2013). Strategi pembelajaran pendidikan karakter. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Syaodih, N. (2015). Metode penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Wibowo, A. (2012). Pendidikan karakter strategi membangun karakter bangsa berperadaban. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v9i3.7846

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Nur’aini Nur’aini, Lazim N

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id