MANAJEMEN SUPERVISI AKADEMIK DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DI SDN DEWI SARTIKA CBM KOTA SUKABUMI

Suharyanto H Soro, Sri Handayani, Nana Mulyana, Rahmat Mulyana, Tantan Hadian

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen supervise akademik dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru di SDN Dewi Sartika CBM Kota Sukabumi, dengan menggunakan metode penelitian deskriftif kualitatif. Studi dilakukan dengan menganalisis tahapan Perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan penilaian yang dilaksanakan di sekolah. Penelitian diawali dengan melakukan wawancara dan observasi lapangan. Dengan indicator perencanaan sebagai berikut: 1) mengidentifikasi perencanaan supervise, 2) merumuskan tujuan dan kriteria output supervise akademik, 3) menyusun jadwal supervise akademik, 4) menelaah instrument supervise akademik. Indicator pengorganisasian: 1) menentukan pelaksanaan supervise, 2) menentukan guru yang akan disupervisi. Indicator pelaksanaan: 1) menelaah administrasi perangkat pembelajaran, 2) menelaah rencana pelaksanaan pembeajaran, 3) melaksanakan supervise pelaksanaan proses pembelajaran, 4) melaksanakan supervise penilaian hasil belajar. Sedangkan indicator penilaian meliputi: 1) observasi supervise penilaian hasil belajar, 2) melakukan analisis hasil pengamatan pelaksanaan pembelajaran, 3) analisis data supervise akademik, 4) menentukan tindak lanjut supervise akademik. Manajemen supervise akademik ini dirasakan sangat perlu untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru terutama pendampingan guru di kegiatan pembelajaran implementasi kurikulum merdeka. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi lapangan ditemukan ketercapaian sekitar 74,38% dengan kriteria cukup dalam kompetensi pedagogic guru membuat perencanaan, melaksanakan pembelajaran dan penilaian pembelajaran.


Keywords


supervisi akademik, pedagogik guru, kurikulum merdeka

References


As’ari, N. D., Tajudin, T., Yulianti, Y., Sauri, S., & Fatkhullah, F. K. (2021). Cooperative and Conflict dalam Kepemimpinan Pendidikan Berbasis Agama, Filsafat, Psikologi dan Sosiologi. Edulead: Journal of Education Management, 3(1), 27-42. https://doi.org/10.47453/edulead.v3i1.383

Arikunto, S. (2004). Dasar-dasar supervisi. Jakarta: Rineka Cipta.

An, S. E. Abdul Majid. (2008). Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: RosdakaryaOffsett. Agustina, P. (2015). Pengembangan PCK (Pedagogical Content Knowledge) Mahasiswa Calon Guru Biologi FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta Melalui Simulasi Pembelajaran. Jurnal Penelitian dan. Educational Technology AndSociety, 16, 2.

Dikdasmen. 2004. Kompetensi Guru, Dikdasmen, Jakarta

Depdiknas, 2007. Standar Kompetensi Mata Pelajaran SD/MI, Jakarta, Depdiknas

Faiqoh, D. (2019). Supervisi Kepala Madrasah untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru. Jurnal Kependidikan, 7(1), 98-110.

Harun, C. Z., & Usman, N. (2015). Pelaksanaan Supervisi Akademik oleh Kepala Sekolah untuk Meningkatkan Kinerja Guru Sekolah Dasar pada Gugus I UPTD Dewantara Aceh Utara. Jurnal Administrasi Pendidikan: Program Pascasarjana Unsyiah, 3(2). https://jurnal.unsyiah.ac.id/JAP/article/view/2561

Isbianti, P., & Andriani, D. E. (2021). Pelaksanaan Supervisi Akademik oleh Kepala Sekolah Menengah Pertama Negeri di Klaten Jawa Tengah. Jurnal Manajemen Pendidikan: Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan, 3(1), 75-85. 10.21831/jump.v.3i1.39020

Kurniawan, A., & Astuti, A. P. (2017). Deskripsi Kompetensi Pedagogik guru dan Calon Guru Kimia SMA Muhammadiyah 1 Semarang. In Prosiding Seminar Nasional & Internasional.

Purwandari, D. N. (2017). Pentingnya Kompetensi Pedagogik Guru dalam Proses Pembelaran di Sekolah Dasar. Jurnal pendidikan, 2(3), 197-208.

Rahman, B. (2014). Refleksi Diri dan Upaya Peningkatan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar. Refleksi Diri Dan Upaya Peningkatan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar, 17(1), 1-14.

Riwana, P. P. (2019). Pengaruh Pelaksanaan Supervisi Pendidikan Oleh Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Disekolah.

Sudaryono, Rahayu, W., & Margono, G. (2013). Pengembangan instrumen penelitian pendidikan. Graha Ilmu.

Sari, Y. P., & Syahrudin, H. Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Kewirausahaan di SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(8).Suhario, N. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Carousel Feedback Untuk Meningkatkan Efikasi Diri, Dan Hasil Belajar Siswa:(Studi Pembelajaran IPS Siswa Kelas VI SDK Kekawii Ende). Ekspektasi: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 6(1), 56-63.

Syukur, A. (2015). Nilai Strategis Kompetensi Professional dan Kompetensi Pedagogik Guru dalam Peningkatan Hasil Ujian Nasional (Studi Kasus di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Global Blotongan Kota Salatiga). INFERENSI: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 9(2), 515-536.

Suriasumantri, J. S. (2010). Filsafat ilmu. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Sonia, N. R. (2022). Supervisi Pengembangan Mutu Pendidikan: Tinjauan Konsep Developmental Supervision Glickman. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 3(1), 103-122. https://doi.org/10.21154/sajiem.v3i1.97

Sitaasih, D. K. (2020). Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Proses Pembelajaran di SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 241-247

Saryati, S., & Sakban, A. (2020). Fungsi Controlling dan Evaluasi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru di SMPN 1 Lembar Lombok Barat. CIVICUS: Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 8(2), 139-147.

Sugioyono. (2005). Memahami Penilitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Sahartian, P. A. (2008). Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

Saril, S. A. R. I. L. (2017). Penerapan Manajemen Pendidikan Dalam Mewujudkan Visi Sekolah (Studi Di Smp Negeri 1 Salomekko). Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(1), 584-603.

Wulandari, R. S., & Hendriani, W. (2021). Kompetensi Pedagogik Guru Sekolah Inklusi di Indonesia (Suatu Pendekatan Systematic Review). Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 7(1), 143-157. https://doi.org/10.33394/jk.v7i1.3152




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i6.9346

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Nana Mulyana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id